Begini Cara Kerja Fitur MIA Vespa Connectivity di GTS 300 Super Tech

Gambar
Review Pengguna

Vespa GTS 300 Super Tech bukan sekadar nama. Embel-embel Super Tech di belakangnya memang mencerminkan kecanggihan motor ini. Performa jadi salah satu jargonnya. Konektivitas, adalah variabel berikutnya untuk skuter seharga Rp 150 jutaan ini.

Vespa GTS Super Tech

Sistem bernama MIA Vespa Connectivity berfungsi untuk mengoneksikan peranti smartphone ke motor. Fitur ini mugkin kerap kita temui di mobil. Namun di atas kuda besi, bisa terhitung jari model motor yang menggunakannya. Apalagi jika aneka fungsinya bisa meningkatkan fungsionalitas pada peranti motor.

Sederhananya, motor akan secanggih smartphone Anda. Tanpa dikoneksikan dengan gawai, maka GTS Super Tech layaknya kehilangan kecerdasannya. Bagaimana tidak, layar digital penuh warna yang berfungsi di panel instrumen, punya ragam fungsi untuk digunakan saat pengendaraan.

Fitur paling kerennya, tentu menampilkan navigasi. “Navigasinya tidak seperti maps pada umumnya. Petunjuknya berbentuk arah atau piktogram. Aplikasinya sudah tersedia di dalam sistem MIA. Jangan khawatir, untuk petanya sudah update di beberapa negara termasuk Indonesia,” jelas Yudi Siswanto, Technical Manager PT Piaggio Indonsia (20/9). Tampilan petanya tentu tak akan serumit Google Maps atau Waze.

Maklum saja, layar itu memang multifungsi, tidak cuma menyajikan peta saja, namun juga aneka ragam informasi pengendaraan. Seperti pemberitahuan waktu servis, catatan perjalanan, jarak yang sudah ditempuh, konsumsi bahan bakar, daya aki dan kecepatan rata-rata.

Asyiknya, info ini juga akan terekam di handphone. Jadi Anda bisa mengetahui kondisi motor tanpa perlu mengotak-atik panel instrumen di motor. Lantas, bagaimana cara pengoperasiannya?

Vespa GTS Super Tech

Anda perlu mengunduh peranti lunak khusus dari Vespa yang ada di Google Playstore atau Apple Play. Setelah peranti terpasang di gawai, koneksikan dengan bluetooth ke Vespa GTS Super Tech, Voilla, motor Anda sekejap tambah cerdas. Pengaturannya pun cukup via tuas kecil di sisi kiri setang.

Fungsi dasar untuk menerima telepon tentunya bisa digunakan. Tentu saja untuk menggunakan ini, Anda harus memasang peranti audio untuk helm. Hal ini tentu demi keselamatan pengendaraan.

Adanya fitur yang memberikan kenyamanan dan kepraktisan itu, Yudi berpesan, agar penggunanya selalu berkendara dengan konsentrasi penuh. “Tetap mematuhi ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku terkait dengan keselamatan berkendara,” tutupnya.

Selain fitur canggih, GTS 300 Super Tech juga dibekali mesin paling bertenaga. Bertitel HPE (High Performance Engine), mesin 278 cc-nya dapat mencapai tenaga maksimum 23,8 hp dan torsi 26 Nm. Skuter ini mendapatkan ECU generasi terbaru dari Magneti Marelli tipe MIU4. Karena tenaganya yang besar, tersemat ASR Traction Control System agar lebih jinak dikendalikan. (Bgx/Van)

Baca Juga: Ungkap Sisi Menarik Honda Zoomer-X

Jelajahi Vespa GTS 300 Super Tech

Bandingkan & Rekomendasi