Yamaha Niken Resmi Meluncur, Rp 256 Juta, 850 cc, Tiga Roda

Yamaha Niken Resmi Meluncur, Rp 256 Juta, 850 cc, Tiga Roda

Kami pikir Yamaha Niken hanyalah propaganda pabrikan berlambang garputala dalam merancang motor roda tiga. Nyatanya, sekarang Niken resmi dijual. Pemesanannya pun sudah dibuka, untuk masyarakat Inggris dan Eropa.

Harganya GBP 13.499 atau sekitar Rp 256 juta dengan nilai rupiah terhadap mata uang Inggris, Rp 18.971. Konfigurasi dan kapasitas mesinnya tetap seperti MT-09 yang jadi basisnya, 850 cc (847) 3-silinder segaris dengan transmisi manual 6-percepatan. Rodanya yang unik, ada tiga. Roda belakang tetap satu sebagai penyalur momentum gerak, bagian depan ada sepasang.

Bodinya tetap mencerminkan aura MT-09 yang khas sebagai motor touring. Hanya saja, bagian depan lebih menonjol karena moncong yang sangat besar. Mau tak mau, format itu harus diadopsi, demi menciptakan rumah bagi dua buah roda yang juga tetap dipertahankan karakter kekarnya.

Suspensi depan terlihat sangat gagah. Di setiap sisi ada sepasang upside down suspension. Konon salah satunya, bagian depan tidaklah berfungsi menjaga peredaman. Tak ada per atau sebagainya, ia hanya bertugas memperluas bracket untuk as roda depan saja. Dari sepasang suspensi itu, hanya bagian belakang yang bertugas aktif meredam kejut.

Pada kaki depan terdapat sebuah sistem unik yang memungkinkan motor bermanuver ekstrem dengan aman. Adalah link steering parallelogram berjenis Ackerman. Sistem ini bertugas memberikan efek miring yang terkendali ketika berbelok agar manuver bisa lebih sempurna.

Catatan kami, Yamaha Niken adalah satu-satunya motor touring roda tiga. Jikapun ada motor roda tiga lain, maka formatnya beda. Piaggio MP3, misalnya, skutik roda tiga. Can-Am Spyder, lebih tepat disebut kendaraan ski dengan roda karena bentuknya yang mirip. Pun dengan Polaris Slingshot, yang mengawinkan DNA mobil roadster dengan motor roda tiga.

Apapun klasifikasinya, kami tetap menunggu kedatangan model ini ke tanah air. Soalnya Yamaha termasuk rajin merilis motor-motor berkapasitas mesin besar dari semua lini-nya. Model MT-09 saja masih dijual oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing dengan banderol Rp 250 juta. Ya, kalau akhirnya Niken dijual Rp 300 jutaan, pasti ada saja fanatis Yamaha yang menebusnya. (Van/Odi)

Baca Juga: Skutik 150 cc, Pilih Yamaha Aerox atau Honda Vario Baru?

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store