Honda Kenalkan Scoopy Baru, Apa Bedanya dengan Generasi Lama?

Honda Kenalkan Scoopy Baru, Apa Bedanya dengan Generasi Lama?
Gambar
Review Pengguna

Satu model baru diperkenalkan Honda hari ini, Selasa (10/11/2020). Yap, All New Honda Scoopy akhirnya hadir dengan generasi terbarunya. dirilis di Indonesia. Peluncuran skutik generasi kelima ini cukup menarik untuk disimak. Pasalnya, banyak ubahan yang dilakukan pada Scoopy terbaru. Menjadikannya kian trendi secara desain dan canggih dari segi fitur.

Meski jika dilihat sepintas masih dalam satu benang merah yang dipertahankan Honda. Wujudnya makin kental nuansa retro, struktur dan amunisi jantung pacu juga baru, serta bertambahnya fitur terkini. Sekarang ia ditawarkan dalam 4 varian dan 8 pilihan warna. Harga jualnya mulai dari Rp 19,95 juta (OTR Jakarta). Lalu apa saja penambahannya? Bagaimana jika dibandingkan model sebelumya? Simak ulasan kami:

Desain Makin Retro

Tampilan jadi bagian pertama yang dinilai. Honda menerjemahkan nuansa retro lebih kental pada generasi All New Scoopy. Dapat ditelaah mulai dari bagian belakang. Model mika stop lamp benar-benar bulat, serta terpisah dengan lampu sein. Peletakkan lampu belok cukup berjarak, agak beda dibandingkan generasi lama yang cenderung berdekatan. Hasilnya, proporsi dari buritan sangat tampak lawas. A la skuter klasik dari Eropa.

Depannya satu tema. Fasad dihias lampu oval layaknya versi sebelum, lengkap dengan imbuhan DRL dan sumber cahaya dari LED proyektor. Ini menjadi salah satu keunggulan di kelas entry level, sebab proyeksi cahaya bakal lebih fokus dari pada model reflektor. Bedanya, kini lampu riting ikut diberi jarak. Bukan ditempel dengan mika headlight.

Area bodi samping sesungguhnya agak bias jika dilihat sekilas. Masih menyerupai Scoopy lama, hanya saja terlihat guratan makin mengkurva. Belum lagi model spakbor depan juga begitu membulat. Adapun aksen-aksen semacam lubang angin di depan, untuk menyisipkan nuansa sporty. Dan jika diperhatikan, pelek 12 incinya baru. Terdapat bilah-bilah di setiap palang membuat tampilan jadi gres.

Baca juga: Honda Scoopy Generasi Terbaru Dirilis Bersamaan dengan Kepulangan Habib Rizieq Shihab ke Indonesia

all new Honda Scoopy

Beranjak lagi ke kokpit, model panel instrumen diubah total. Ada kesamaan konsep memang, yakni memadukan penunjuk analog dan digital. Namun Format angka, grafis dan bentuknya berubah. Layar kecil juga lebih modern, sekaligus mampu menampilkan menu komplet.

Sisanya soal pengemasan. Delapan warna dan tema Scoopy lawas diganti. Pun dikategorikan jadi empat varian. Adalah Sporty, yang diwakili dua kelir basic: Red dan Black. Berikutnya seri Fashion, memiliki tema Cream dan Blue. Kedua warna ini sangat unik, rasanya jadi yang paling merepresentasikan karakter retro.

Naik kelas, Honda menempatkan seri Stylish dan Prestige di kasta atas. Alias mereka yang kedapatan fitur terbaru, sistem kunci pintar. Masing-masing juga punya dua kelir, yakni Stylish Brown dan Red. Serta Prestige White dan Prestige Black.

all new Honda Scoopy

Struktur eSAF

Seperti yang kami dan orang lain kira, prediksi soal pemasangan rangka eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) adalah hal absolut. Sebab teman sepantar sudah mengaplikasikan model ini. Dan benar saja, generasi baru Scoopy ikut meminjam basis itu.

Paling tangible, dampak rangka eSAF berhasil membuat bobot Scoopy berkurang. Tadinya hampir 100 kg, sekarang tipe standar hanya 94 kg dan yang pakai smart key 95 kg. Memang tidak sesignifikan Beat dan Genio yang bisa menahan angka berat di kisaran 89 kg – 90 kg. Tapi rasanya selisih 4 kg pun bakal lumayan terasa. Berikut mestinya punya impresi ketangkasan dan kenyamanan mirip saudara-saudaranya.

panel meter

Upgrade Fitur

Honda meningkatkan fitur yang dipunyai Scoopy. Sebetulnya, tanpa harus dipugar fitur Scoopy sudah cukup menunjang. Dia adalah top of the line dari skutik entry level 110 cc Honda. Dari mulai lampu LED proyektor, answer back system, soket daya, sampai Idling Stop System (ISS) menjadi perangkat bawaan. Tapi Honda masih ingin menyempurnakan komponen-komponen itu, supaya relevan dengan kemauan konsumen.

Dari yang semuanya kebagian dulu, adalah soket daya model baru. DI dalam konsol kiri, dulu Anda memerlukan konektor untuk bisa mengisi baterai gawai. Kini, keluhan sederhana itu didengar pihak produksi. Dan akhirnya diterjemahkan-lah jenis soket USB, supaya tak repot lagi beli penghubung kabel. Tinggal aplikasikan lewat kabel bawaan ponsel saja.

Panel instrumen sepintas seperti tak bertambah menu. Toh kecepatan masih ditunjukkan oleh jarum mekanik, ditemani layar digital cukup kecil. Tapi, sebetulnya ada penambahan informasi yang cukup krusial. Scoopy generasi baru turut menampilkan konsumsi bahan bakar rata-rata dan real time, membantu pengendara mengetahui perilaku berkendaranya.

Nah, khusus varian Fashion dan Sporty baru mendapat remote anti-theft dan answer back system. Kalau menambah beberapa ratus ribu rupiah untuk varian atas, Anda bakal dimanjakan dengan sistem kunci pintar. Jenisnya sama persis dengan milik Vario 150. Alias tinggal mengaktifkan kenop untuk menyalakan mesin, sementara kunci bisa dikantongi.

Baca juga: Dapat Banyak Perubahan, Simak Spesifikasi Detail All New Honda Scoopy

All new Honda Scoopy

Mesin Generasi Baru

Kemudian bagian mesin. Variabel ini entah mau dinilai sebagai kekurangan, atau kelebihan. Tergantung bagaimana Anda menyikapi. Mesin lama Scoopy tak lagi dipakai. Kini mentah-mentah mengambil basis Genio, 110 cc eSP SOHC dua klep dengan sistem injeksi elektronik (PGM-FI).

Bore dan stroke benar-benar persis di angka 47 mm x 63,1 mm, alias diperpanjang langkah untuk kebutuhan dalam kota. Serta rasio kompresi 10:1. Daya kudanya juga identik, memproduksi 8,87 Hp di 7.500 rpm dan torsi 9,3 Nm pada 5.500 rpm.

Sesungguhnya, ini berkurang sedikit dari output Scoopy lama. Meski dalam hitungan desimal. Tapi rasanya tindakan Honda jadi rasional, karena toh beban motornya berkurang banyak. Jadi relevan-relevan saja mengaplikasikan mesin Genio. Dan pentingnya lagi, konsumsi bahan bakar makin irit. Klaimnya di 59,1 kpl jika ISS menyala, plus kapasitas tampung bensin bertambah jadi 4,2-liter. Otomatis jarak tempuh mestinya dapat lebih jauh dari sebelum.

scoopy

Varian dan Harga

Ada empat varian tema, serta dua pembagian trim level Scoopy anyar. Memisahkan empat karakter berbeda, sekaligus membagi kelengkapan fitur sesuai kebutuhan. Sebab itulah nilai jualnya tak tunggal lagi. Dari tadinya Rp 19,750 juta OTR Jakarta jadi Rp 19,950 juta – Rp 20,750 juta OTR Jakarta.

Bedanya, trim level bawah diwakili seri Sporty dan Fashion. Sporty cenderung dikemas dalam nuansa basic, yakni opsi cat merah dan hitam. Fashion tentunya lebih ekspresif, sekaligus paling representatif untuk dikatakan skutik retro. Temanya disebut Fashion Blue dan Fashion Cream, dengan silang warna coklat di jok dan beberapa aksen grafis cerah.

Lantas Stylish serta Prestige, ditempatkan pada kasta atas. Alias punya sistem smart key. Masing-masing tampil elegan. Stylish dengan pilihan warna coklat dan merah, Prestige menampilkan kelir putih dan hitam. (Hlm)

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store