Blueprint Honda Super Cub Listrik Bocor, Letak Baterainya Simpel

Blueprint Honda Super Cub Listrik Bocor, Letak Baterainya Simpel
Gambar
Review Pengguna

Blueprint motor listrik Honda bocor ke publik. Unit niremisi anyar itu kabarnya menggunakan basis desain dari Super Cub konvensional. Teknologi utama paling menonjol yakni letak baterai yang simpel dan ringkas. Kabarnya tengah diajukan hak patennya di Kantor Paten Merek Dagang Amerika Serikat.


Dokumen paten yang bocor memang tidak menyebutkan secara spesifik model apa diajukan. Tetapi sketsanya menunjukkan sosok Honda Super Cub listrik, mirip ditampilkan di Tokyo Motor Show 2009. Di lain sisi, pihak Honda juga pernah mengajukan penemuannya dengan nama ‘Struktur Penempatan Baterai untuk Kendaraan Bersumber daya dari Listrik.’ Namun, saat itu kabarnya masih abu-abu.


Honda super cub blueprint


Setelah melihat blueprint yang baru diterbitkan US Patent and Trademark Office, semua tampak jelas. Tidak hanya Super Cub listrik, di situ juga memperlihatkan sistem baterai yang dapat dilepas dengan mudah. Dan diletakkan di bagian bawah sasis sebagai pengganti mesin.


Baca Juga: Honda Super Cub C125 Punya Warna Baru, Tampilan Makin Klasik


Lazimnya baterai sepeda motor atau skuter listrik ditempatkan di bawah jok. Namun desain paten Honda lebih berani dan punya tingkat inovasi tinggi. Ia mengambil metode lain dalam hal peletakan baterai. Menaruh di bawah rangka underbone atau posisi mesin pada model konvensional. Itu dimaksudkan untuk memberi hal kemudahan saat dilepas atau dipasang kembali.


Jadi untuk melepasnya, pengguna cukup memiringkan kotak baterai ke samping melalui pengenduran baut di bagian samping. Seperti glove box yang biasa kita temui. Setelah itu menarik bagian atas baterai, penyimpan arus daya setrum bisa dengan mudah dikeluarkan dari kotak tempatnya berada, untuk kemudian ditukar atau me-charge baterai di dalam ruangan.


Super cub electric battery


Honda telah menciptakan sistem sederhana untuk melepas dan memasang kembali baterai tanpa perlu menghubungkan ujung klip dengan terminal listrik. Penampung tenaga motor elektrik yang dapat dilepas tentu sangat membantu pengendara untuk mengisi ulang di mana saja, bahkan di dalam rumah sekalipun seperti mengisi ulang baterai ponsel pintar.


Selain itu, inovasi dilakukan Honda agar kesan klasik pada Super Cub tetap tampak meski sudah diubah menjadi motor listrik. Untuk fiturnya tentu saja tidak kalah canggih. Kemungkinan tetap mengedepankan unsur premium seperti kunci wireless, pencahayaan full LED, dan panel instrumen serbadigital.


Honda Super Cub merupakan salah satu model terlaris pabrikan dengan penjualan lebih dari 100 juta unit di seluruh dunia, sejak dipasarkan 1958. Versi listriknya, jika diperkenalkannanti, tentu akan menarik dan ditunggu penggemar Super Cub. Sayang belum ada informasi detail tentang spesifikasi teknis. Dan kapan ia bakal diproduksi dan dijual, hingga kini masih misteri. (Bgx/Odi)


Baca Juga: Honda Super Cub Bersolek ala Kartun, Wujudkan Fantasi Para Pecinta “Weather Child”

Jelajahi Honda Super Cub C125

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store