• Wishlist

Siap-siap, Daihatsu Sirion Facelift Rilis pada Maret 2020 di Indonesia

Siap-siap, Daihatsu Sirion Facelift Rilis pada Maret 2020 di Indonesia

Daihatsu segera menyegarkan Sirion di Indonesia pada Maret mendatang. Hal itu disampaikan langsung salah satu petinggi perusahaan Astra Daihatsu Motor (ADM). Adanya pembaruan model, diharap bisa menajamkan penjualan. Dalam sebulan, rata-rata ia terkirim ke konsumen 150-an unit. Tidak besar ceruk yang bisa diambil mobil impor dari Malaysia ini. Jurus untuk mengerek penjualan, berupa irisan kredit yang lebih ramah kantong.


Daihatsu bakal segarkan Sirion Maret 2020


"Pada dasarnya Daihatsu menyadari, Sirion perlu melakukan perubahan skema kredit. Kami tahu kalau diskon untuk mobil ini tidak besar. Lebih lagi, konsumen kami lebih banyak menggunakan pembiayaan secara kredit. Dan Daihatsu melakukan facelift Sirion pada Maret 2020," jelas Amelia Tjandra, Marketing Director Astra Daihatsu Motor (ADM) di kantor pusat (9/1).


Berapa besar pasarnya? Market share yang digenggam Sirion hanya berada tujuh persen di segmen hatchback (city car). “Untuk Daihatsu Sirion memang pangsa pasarnya kecil sekali, hanya tujuh persen. Makanya, dengan adanya produk improvement (penyegaran), kami ingin membenahi paket kredit yang sesuai target market," sahut Hendrayadi Lastiyoso, Marketing and CR Division Head Astra International - Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).


Baca Juga: Cara Daihatsu Mempertahankan Peringkat Kedua Penjualan Nasional


Kilas balik sebentar. Daihatsu pernah menawarkan Sirion Special Edition yang dijual terbatas, 10 unit. Dikenalkan pada GIIAS 2019. Ia tampil dalam balutan warna silver, berpadu aksen kuning pada pelek alloy, bodi dan side stone guard. Bagaimana dengan model facelift? Diprediksi tetap minim rombakan. Sekadar tambahan aksesori atau beberapa sentuhan di panel eksterior.


Termasuk mekanikal pacu. Nyaris tak ada beda dari Sirion lawas. Di bawah bonnet tertancap mesin bensin 1,3 liter DOHC VVTi. Momen puntir yang dihasilkan mencapai 117 Nm. Kemudian mengeluarkan tenaga hingga 90 PS. Transmisinya pun sama. Pakai otomatis empat percepatan dan manual 5-speed untuk menggerakkan bodi seberat 940 kilogram.


Daihatsu Sirion Special Edition


Fitur lama sepertinya dipertahankan. Semoga bisa ditambah, kendati Sirion sudah terkenal kaya fitur. Amsal pakai sorot proyektor dengan LED position lamp. Tak lupa ditemani lampu kabut, lampu siang (DRL), serta pengaturan spion elektrik. Kamera parkir mundur dan sensor depan juga tersedia pada Sirion.


Kemudian peranti keamanan berupa dual SRS Airbag ditambah airbag samping untuk menunjang keselamatan. Selain itu, ditambah rem ABS+EBD, kontrol traksi (TRC) dan kendali kestabilan (VSC) serta Pretensioner & Force Limiter Seat Belt yang ditempatkan untuk pengemudi serta penumpang depan. Sabuk keselamatan ini berfungsi melindungi ketika terjadi tabrakan dengan kendaraan lain. Soal redaman juga agaknya tak berubah. Ia pakai suspensi depan MacPherson Struts dan bagian belakang torsion beam, keduanya per keong plus stabilizer. Konfigurasi ini sudah cukup, sebagai mobil perkotaan. (Alx/Tom)


Baca Juga: Duel Hatchback Tanggung, Pilih Daihatsu Sirion Atau Suzuki Baleno?

Jelajahi Daihatsu Sirion

Daihatsu Sirion Rp 200,1 - Rp 211,1 Juta Cicilan : Rp 4,57 Juta

Bandingkan & Rekomendasi