• Wishlist

Honda CT125 Meluncur di Tokyo Motor Show

Honda CT125 Meluncur di Tokyo Motor Show

Setelah Super Cub C125 dan Monkey, Honda Motor Co. Ltd kembali menghidupkan sepeda motor ikonik masa lalu. Ialah CT125, mendebut di Tokyo Motor Show Oktober. Bisa dibilang, CT alias Trail Cub merupakan versi off-road dari Honda Super Cub.


Honda CT125


Motor bebek ini menjadi bagian Honda CT-series sejak 1964, dan secara historis ia dikenal sebagai moped off-road ringan. Tampilan dari keluar pabrik memang sudah menarik perhatian. Ia mewarisi konsep CT asli, yang didesain dengan gaya retro-scrambler. Dalam sejarahnya, pengaplikasian gaya itu mampu menarik perhatian banyak kalangan, khususnya penyuka off-road.


Honda CT125 ini kemungkinan menggunakan basis Super Cub C125, hanya saja ia tampak telanjang tanpa fairing. Modelnya terlihat klasik, namun punya teknologi modern. Sama seperti bebek super yang lebih dulu meluncur. Seperti juga sang kakak, pencahayaan sudah full LED, termasuk lampu sein-nya yang menempel di bawah stang. Bentuknya kotak dan pakai mika warna jingga. Stang tinggi dan lebar dengan model telanjang. Di bagian tengahnya ada speedometer kecil dengan bentuk bulat. Lampu depan mengusung model klasik, namun sudah dibekali teknologi dioda. Tampak ada garis pemisah horizontal di tengahnya, untuk penggunaan lampu jauh dan dekat.


Untuk melindungi bagian mesin, dipasangkan besi di kedua sisi. Garpu depan punya ukuran yang lebih panjang dari Super Cub. Selain memberikan travel lebih bagus, model garpu semacam ini membuatnya tampak lebih gagah. Suspensi belakang mengadopsi dual shock, yang mampu menahan beban lebih baik. Daya redamnya juga bisa diandalkan ketika melahap trek off-road. Sistem pengeremannya memakai cakram, baik depan maupun belakang. Beda dengan C125 yang masih teromol di belakangnya. Sepertinya untuk CT series sudah disertai ABS di bagian depan.


Honda CT125


Bodi motor yang ringkas, ban dual purpose, knalpot ala motor scrambler menjadi ciri khasnya. Jok single seat dan ada rak besi berlogo Trail Hunter di bagian belakang, biasanya digunakan untuk menaruh box peralatan atau jerigen. Karena tampilan dan bobotnya yang ringan, makanya bebek ini juga bisa digunakan main terabas. Tapi, bukan buat jalur ekstrem.


Karena menggunakan basis Super Cub C125, maka itu dibekali mesin satu silinder, SOHC, dua katup, berkapasitas 124,8 cc, berpendingin udara. Kabarnya terdapat fitur khas CT, seperti mode gigi high dan low. Mirip mobil off-road yang dapat meningkatkan kemampuannya saat menanjak.


Hingga kini belum ada spek dan informasi lebih lengkap dari Honda CT125. Kita tunggu saja debutnya di Tokyo Motor Show 2019. (Bgx/Van)



Baca Juga: AHM Segarkan Honda Sonic 150R dengan Grafis Baru


 

Jelajahi Honda Super Cub C125

Bandingkan & Rekomendasi