Alternatif Skutik Selain Burgman Street 125 EX dengan Harga Lebih Murah

Pilihannya ada banyak bahkan dari brand ternama, semuanya skutik 125 cc

Alternatif Skutik Selain Burgman Street 125 EX dengan Harga Lebih Murah

Hadirnya Suzuki Burgman Street 125 EX membuat pasar sepeda motor bertransmisi otomatis kelas 125 cc semakin meriah. Model anyar didapuk sebagai skutik gambot dengan tampilan mewah. Harganya Rp24,7 juta OTR DKI Jakarta. Bila bujet Anda tak cukup buat memboyong si pendatang baru, berikut pilihan alternatifnya yang dijual lebih murah.

KEY TAKEAWAYS

  • Suzuki Burgman Street 125 EX masih diimpor utuh dari India

    Dengan dana lebih sedikit, bisa mendapatkan teknologi mild hybrid di Yamaha Fazzio
  • Honda Scoopy

    Honda Scoopy 2022

    Skutik dari Honda ini harganya dijual lebih murah Rp2 jutaan dibanding Burgman Street 125 EX. All New Scoopy dijual dalam empat varian. Tipe Fashion dan Sporty dijual Rp21,975 juta serta Prestige dan Stylish dibanderol Rp22,780 juta OTR DKI Jakarta.

    Kalau Burgman 125 datang sebagai skutik gambot dengan tampilan mewah, All New Scoopy menawarkan wujud unik dan fashionable. Sejak pertama kali keluar, Scoopy selalu mengadopsi bodi serba bulat. Ciri khas utamanya di bagian fasad yang pakai lampu oval, lengkap dengan imbuhan DRL dan sumber cahaya dari LED proyektor.

    Area samping masih menyerupai Scoopy lama, pakai konsep garis bodi S (shape). Pakai model dek rata dan jok menyatu. Bentuk mika stoplamp bulat sempurna dengan sinyal belok dipisah. Sementara sepatbor belakang dibuat besar agar selaras dengan tubuhnya.

    Kapasitas mesinnya lebih kecil, yakni 110 cc, tepatnya 109,5 cc SOHC pendingin udara dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI. Dibekali teknologi eSP (enhanced Smart Power) yang hemat bahan bakar, sekaligus sanggup menyuguhkan performa optimal. Output tenaganya ada di angka 8,89 hp pada 7.500 rpm dan torsi 9,3 Nm di putaran 5.500 rpm.

    Fitur unggulannya pengaplikasian teknologi frame (rangka) eSAF (enhanced Smart Architecture Frame). Berkat penggunaan kerangka ini, kapasitas bahan bakarnya sebesar 4,2 liter dan ruang bagasi 15,4 liter.

    Lalu ada pengisi daya baterai ponsel jenis USB (USB charger), Smart Key yang telah terintegrasi dengan Answer Back System dan Anti-Theft Alarm. Panel meter pakai kombinasi digital, mampu menyajikan informasi beragam termasuk penunjuk waktu digital, konsumsi bahan bakar rata-rata dan real time, tripmeter, indikator Smart Key dan indikator baterai (khusus untuk tipe Smart Key), serta mempertahankan indikator ECO sebagai panduan berkendara efisien.

    Lainnya ada Multi Function Hook, pijakan kaki untuk pembonceng sudah terintegrasi dengan bodi, mengaplikasikan velg dual 5 spokes, 12 inci dan ban tubeless untuk menghadirkan kenyamanan dan rasa aman pengendara.

    New Honda Vario 125

    New Honda Vario 125

    Opsi selanjutnya bisa melirik New Vario 125. Ditawarkan tiga varian, CBS, CBS-ISS dan CBS-ISS SP. Masing-masing punya diferensiasi dari sisi motif dan kelengkapan fitur. Buat varian teratasnya hanya selisih ratusan ribu dengan Burgman Street 125 EX.

    Varian teratas dengan warna spesial ada Advance Matte White dan Advance Matte Blue. Menariknya versi ini pakai warna matte pada bodi dan stripe terbaru dikombinasikan dengan sentuhan pelek dan pegangan belakang berkelir titanium. Harganya saat ini Rp24,450 juta OTR DKI Jakarta.

    Lalu ada tipe CBS-ISS dengan pilihan warna Advance Matte Black. Istimewanya ada penyematan 3D emblem bertuliskan Vario yang khas. Model ini dipasarkan seharga Rp24,2 juta. Sedang untuk versi CBS hadir dalam dua varian warna yaitu Sporty Black dan Sporty Red. Harganya sekarang Rp22,550 juta OTR Jakarta.

    New Honda Vario 125 hadir sebagai skutik sporty. Bagian depan mengusung tampilan V shape. Dilengkapi dengan pencahayaan full LED dan Daytime Running Light (DRL) di atas lampu utama.

    Fitur canggihnya ada Smart Key System yang terintegrasi dengan Alarm Anti-theft dan Answer Back System. Teknologi ini hanya terdapat di tipe CBS-ISS. Lalu ada USB Charger dengan daya maksimal 5V 2.1A di kompartemen kiri. Kemudian full digital panel meter dengan informasi lengkap. Kapasitas bagasi 18 liter, Functional Hook buat membawa barang di depan dan tetap berteknologi Combi Brake System (CBS).

    Buat urusan jantung mekanis mengandalkan mesin 124,8 cc eSP 4-langkah, SOHC dengan pendingin cairan dan sistem suplai bahan bakar PGM-FI (Programmed Fuel Injection). Dengan racikan 52,4 x 57,9 mm (bore x stroke) ia bisa menghasilkan tenaga maksimal sebesar 11,1 hp di 8.500 rpm dan memuntahkan torsi sebesar 10,8 Nm di kitiran 5.000 rpm.

    Yamaha FreeGo

    freego connected

    Selanjutnya ada Yamaha FreeGo. Varian tertingginya dengan teknologi Connected masih lebih murah atau selisih sekira Rp1 jutaan dari Burgman 125. Sekarang dirinya dijual Rp23,2 juta (Connected) dan Rp21,4 juta (Standard) OTR DKI Jakarta.

    Ditanamkan mesin 125 cc SOHC 4-tak, 2 katup, pendingin udara, dengan injeksi bahan bakar. Mampu menghasilkan tenaga 9,5 hp di 8.000 rpm dan torsi 9,5 Nm di putaran 5.500 rpm. Saat menyalakannya tak ada lagi suara bising kitiran dinamo starter. FreeGo sudah pakai sistem SMG (Smart Motor Generator), yang sunyi saat dihidupkan. Terdapat teknologi Stop & Start System (SSS), bisa mengurangi konsumsi bahan bakar pada saat motor berhenti, sehingga lebih efisien.

    Selain itu, ia memiliki kapasitas bagasi luas (25 liter) dan spacious front pocket. Didukung fitur canggih, seperti Smart Front Fuel untuk pengisian bahan bakar dari depan, tanpa perlu membuka jok dan Electric Power Socket buat pengisian daya baterai saat berkendara. Lampu LED headlight dan Hazard.

    Pakai ban lebar tipe tubeless. Punya jok panjang dan pijakan kaki luas, membuat pengendaranya lebih rileks, terutama saat membawa penumpang ataupun barang.

    Varian tertinggi telah menggunakan Smart Key System (SKS) atau Keyless. Dilengkapi dengan Answer Back System untuk mencari posisi motor pada saat di parkir. Lalu sudah digital speedometer yang dilengkapi dengan fitur Y-Connect.

    Baca Juga: Mau Tampil Beda, Ini Pilihan Skutik yang Jarang Terlihat di Jalan Raya

    Yamaha Fazzio Hybrid

    Yamaha Fazzio hybrid

    Opsi skutik selanjutnya yang lebih murah dari Burgman 125 ada Fazzio Hybrid. Ditawarkan dalam dua varian. Tertingginya ada Lux Connected yang dibanderol Rp23,050 juta. Tipe regular atau Neo dijual Rp22,4 juta OTR DKI Jakarta.

    Keduanya merupakan skutik bergaya retro dengan segudang fitur canggih. Memiliki desain ringkas dan modern sekaligus didapuk sebagai model pertama di kategori Classy Yamaha. Desainnya sederhana namun berkelas dan diberikan body striping minimalis. Keunikan dari sisi visual inilah yang menjadi salah satu suguhan utama Fazzio.

    Dari sisi fitur ia sudah dibekali headlight LED. Desainnya unik, berbentuk oval dengan pembatas di tengahnya, untuk memisahkan lampu dekat dan jauh. Dipadu lampu belakang stylish, serta lampu sein terpisah di bagian cover bodi, memberikan image modern dan pencahayaan optimal.

    Panel meter sudah sepenuhnya digital. Buat varian tertinggi sudah dibenamkan Y-Connect. Lainnya ada fitur keamanan Answer Back System dan smart key (keyless). Tersedia pula Electric Power Socket, Double Hook model karabiner, One Push Start, Smart Lock, dan Hazard Lamp.

    Menyoal jantung mekanisnya, menggendong mesin berkapasitas 125 cc, 1-silinder, SOHC, pendingin udara, dan berpengabut injeksi. Tenaga maksimalnya 8,3 daya kuda pada 6.500 rpm dan torsi puncak 10,6 Nm di 4.500 rpm. Mereka memakai sistem starter elektrik berikut pelumasan mesin 0,80 liter.

    Label hybrid yang dibawanya berfokus pada dua sumber tenaga yang saling berkaitan, yakni power dari mesin konvensional serta tenaga yang disuplai dari Electric Power Assist Start (EPAS). Untuk mendukung dua sektor tadi ada sejumlah komponen yang saling menunjang, antara lain Smart Motor Generator (SMG), baterai (aki), dan Starter Generator Control Unit (SGCU). Teknologi ini lebih fokus pada peningkatan akselerasi awal dan efisiensi bahan bakar saja. Selain itu, untuk memaksimalkan efisiensi bahan bakar dan sistem hybrid-nya, Fazzio juga dibekali dengan Stop Start System (SSS).

    Yamaha Lexi Standard

    Yamaha Lexi

    Selanjutnya ada Yamaha Lexi versi Standard. Per November 2023 dirinya dibanderol Rp23 juta OTR DKI Jakarta. Selisihnya sampai Rp1,7 juta. Keunggulan yang ditawarkan Lexi yaitu memiliki tampilan Maxi DNA yang stylish dan kompak.

    Sementara untuk fitur, sistem pencahayaan LED dan speedometer full digital. Lalu ada Electric Power Socket untuk mengisi daya smartphone, bagasi luas, Stop & Start System (SSS) untuk mengurangi konsumsi bahan bakar yang tidak perlu saat motor berhenti.

    Terkait jantung pacu motor, Yamaha Lexi mengusung mesin Blue Core 125 cc dengan teknologi Variable Valve Actuation (VVA) yang tidak hanya bertenaga di setiap putaran mesin, namun juga efisien dalam hal konsumsi bahan bakar. Penyematan teknologi Smart Motor Generator (SMG) juga memberikan sensasi suara mesin yang lebih halus saat motor tengah dinyalakan.

    Mesinnya sanggup memuntahkan torsi puncak 11,3 Nm pada 7.000 rpm dan tenaga maksimal 11,89 PS pada 8.000 rpm. Kestabilan motor ini tidak perlu diragukan, karena menggunakan ban berprofil lebar. Ukuran 90/90-14 inci di depan serta 100/90-14 inci di belakang. Kedua ban itu sudah tubeless.

    TVS Ntorq 125 Race XP Play Smart

    TVS Ntorq 125 Race XP Play Smart

    Bila bosan dengan produk brand Jepang, Anda bisa memilih TVS Ntorq 125 Race XP Play Smart. Harganya Harganya Rp21 jutaan OTR DKI Jakarta. Meski dijual dengan banderol lebih murah dari Burgman 125, usungan teknologinya patut diacungi jempol. Ia punya fitur konektivitas bernama TVS SmartXonnect.

    Aplikasi TVS SmartXconnect dapat di download melalui Google play store ataupun App store. Di dalamnya memungkinkan pengguna untuk mengatur 60 fitur yang diinginkan. Seperti bantuan navigasi, statistik berkendara, lap time terbaik dan lap time terakhir, personalisasi pesan selamat datang, notifikasi panggilan telepon, sms masuk, indikator temperatur mesin, indikator sinyal handphone, daya baterai HP, lokasi terakhir saat di parkir, reminder untuk servis, trip meter dan berbagai mode berkendara.

    Fitur canggih lain adanya teknologi perintah suara (voice assist) yang tersaji di aplikasi TVS SmartXconnect, bagasi sebesar 20 liter, tangki bensin berada di balik stop lamp, headlamp yang telah dibenamkan Daytime Running Lamps (DRL) seperti huruf ‘T’ dan stoplamp berteknologi LED.

    Ia merupakan skutik kecil yang punya dua mode berkendara, Racing dan Street. Masing-masing dibedakan dalam hal performa dan konsumsi bahan bakar. Opsi Racing ditujukan bagi pengendara yang menyukai kecepatan. Sedang Street buat berkendara sehari-hari, yang memungkinkan penggunaan bahan bakar lebih efisien dan sempurna. Mode berkendara dapat diubah menggunakan fungsi sakelar di sisi kanan setang yang menyatu dengan tombol starter.

    Punya bekal jantung mekanis berkubikasi 124,6 cc, silinder tunggal, 3 valve dan berpendingin udara, ia mampu menghasilkan akselerasi terbaik di kelasnya. Dalam posisi Racing mode, tenaganya mencapai 10 Hp pada 7.000 rpm dan torsi sebesar 10,8 Nm di putaran 5.500 rpm. Kecepatan tertingginya 98 km/jam. Sementara kondisi Street mode sama seperti TVS Ntorq versi reguler, yaitu menghasilkan power 9,3 Hp di putaran 7.000 rpm dan torsi maksimal 10,5 Nm di kitiran 5.500 rpm. Top speed yang dapat diraihnya 95 km/jam. (BGX/ODI)

     

    Baca Juga: Cari Skutik Harga di Bawah Rp20 juta? Cek Daftarnya Bulan Ini

    Model Motor Suzuki

    • Suzuki Satria F150
      Suzuki Satria F150
    • Suzuki GSX R150
      Suzuki GSX R150
    • Suzuki Burgman Street 125 EX
      Suzuki Burgman Street 125 EX
    • Suzuki NEX II
      Suzuki NEX II
    • Suzuki GSX S150
      Suzuki GSX S150
    • Suzuki NEX Crossover
      Suzuki NEX Crossover
    • Suzuki Address
      Suzuki Address
    • Suzuki V-Strom 250 SX
      Suzuki V-Strom 250 SX
    • Suzuki Gixxer SF 250
      Suzuki Gixxer SF 250
    • Suzuki Avenis
      Suzuki Avenis
    Harga Motor Suzuki

    Jangan lewatkan

    IIMS 2024

    Anda mungkin juga tertarik

    Video Motor Suzuki Burgman Street 125 EX Terbaru di Oto

    Oto
    • Jajal Langsung Suzuki Burgman Street 125 EX, Nyaman Buat Jarak Jauh | First Ride
      Jajal Langsung Suzuki Burgman Street 125 EX, Nyaman Buat Jarak Jauh | First Ride
      30 Jan, 2024 .
    • Suzuki Burgman Street 125 EX, Siap Jegal Yamaha Lexi!
      Suzuki Burgman Street 125 EX, Siap Jegal Yamaha Lexi!
      20 Nov, 2023 .
    Tonton Video Motor Suzuki Burgman Street 125 EX

    Bandingkan & Rekomendasi

    Honda Scoopy
    Honda Scoopy
    Rp 21,98 - 22,78 Juta
    Harga Scoopy
    Honda Vario 125
    Honda Vario 125
    Rp 22,55 - 24,45 Juta
    Harga Vario 125
    Yamaha Fino 125
    Yamaha Fino 125
    Rp 20,4 - 21,61 Juta
    Harga Fino 125
    Suzuki Satria F150
    Suzuki Satria F150
    Rp 28,6 Juta
    Harga Satria F150
    Yamaha XRide 125
    Yamaha XRide 125
    Rp 20,2 Juta
    Harga XRide 125
    Kapasitas 109.5
    124.8
    125
    147.3
    125
    Diameter x langkah 47 mm x 63.1 mm
    52.4 mm x 57.9 mm
    52.4 mm x 57.9 mm
    -
    52.4 mm x 57.9 mm
    Jenis Mesin Single Cylinder, 4-Stroke, Air-Cooled, SOHC
    4-Step, SOHC, eSP, Liquid Cooling Engine
    4-Stroke, SOHC
    4-Stroke, Liquid Cooled, DOHC
    4-Stroke, SOHC
    Indikator Lampu Ya
    Ya
    Ya
    Ya
    Ya

    Tren Scooter

    • Yang Akan Datang
    • Kymco AK 550
      Kymco AK 550
      Harga menyusul
      Perkiraan Diluncurkan Apr, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    • BMW C Evolution
      BMW C Evolution
      Harga menyusul
      Perkiraan Diluncurkan Apr, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    Motor Scooter Yang Akan Datang

    Artikel Motor Suzuki Burgman Street 125 EX dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Review
    • Ini Racikan Teknologi SEP-α di Mesin Suzuki Burgman Street EX125
      Ini Racikan Teknologi SEP-α di Mesin Suzuki Burgman Street EX125
      Anjar Leksana, 15 Feb, 2024
    • Desainer Sepeda Motor Suzuki Datang ke Indonesia, Bawa Misi Apa?
      Desainer Sepeda Motor Suzuki Datang ke Indonesia, Bawa Misi Apa?
      Anjar Leksana, 29 Jan, 2024
    • Suzuki Burgman Street 125 EX Vs Honda Vario 125, Pilih Mana?
      Suzuki Burgman Street 125 EX Vs Honda Vario 125, Pilih Mana?
      Zenuar Istanto, 12 Jan, 2024
    • First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Tawarkan Keseimbangan Berkendara
      First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Tawarkan Keseimbangan Berkendara
      Anjar Leksana, 30 Jan, 2024

    Bandingkan

    You can add 3 variants maximum*