Di Tengah COVID-19, Yamaha Rilis Warna dan Striping Baru Jupiter Z1

Gambar
Review Pengguna

Yamaha resmi merilis Jupiter Z1 dengan warna dan striping baru. Motor bebek injeksi ini sekarang tampil beda dengan nuansa lebih sporty dibanding model sebelumnya. Pembaruan ini terbilang unik, lantaran tetap dilakukan di tengah wabah COVID-19 yang masih terus mengeskalasi di Indonesia.

Penyegaran motif Yamaha Jupiter Z1 menghadirkan pilihan warna Metallic Blue, Metallic Red dan Metallic Black. Meski mendapat ubahan, ia tetap dipasarkan seharga Rp 18,110 juta on the road Jakarta.

Penyegaran ini dilakukan oleh Yamaha berkat masukan dari konsumen Indonesia yang menyukai tiga warna sporty. Kini dirinya mewakili salah satu bebek bertampang agresif lantaran motif di bodinya. Secara keseluruhan ia tampil dengan desain grafis tajam atraktif serta tulisan Jupiter Z1 yang memperkuat karakter street racing.

Yamaha Jupiter Z1 2020

”Di tahun ini kami menghadirkan warna dan striping terbaru motor Jupiter Z1 dengan ciri khas sporty modern. Ketangguhan, keiritan dan kehandalannya dengan teknologi terkini dapat menjadi pilihan terbaik konsumen di kategori motor bebek. Tentunya untuk membantu aktivitas berkendara sehari-hari,” ungkap Yordan Satriadi, Deputy GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dalam siaran resminya, Senin (3/8).

Beda dengan corak sebelumnya terlihat paling jelas di tulisan di bodi sampingnya. Kini lebih mempertegas ‘Jupiter’ bukan ‘Z1’ lagi. Untuk warna hitam tetap dikombinasikan dengan list emas namun yang sekarang diberi tambahan kelir putih. Hal itu juga berlaku dengan varian merah. Sementara buat versi biru ada sedikit ubahan dibanding sebelumnya, karena ditambah sedikit motif gold.

Meski mendapat motif baru, bodinya tidak ada yang berubah. Bagian depannya sekilas mirip dengan versi MX. Lampu seinnya terpasang pada tameng depan. Selain itu, lampu utamanya dirancang dengan dua buah reflektor, sehingga memberikan penerangan yang jauh lebih baik. Stop lamp menjadi satu dengan lampu sein, semakin menambah kental nuansa sporty. Desainnya mengadopsi sistem saluran udara (air flow system) untuk menunjang tingkat aerodinamis Jupiter Z1.

Postur tubuhnya juga masih sama, yakni berukuran 1.935 x 680 x 1.065 mm dengan berat kosong 102 kg. Dimensi rangka yang begitu signifikan membuatnya meraih banyak prestasi di ajang balap motor nasional. Seperti Indoprix maupun Motoprix. Pelek racing palang lima yang dipakai juga menambah kental aura balap. Hal itu juga termasuk kedalam salah satu kelebihan motor ini.

Ia masih mempertahankan konsep sport bebek modern dengan penggunaan frame tipe Steel Tube Underbone. Dibuat dengan bahan yang ringan namun kokoh. Jadi asyik diajak bermanuver dan lebih lincah. Tangki bahan bakarnya 4,1 liter, dirasa cukup untuk menempuh perjalanan jauh. Sementara penggunaan suspensi teleskopik serta lengan ayun suspensi ganda, menjadikan motor ini nyaman untuk dikendarai.

Jantung mekanisnya tetap 115 cc berteknologi SOHC, 2 valve, berpendingin udara. Mampu menghasilkan tenaga maksimal mencapai 10 hp di 7.750 rpm dengan torsi maksimal mencapai 9.8 Nm di 6.750, tentu terasa sangat powerfull untuk ukuran motor bebek. Memanfaatkan teknologi penyuplai bahan bakar Fuel Injection System serta didukung dengan Forged Piston yang membuat kinerja mesin kuat, awet dan irit. Apalagi dengan ditanamkan standar emisi gas buang EURO 3, jadi lebih ramah lingkungan.

Urusan si karet bundar, Yamaha mengandalkan ukuran 70/90 depan dan 80/90 belakang. Peleknya masih sama seperti bebek lain dengan diameter 17 inci. Pengereman pakai piringan cakram dengan 1 kaliper piston tunggal di depan, dan sistem tromol di bagian belakang. Menurut pabrikan, itu sudah cukup baik untuk mengurangi dan menghentikan laju kendaraan.

Fiturnya terbilang rasional, menggunakan spidometer dengan konsep bentuk Diamond (Berlian). Terlihat lebih elegan dan mewah. Di dalamnya punya beberapa indikator penunjuk yang lengkap, semacam; penunjuk kecepatan, trip meter, penunjuk posisi gigi, dan indikator bahan bakar yang tersedia. Tak lupa juga ada indikator lampu, sein dan mesin injeksi. Informasi itu dipercaya mudah dibaca oleh pengendara. Buat keamanan, dipasangkan guard key pada kunci starternya.

Walau moped underbone sudah mulai berkurang peminatnya, tetapi untuk Jupiter Z1 yang baru sepertinya bisa menjadi opsi utama. Apalagi jika Anda mencari kendaraan roda dua yang kuat dan irit bahan bakar. (Bgx/Van)

Baca Juga: Pentingnya Melatih Kontrol Gas dan Rem Saat Berkendara

Jelajahi Yamaha Jupiter Z1

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store