Ungkap Sisi Menarik Honda Zoomer-X, Cocok Buat Gaul di Indonesia?

Ungkap Sisi Menarik Honda Zoomer-X, Cocok Buat Gaul di Indonesia?

Honda Zoomer-X nampaknya akan jadi masuk lini skutik anyar PT Astra Honda Motor (AHM). Mereka belum mengamininya. Tapi ada bukti yang mengindikasikan, si skutik segera mengaspal di Tanah Air. Belum diketahui kapan produk ini meluncur. Sembari menunggu, ada baiknya kami ulas sisi menarik tentang si skutik nyentrik ini.

Honda Zoomer

Beberapa tahun terakhir, Honda Indonesia memang mulai fokus ke konsumen muda. Ditandai hadirnya produk-produk berdesain atraktif. Sebutlah skutik mereka seperti Scoopy, Beat Street dan yang terbaru Genio. Tentulah ketiganya punya desain cukup menggoda buat segmen pembeli. Pun demikian dengan Honda Zoomer-X.

Sosoknya memang bukan hal baru. Toh, PT AHM juga pernah memamerkannya. Hanya saja, kala itu, Zoomer-X jadi pajangan semata. Namun pekan ini, perihal kemunculannya mulai ramai. Terlebih setelah si produk terdaftar di Samsat DKI Jakarta. Di situ tertera pula Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Zoomer-X Rp 29,3 juta. Berarti dialah skutik berspek entry level termahal di Indonesia.

Menyoal entry level, Zoomer-X menggunakan mesin serupa Beat, skutik murah racikan PT AHM di Indonesia. Kubikasinya sama-sama 108,2 cc. Begitu juga dengan bore x stroke serta compression ratio-nya. Berarti, keluaran tenaga mereka tak berbeda jauh. Lantas kenapa harus membeli Zoomer-X, yang selisihnya mencapai 13 jutaan? Rasanya, skutik itu diperuntukkan bagi pehobi. Sekaligus konsumen yang ingin tampil beda.

Pastinya Zoomer-X bakal jadi sorotan. Rancang bangun anti-mainstream, diterapkan lewat desain ala naked bike. Belum lagi pilihan desain ruang di bawah jok. Bagian itu sengaja dibuat berlubang. Bisa dimanfaatkan untuk menaruh papan skateboard. Dari sini juga akhirnya terungkap, kenapa Zoomer-X mahal. Tengok saja area suspensi depan yang ternyata sudah mengggunakan fork up-side down (USD). Lalu bagian bodi dilabur kombinasi warna two-tone.

Honda Zoomer

Impresi berkendaranya jelas beda, sekalipun dengan Beat Street. Meski sama-sama mengadopsi stang telanjang, tapi Zoomer-X punya bentuk kemudi lebih tinggi. Disesuaikan pula oleh ketinggian jok 763,5 mm. Lebih tinggi dari Beat atau Beat Street sekalipun. Kendati begitu, Zoomer cukup bersahabat dengan ground clearance 135 mm. Ini berkat terapan pelek 12 inci di kedua roda. Hal menarik pada area ini, terdapatnya opsi pelek berwarna belang. Roda depan dicat putih, sementara belakang hitam.

Terkait fitur, sudah pasti Zoomer-X sudah mengedepankan teknologi terkini dari Honda. Sebut saja pengaplikasian mesin eSP, sistem rem CBS (combi brake system) maupun idling stop system. Secara tampilan jelas menarik. Tapi apakah dia layak beli? (Ano/Van)

Baca Juga: Vespa GTS 300 Super Tech, Skutik Klasik Seharga Toyota Calya

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Motor Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor