• Wishlist

Honda CBR600RR MY 2021 Mendapat Tambahan ‘R’?

Honda CBR600RR MY 2021 Mendapat Tambahan ‘R’?

Desas-desus kemunculan Honda CBR600RR baru kembali terkuak. Tahun lalu sempat dikabarkan kalau jenama Jepang bakal meluncurkan motor super sport teranyarnya. Namun tidak ada kabar lagi hingga salah satu media memberitakan kehadiran untuk model 2021. Kini santer terdengar kalau motor berkapasitas 600 cc itu hendak menggunakan tiga abjad R (RR-R).

Honda CBR600RR sebenarnya sudah berhenti produksi setelah gagal memenuhi aturan Euro4 sejak 2017. Pihak pabrikan menyebut kalau untuk bisa lolos uji emisi butuh biaya yang tidak sedikit. Sementara permintaan pasar masih belum banyak, dan tentunya berdampak pada harga jual yang lebih mahal dari standar Euro3.

Honda CBR1000RR-R Fireblade SP front high beam

Rumor kemunculannya berawal dari majalah Young Machine. Mereka menampilkan motor yang diduga CBR600RR MY 2021 di bagian cover pada edisi terbaru. Di gambar itu terlihat kalau motor berkonfigurasi empat silinder punya banyak perbedaan dari versi sebelumnya. Paling kentara ada di bagian fairing depan maupun samping, serta knalpot yang tidak lagi pakai model undertail.

Baca Juga: Honda CB150 Verza Naked Bike Paling Masuk Akal

Meski masih berupa gambar rendering, pihak sana menyakini kalau CBR600RR terbaru punya tampilan lebih segar. Secara visual, mirip dengan CBR series di kelas tertinggi. Lengkap dengan winglet serupa dengan sang kakak. Apalagi kabarnya juga mengikuti nomenklatur Honda CBR1000RR-R terbaru dengan memperoleh tambahan 'R' di belakang. Banyak yang beranggapan, dengan banyak ‘R’ maka makin kencang pula akselerasinya.

Tentu spek lebih tinggi juga diharapkan oleh pecinta super sport. Lantaran Honda CBR600RR mengalami penurunan prestasi di balap dunia selama 5 tahun belakangan. Berbekal mesin 599 cc, yang memiliki power sebesar 113 hp dan torsi 66, masih kalah dengan Yamaha YZF-R6, Kawasaki ZX-6R dan MV Agusta 675.

Model ini tidak hanya memiliki kemampuan di jalan, namun juga beringas di sirkuit. Dari beberapa pembalap yang pernah menunggainya, berhasil memenangkan Kejuaraan FIM World Supersport enam kali berturut-turut dari 2002 hingga 2008. Dan dua kemenangan lagi pada 2010 dan 2014. Sejak 2015, prestasinya mulai menurun dan kalah cepat dengan para pesaingnya.

Honda CBR600RR-R

Spekulasi yang beredar, motor empat silinder segaris ini bakal melakukan debut antara Oktober hingga November 2020. Diyakini meluncur di ajang pameran otomotif Intermot di Jerman. Ada pula yang menyebut bakal muncul bersamaan dengan gelaran MotoGP Sepang.

Tampil perdana di benua Asia sepertinya termasuk pilihan terbaik untuk Honda. Pasalnya penjualan motor berkapasitas 150 hingga 600 cc terus tumbuh. Perpindahan dari CBR500R dan CBR650R ke mesin seperti CBR600RR baru (-R) tampak seperti alternatif masuk akal. Salah satu hal wajib yang harus dibenahi pabrikan setidaknya sudah lulus homologasi emisi Euro5.

Langkah itu memang harus dilakukan oleh Honda, karena kompetitor seperti Yamaha dan Kawasaki telah menggembangkan generasi baru produk di segmen 600 cc. Hanya saja, pabrikan ‘sayap mengepak’ harus lebih jeli dan tentu berhati-hati dalam meluncurkan pasar di segmen tersebut. Model-model baru superbike dan naked bike di kelas 1.000 cc telah memberikan variasi terhadap pasar. Selain itu, adanya wabah coronavirus yang kini menjadi pandemi global bisa saja mengurungkan niat atau paling tidak menunda pengembangannya. (Bgx/Odi)

Sumber: Visordown, Asphalt and Rubber

Baca Juga: Terekspos, Sketsa Motor Adventure Honda Bermesin Empat Silinder