• Wishlist

Suzuki Jimny Terbaru Mulai Dipasarkan di Thailand, Indonesia Berikutnya?

Suzuki Jimny Terbaru Mulai Dipasarkan di Thailand, Indonesia Berikutnya?

Suzuki Jimny generasi keempat, SUV mungil yang jadi incaran banyak kolektor, akhirnya melantai di pasar Negeri Gajah Putih. Ya, Jimny terbaru dikonfirmasi mulai dijual untuk pasar Thailand. Namun yang unik bukanlah lokasi peredarannya, melainkan asal dari mobil tersebut.



Dikatakan dalam situs headlightmag, Suzuki Thailand belum mau merakitnya secara lokal (di pabrik Suzuki Thailand Land of Smiles). Suzuki Jimny di Thailand justru akan diimpor dari Indonesia atau ambil langsung secara CBU Jepang.


Betul tertulis negara Indonesia. Kami sempat mengkonfirmasi hal itu. Namun, petinggi Suzuki masih menyimpan rapat informasi. Salah satu indikasinya, mesin yang tertancap pada Jimny anyar. Ia menggendong mesin berkode K15B empat silinder berkapasitas 1.5 liter, yang juga dipakai Suzuki Ertiga terbaru.



Konon Suzuki Indonesia menyuplai jantung mekanis, transmisi, bahkan sistem kelistrikan Jimny. Namun demikian, Suzuki Indonesia enggan memberi tanggapan lebih. “Maaf kalau tentang Suzuki Jimny baru, kami belum bisa komentar dulu ya,” papar Harold Donnel, Head of Brand Development and Marketing Research PT Suzuki Indomobil Sales (25/7).


Kalau untuk pasar Indonesia, santer terdengar Suzuki Jimny 2019 siap meramaikan panggung Suzuki di GIIAS 2018 mendatang. Kalaupun itu benar, kemungkinan mereka membawa unit display untuk melihat animo masyarakat, sembari meracik takaran harga yang pas buat pasar lokal. Toh tahun lalu saja Jimny ludes terjual. Teka-teki ini bisa terpecahan jika Suzuki Indonesia mau mengamini hal di atas. Atau kita tunggu saja ajang GIIAS yang tinggal menghitung hari.


Nah, sementara Filipina juga tak mau ketinggalan menjajakan Jimny. Ia bakal menambah jajaran produk Suzuki di sana. Saat ini hanya ada Vitara, diikuti generasi ketiga Suzuki Dzire dan Suzuki Swift 2018.


Selain pasar Asean, dikabarkan Jimny merambah pasar Eropa. Jimny 2019 sedang menjalani uji jalan dan proses homologasi. Kendaraan off-road mungil ini diperkirakan melantai di pasar Inggris dan beberapa negara Eropa pada awal 2019. Semuanya dilakukan secara bertahap. Soalnya di pasar Jepang saja, Jimny 2019 baru tersedia di diler pada akhir Juli 2018 ini.


Sekadar menyegarkan kembali, Jimny Sierra Jepang dan seluruh dunia mendapatkan mesin 1,5 liter, untuk menggantikan unit 1,3 liter dari sebelumnya. Tenaga yang berembus sebesar 102 PS dan torsi 130 Nm. Setelah diracik ulang dari versi Ertiga, torsi Jimny lebih kuat pada semua rentang rpm dibandingkan versi lawas. Bahkan bobot kendaraan 15% lebih ringan dari sebelumnya. Sementara pilihan transmisi tersedia 5-speed manual dan 4-speed otomatis. Tetap pantau oto.com untuk informasi Jimny lebih lanjut ya! (Alx/Van)


Sumber: Headlightmag


Baca Juga: Suzuki Jimny Naik Rel LRT, Ada Apa?


 

Jelajahi Suzuki Jimny

Suzuki Jimny Rp 347,5 - Rp 360 Juta Cicilan : Rp 7,93 Juta

Bandingkan & Rekomendasi