Baru Diluncurkan, 100 Model Terbatas LiveWire S2 Del Mar Langsung Ludes Terjual Hanya 18 menit

Baru Diluncurkan, 100 Model Terbatas LiveWire S2 Del Mar Langsung Ludes Terjual Hanya 18 menit

LiveWire meluncurkan model listrik keduanya yaitu S2 Del Mar, pada 10 Mei 2022. Platform baru ini dijual dalam 100 model terbatas, hadir dengan desain cat dan roda khusus dan dikenal sebagai Del Mar Launch Edition. Setiap model Edisi Peluncuran memiliki nomor edisi identitas yang menempel di tangki bensin. Semua unitnya habis terjual hanya 18 menit setelah pengungkapan.

KEY TAKEAWAYS

  • Motor listrik LiveWire

    Sudah menjadi merek sendiri sejak dipisahkan dari Harley-Davidson tahun lalu
  • LiveWire Del Mar Launch Edition

    Terbatas cuma 100 unit dengan kelir spesial, langsung ludes terjual dalam hitungan menit
  • Sudah bertahun-tahun sejak Harley-Davidson meluncurkan LiveWire, yang sekarang dikenal sebagai LiveWire One sejak HD telah mentransisikannya ke merek yang berdiri sendiri. Model kedua yang dikenalkan ini merupakan EV ringan dan fokus pada teknologi masa depan dengan harga yang lebih rendah.

    “Model S2 Del Mar mewakili langkah selanjutnya dalam evolusi merek LiveWire. Arsitektur Arrow yang mendasari Del Mar, dikembangkan secara internal di LiveWire Labs, menunjukkan ambisi kami untuk memimpin di bidang EV dan menjadikan LiveWire sebagai merek sepeda motor listrik yang paling diinginkan di dunia,” kata Jochen Zeitz, ketua, presiden dan CEO Harley-Davidson.

    LiveWire Del Mar Launch Edition

    Arsitektur Arrow yang dipatenkan menggabungkan paket baterai, sistem elektronik, dan motor menjadi satu komponen tunggal. Semua itu juga berfungsi sebagai sasis untuk Del Mar dan model LiveWire masa depan. Desainnya modular, memungkinkan LiveWire mengadaptasi platform untuk berbagai model dan membuatnya lebih mudah untuk dirakit. Pembuatan unit anyar ini bahkan diklaim hanya membutuhkan waktu 4 persen lebih sedikit dari pada LiveWire One.

    Baca juga: Review: World EV Day 2020: Ketika LiveWire Memporak-porandakan Akal Sehat

    Ia gunakan paket baterai 21.700 sel, format populer yang diadopsi oleh beberapa perusahaan ternama seperti Tesla dan Samsung. Inverter, pengisi daya onboard, dan pengontrol kendaraan membentuk unit elektronika daya. S2 Del Mar menggunakan pengisian daya L1 dan L2, namun LiveWire belum memberikan perkiraan waktu pengisian daya. Unit ini terintegrasi ke dalam arsitektur, menjaga semua koneksi tegangan tinggi tetap internal. Motor penggerak langsung, tanpa reduksi gigi sekunder untuk memaksimalkan efisiensi dan pengiriman torsi, serta mengurangi kebisingan.

    Suspensi belakang terpasang langsung ke motor, sehingga tidak memerlukan rangka terpisah. Arsitektur Arrow menggunakan swingarm asimetris, berbentuk bumerang di sisi kanan dan bar lurus di sebelah kiri. Beratnya belum ada kepastian angkanya, namun pihkanya mengatakan tidak lebih dari 430 pound atau 195kg.

    LiveWire Del Mar Launch Edition

    LiveWire Del Mar menargetkan output tenaga yang mencapai 80 hp dengan proyeksi waktu 0 ke 100kpj hanya butuh waktu 3,5 detik. Ia juga diharapkan memiliki jangkauan 100 mil (160 km) dari penggunaan city riding. Pengendara dapat memilih dari empat mode berkendara yang berbeda (ditambah mode kustom), dengan pembaruan perangkat lunak yang tersedia “Over-the-Air” (OTA).

    Launch Edition maupun model produksi reguler memiliki angka kinerja yang serupa. Satu-satunya perbedaan adalah grafis dan roda khusus. Launch Edition diproduksi dalam pilihan Jasper Grey atau Comet Indigo, dengan kedua skema cat yang diterapkan secara manual dalam proses yang memakan waktu lima hari. Versi LE hadir dengan roda aluminium cor PCB dengan jari-jari berkubah dan runcing yang dirancang untuk kekakuan lateral.

    Terlepas dari pemisahan LiveWire dari Harley-Davidson, masih ada beberapa ikatan yang terlihat dengan The Motor Company, terutama grafik di sampul samping motor S2 yang bertuliskan "Harley-Davidson Motor Company." Di depan motor terdapat lampu depan oval panjang, sangat familiar seperti yang terlihat pada model Fat Bob baru-baru ini. Ditambahkan pula sedikit gaya khas Harley-Davidson, branding ekstra besar, dan semuanya. Logo Bar & Shield dapat ditemukan di beberapa tempat di seluruh bagian sepeda motor, mulai dari ban hingga colokan USB-C di dekat kepala kemudi.

    LiveWire Del Mar Launch Edition

    LiveWire menggambarkan Del Mar sebagai kuda besi yang terinspirasi dari jenis flat track. Perusahaan menyebutnya dengan “urban street tracker”. Roda depan dan belakang 19 inci dibungkus dengan ban street-legal Dunlop DT-1 yang dikembangkan secara khusus dengan pola tapak balap trek datar. Diklaim perusahaan sama efektifnya pada permukaan beraspal dan tanah.

    Ia pakai setang “tracker-style” yang agak tinggi, cocok untuk posisi berkendara tegak dengan pijakan kaki diposisikan tepat di samping motor. Sebuah flyscreen tipis berada di atas lampu depan berbentuk pil, diapit oleh dua indikator putaran. Di belakangnya ada panel instrumen dengan model digital full color berwujud melingkar.

    Sayangnya belum ada detail spesifik tentang suspensi atau rem, tetapi setelah inspeksi visual, di situ terlihat pakai garpu model upside down dengan satu kaliper Brembo radial-mount di depan. Powertrain untuk model Launch Edition diproduksi di Milwaukee sementara perakitan Del Mar reguler berlangsung di jalur khusus di fasilitas Harley-Davidson di York, PA.

    LiveWire Del Mar Launch Edition

    Del Mar menjadi model pertama yang menggunakan arsitektur Arrow S2 (Sistem 2), atau versi kelas menengah. Slide presentasi mengisyaratkan bahwa setidaknya ada dua model S2 lagi yang akan datang. Modular Arrow akan diperkecil untuk sejumlah model ringan (beberapa di antaranya diproduksi oleh Kymco, pemangku kepentingan di LiveWire) yang saat ini sedang dalam pengembangan. Perusahaan juga mengisyaratkan model tingkat S1 lain yang duduk di samping LiveWire One menawarkan tingkat kinerja yang lebih tinggi.

    Edisi Peluncuran terbatas dijual seharga $17.699 (Rp258 jutaan), dan model S2 Del Mar diluncurkan dengan target MSRP sebesar $15.000 (Rp219 jutaan). Untukmmodel reguler diharapkan baru tersedia di akhir tahun ini. (Bgx/Tom)

    Sumber: Cycleworld

    Baca juga: Moge Listrik Energica Ego+ dan Eva Ribelle Sudah Bisa Dipesan di IIMS 2022, Harganya Rp1 Miliar Lebih

    Jelajahi Harley Davidson LiveWire

    Model Motor Harley Davidson

    • Harley Davidson Iron 1200
      Harley Davidson Iron 1200
    • Harley Davidson FXDR 114
      Harley Davidson FXDR 114
    • Harley Davidson Iron 883
      Harley Davidson Iron 883
    • Harley Davidson Forty Eight
      Harley Davidson Forty Eight
    • Harley Davidson Street Bob
      Harley Davidson Street Bob
    • Harley Davidson Fat Bob
      Harley Davidson Fat Bob
    • Harley Davidson Fat Boy
      Harley Davidson Fat Boy
    • Harley Davidson Breakout
      Harley Davidson Breakout
    • Harley Davidson Road King
      Harley Davidson Road King
    • Harley Davidson Road King Special
      Harley Davidson Road King Special
    • Harley Davidson Street Glide
      Harley Davidson Street Glide
    • Harley Davidson Street Glide Special
      Harley Davidson Street Glide Special
    • Harley Davidson Road Glide
      Harley Davidson Road Glide
    • Harley Davidson Road Glide Special
      Harley Davidson Road Glide Special
    • Harley Davidson Road Glide Ultra
      Harley Davidson Road Glide Ultra
    • Harley Davidson Ultra Limited
      Harley Davidson Ultra Limited
    • Harley Davidson CVO Road Glide
      Harley Davidson CVO Road Glide
    • Harley Davidson CVO Street Glide
      Harley Davidson CVO Street Glide
    • Harley Davidson Street 500
      Harley Davidson Street 500
    Motor Harley Davidson

    IIMS Hybrid 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    Tren Sport

    • Yang Akan Datang