• Wishlist

Tak Mau Kalah, Yamaha Bikin Motor Neo Classic Pesaing Honda CB150R ExMotion

Tak Mau Kalah, Yamaha Bikin Motor Neo Classic Pesaing Honda CB150R ExMotion

Tak ingin ketinggalan kompetisi, pabrikan berlambang garputala dikabarkan bikin motor bergaya neo classic berbasis mesin R15 dan Vixion R, namanya Yamaha XSR155. Setelah Honda meluncurkan CB150R ExMotion, Yamaha ikutan bikin motor bergaya sama. Disebut, model ini siap luncur di Thailand dalam waktu dekat.



Menurut situs Greatbiker.com, pengembangan sudah mencapai tahap final dan tinggal menunggu keputusan Yamaha untuk meluncurkannya. Sebelumnya, nama XSR sendiri bukan keluarga besar di seri Yamaha. Sejauh ini hanya ada model XSR900 dan XSR700, keduanya termasuk motor besar (moge) dengan harga yang juga tergolong tinggi.


Nama XSR sejatinya punya ciri khas berkat desain bodi unik. Filosofi itu yang dibawa pada XSR155, dengan mesin kecil 155 cc, seperti yang dipakai MT-15, R15 dan Vixion R. Jantung mekanis 1-silinder 4-valve katup variabel ganda (VVA), namun belum ada data angka yang dibagikan. Transmisi dan kopling, juga dikatakan punya kemungkinan memakai teknologi Assist & Slipper Clutch.


Meski begitu, bisa saja XSR155 tampil berbeda dengan model-model sport 150 cc yang sudah ada. Ia berpotensi pakai rangka atau sasis teralis, yang biasa dipakai di keluarga XSR dan moge manufaktur lain. Dari tampilan desain, akan mirip dengan CB150R ExMotion.


Desain buntut dipapas jadi pendek, lampu depan berdesain bulat, stang sedikit naik dan melebar, lengan ayun model banana dan posisi knalpot di bawah. Sayang, suspensi depannya masih teleskopik standar, belum up side down. Jok cuma satu untuk pengendara, tanpa bisa berboncengan. Secara keseluruhan, punya kemiripan dengan Vixion R maupun MT-15, hanya saja lebih kental aura klasiknya.


Sayangnya, motor itu masih jadi perbincangan buat pasar Thailand saja. Wajar, mengingat persaingan jenis serupa cukup ramai di sana. Kalau di Indonesia, pesaing utamanya cuma Kawasaki W175, sedang Honda CB150R ExMotion juga belum jelas bakal masuk sini atau tidak. Pernah diungkap oleh pihak Astra Honda Motor (AHM) bahwa CB150R Exmotion belum masuk rencana produk untuk pasar Indonesia.



Dengan begitu, Yamaha juga tak bakal panas untuk bersaing di segmen neo klasik Indonesia. Artinya, Yamaha XSR155 juga masih jauh untuk masuk Indonesia. Lagi pula, sudah banyak motor bergaya naked yang ditawarkan Yamaha.


Toh tak ada salahnya berharap. Agar lebih bervariasi peredaran motor Yamaha di Indonesia. Hasilnya sudah bisa dilihat dari penjualan Kawasaki W175, meski tampil sederhana namun cukup banyak peminatnya. (Tom/Van)


Sumber: Greatbiker


Baca Juga: Harley Davidson Elektrik Siap Dijual