Suzuki Jimny Naik Rel LRT, Ada Apa?

Suzuki Jimny Naik Rel LRT, Ada Apa?
Gambar
Review Pengguna

Pemandangan tak biasa terlihat di atas rel Light Rapid Transit (LRT). Dari unggahan akun instagram Ditjenperkeretapian, ada Suzuki Jimny lawas melintas di atasnya. Seperti diketahui, sarana kereta LRT memang moda transportasi baru yang tengah dibangun pemerintah. Rel yang terlihat ditumpangi oleh jip kompak itu berada di Sumatra Selatan.

Meski jalur rel kereta bukanlah untuk mobil, nyatanya Jimny nampak pas melenggang di sana. Bahkan kendaraan off road dari Suzuki itu, terlihat menggunakan beberapa peranti agar sesuai dengan rel.

Faktanya, Jimny itu memang kendaraan operasional dalam pengerjaan rel. Hal itu diutarakan akun Ditjenperkeretapian, “Jimny digunakan untuk inspeksi prasarana LRT SUmsel, yakni third rail untuk power supply LRT serta mobilisasi di atas track dan untuk clear area (pengecekkan) di atas rel sebelum kereta berjalan,” jelasnya.

Jimny memang bukan SUV biasa. Dengan dimensinya yang kompak, ground clearance yang jenjang, hingga penggerak 4 roda, mobil ini bisa menjelajah dengan baik di berbagai medan. Kemampuannya untuk bergerak di atas rel jadi buktinya.

Pihak lain yang mengaku sebagai perakit mobil pun turut menjelaskan alasan penggunaan di fasilitas LRT. “Lebar track kereta api di Indonesia hanya cocok dengan jarak antarban (wheel track) di Jimny. Mobil lain tak cocok karena terlalu lebar. Jimny 4x4 traksinya cukup baik untuk menarik beban berat sehingga tidak selip,” unggah akun SuryaSBK.

Akun SuzukijimnyIndonesia yang mewakili puluhan ribu penggemar mobil tersebut, kini diserbu para penggemar yang bangga. Mereka tampak takjub melihat mobil kesayangannya gagah melenggang di jalur yang tak biasa.

Jimny yang digunakan terlihat sama saja seperti biasa, model yang beredar sejak 1980an. Pembedanya hanya terdapat roda baja tambahan di bagian depan. Fungsi roda nampaknya untuk menjaga agar mobil tetap berada di jalur kereta. Pasalnya di atas rel, tak mungkin untuk membelokkan roda, dikarenakan kendaraan yang melintas hanya bisa mengikuti arah rel yang sudah ada.

Saat ini, Jimny sudah memasuki generasi keempat. Beberapa waktu lalu peluncurannya berlangsung di Jepang. Modelnya sudah sangat berubah, namun karakteristik SUV kompak dengan ciri khas klasik tetap kental. Untuk diketahui, Jimny generasi ketiga yang dijual tahun lalu, sudah ludes dibeli konsumen sejak momen pertama penjualannya. (Van/Odi)

Baca Juga: Suzuki Jimny Terbaru Muncul di Website Resmi, Ini Foto Lengkapnya!

Sumber: Instagram SuryaSBK, ditjenperkeretaapian

Jelajahi Suzuki Jimny

Suzuki Jimny Rp 382,5 - Rp 395 Juta Cicilan : Rp 8,73 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store