• Wishlist

Toyota Vios 2018, Ini Bedanya Tipe E dan G

Toyota Vios 2018, Ini Bedanya Tipe E dan G

Sedan andalan Toyota di Indonesia, Vios terbaru hadir di awal April 2018. Tanpa acara pengenalan ke media seperti yang biasa dilakukan, penampilan perdananya terjadi di Indonesia International Motor Show (IIMS). Generasi ketiga yang sudah mengalami penyegaran ini, tampil sangat berbeda dari sebelumnya. Bahkan orang awam tak bisa mengenali kalau mobil ini hanyalah versi penyegaran dari Vios yang ada sekarang. Toyota Vios facelift dijual dalam dua varian, yakni E dan G. Apa saja bedanya?


Performa



 


Baik Vios tipe E dan G keduanya ditawarkan dalam pilihan transmisi manual 5-speed dan otomatis CVT (Continuous Variable Transmission) 7-speed. Hanya ada satu pilihan mesin, 1,5 liter yang masih sama seperti Vios sebelumnya. Mesin yang juga digunakan Toyota Yaris 2018, menghasilkan tenaga 107 PS pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 140 Nm pada 4.200 rpm. Singkatnya, tak ada perbedaan performa pada masing-masing varian Vios versi 2018.


Eksterior



Tampak luar Vios terbaru membuat pemiliknya lebih percaya diri. Karena wujudnya berbeda dari Vios taksi yang dijual dengan nama Limo. Meski belum tahu juga apakah mobil ini nantinya juga dikonversi menjadi versi taksi. Dari depan, tipe G dibekali lampu depan model proyektor dengan LED light guide serta Daytime Running Light (DRL). Begitupun lampu kabut yang harus absen pada tipe terendahnya. Sementara lampu kombinasi belakang LED hanya tersedia pada varian G atau tipe termahalnya.


Di samping, Vios tipe E dan G dibedakan dari roda yang digunakan. Tipe E memakai pelek berukuran 15-inci sedangkan tipe G berukuran 16-inci. Tentu desainnya pun dibedakan. Tipe G disepuh warna two-tone. Tersembunyi di balik rodanya, ternyata rem yang digunakan pun berbeda. Rem cakram berventilasi 14-inci di depan dengan rem jenis drum atau tromol di belakang, terpasang pada tipe termurah Vios. Untuk varian termahal, sudah pakai rem depan cakram berventilasi berukuran 15-inci dengan rem belakang cakram solid berukuran 15-inci.


Interior dan fitur



Masuk ke bagian dalam, perbedaan mulai terasa cukup signifikan. Bukan pada warna ataupun desain layout interiornya yang berbeda, tapi pada fitur dan material yang diapakainya. Tipe G sudah memiliki seluruh fitur berikut: lingkar kemudi berbalut kulit, kontrol AC digital yang otomatis dan panel instrumen dengan layar MID (Multi Information Display) digital. Khusus varian bertransmisi otomatis CVT, tersedia pula mode berkendara ECO dan SPORT serta paddle-shit untuk pengoperasian transmisi secara manual dari lingkar kemudi. Seluruh fitur tak Anda temui pada Vios tipe E.


Fitur Keselamatan & Harga



Untungnya, Toyota tak menyunat fitur keselamatan untuk Vios termurah sekalipun. Fitur keselamatan yang dimilikinya pun sangat lengkap. Bayangkan, penumpang Vios dilindungi tujuh airbag. Fitur hill start assist (HSA), vehicle stability control (VSC), rem anti-lock brake system (ABS), electronic brake-force distribution (EBD), brake assist (BA) hingga pengait kursi balita (ISOFIX), semua tersedia hingga Vios termurah. Mobil inipun telah diuji ASEAN NCAP dan lulus dengan predikat bintang lima. (RS)


Berikut harga masing-masing varian Toyota Vios 2018 :



  • Toyota Vios E MT Rp 291.100.000

  • Toyota Vios G MT Rp 309.900.000

  • Toyota Vios E CVT Rp 304.100.000

  • Toyota Vios G CVT Rp 326.000.000


Baca juga: Pemerintah Belum Selesai Revisi Pajak Sedan, Harga Vios Naik Rp 15 Juta

Jelajahi Toyota Vios

Toyota Vios Rp 319,25 - Rp 341,15 Juta Cicilan : Rp 7,28 Juta

Bandingkan & Rekomendasi