jakarta-selatan
kali dibagikan

Selisih Rp 1 jutaan, Ini Keunggulan Honda Genio Dibanding Yamaha Fino

  • 13 Nov, 2019
  • 3173 Kali Dilihat

Sebagai pendatang baru, kehadiran Honda Genio cukup mengejutkan. Ia tampil dengan desain yang lebih fresh dan stylish. Dari kubu lawan, ada Yamaha Fino 125. Sama-sama bertampang stylish dan modern. Keduanya ditujukan untuk generasi muda yang energik. Jika kita bandingkan dengan tipe tertinggi antara keduanya, mereka punya selisih harga Rp 1 jutaan, lebih murah Honda Genio.


Honda Genio


Dari segi harga dan kapasitas mesin memang tidak apple to apple, namun setidaknya jika dikonversi dalam skema kredit, hanya beda puluhan ribu setiap bulannya. Lalu, apa keunggulan Genio dibanding Fino?


Genio dibangun dari jenis sasis baru yang dinamakan eSAF (enhanced Smart Architecture Frame). Menggunakan pelat tipis yang digabungkan dengan las laser, seperti sasis mobil. Terpasang di rangka bagian tengah hingga ke belakang. Sedang, sasis utama yang terhubung dengan komstir, masih pakai pipa besi kotak. Teknologi ini tentu memberikan efek positif dalam rasa berkendara. Bobot lebih ringan 8 persen dibanding rangka biasa. Hasilnya, pengendalian lincah dan tarikan enteng. Sedang, Yamaha Fino menggunakan rangka tipe underbone (tulang punggung). Lebih kaku, namun memberikan efek stabil.


Motor transmisi otomatis dari Honda punya dimensi lebih ramping. Ideal untuk pengendaraan di padatnya lalu lintas. Ditambah jarak jok dengan tanah yang lebih rendah, mendukung fleksibilitas pengendara. Ditunjang pula step floor yang luas. Jadi, kaki tidak mudah pegal, karena bisa bergerak lebih leluasa. Ground clearance Genio lebih tinggi, membuatnya lebih mudah melewati jalanan tidak rata. Proporsi skutik Yamaha lebih besar di semua sektor. Berpengaruh pada daya angkut dan kestabilan motor.


Keduanya punya fitur yang seimbang. Apa yang dimiliki Genio, Fino tidak punya. Begitupun sebaliknya. Anda tinggal sesuaikan dengan kebutuhan. Panel instrumen skutik Honda sudah digital, namun ukurannya kecil. Rivalnya masih analog dan fuel meter dibuat terpisah. Bagasi juga lebih luas, mencapai 14 liter dan dilengkapi dengan pengisi daya gadget. Sayang, Genio tak punya kunci secanggih Fino, yakni Advance Key System. Kunci berbasis remot untuk memudahkan pencarian di lapangan parkir. Tapi, ia punya fitur secure key shutter, dan dilengkapi tombol pembuka jok. Si Fino belum punya pengisi daya smartphone dan kapasitas bagasinya pun kecil, hanya 8,7 liter.



Performa mesin memang tidak sebanding. Fino punya mesin yang lebih besar, tapi tenaga Genio tidak bisa diremehkan, meski hanya 110 cc. Di atas kertas, skutik modern Honda punya tenaga maksimal 9 hp dan torsi 9,3 Nm. Membuatnya lebih responsif saat berakselerasi.


Berdasarkan hasil tes internal dengan metoda ECE R40, konsumsi bahan bakar Genio menunjukkan angka 59,1 km/liter (fitur ISS on). Ia mampu menempuh jarak hingga 248 km dalam sekali pengisian penuh bahan bakar. Tangkinya berkapasitas 4,2 liter.


Yamaha Fino maupun Genio punya keunggulan yang tak dimiliki satu sama lain. Jika ingin skutik modern dan stylish dan irit bahan bakar, bisa pilih Genio. Tapi, bila ingin skutik tampang unik dengan performa mumpuni, Fino bisa jadi bahan pertimbangan, meski harganya lebih mahal. (Bgx/Van)


Baca Juga: Empat Pilihan Naked Bike Seharga Mitsubishi Xpander Cross

  • Samping kanan Honda Genio
  • Samping Kiri Honda Genio
  • Mesin Honda Genio
  • Pandangan pengendara Honda Genio
  • Knalpot Honda Genio
  • Saddle bag Honda Genio
  • Lampu belakang Honda Genio
  • Speedometer Honda Genio
Honda Genio
Rp 17,2 - Rp 17,7 Juta
Lihat Promo

Promo Populer di Jakarta Selatan

Video Honda Genio

Lihat video terbaru Honda Genio untuk mengetahui bagaiamana mesin, desain, konsumsi BBM, performa & lainnya.

Motor Honda Pilihan

  • Populer
  • Komparasi