• Wishlist

Sebelum Beli, Ketahui Detail Toyota Corolla Altis Varian 1.8 G

Sebelum Beli, Ketahui Detail Toyota Corolla Altis Varian 1.8 G

Corolla Altis 1.8G menjadi varian paling bawah. Walau begitu, tetap dibekali berbagai fitur canggih yang dapat memudahkan pengguna. Berikut jabaran detail varian yang dibanderol Rp 468,2 juta (OTR Jakarta).


Corolla altis tipe G


Dimensinya tak berbeda dari varian lainnya, yakni 4.630 x 1.780 x 1.435 mm (PxLxT) dengan jarak sumbu roda 2.700 mm. Struktur sudah menganut Toyota New Global Architecture (TNGA), yang membuat gaya berkendaranya berbeda. Penggunaannya mengizinkan Toyota melakukan perubahan desain eksterior. Ia kini lebih sporty, terutama wajahnya. Kisi-kisi di bumper kini tak memanjang hingga tepian. Meski begitu, ia tampil semakin dominan, karena cakupannya hampir menyentuh hidung atas.


Rumah foglamp juga makin kentara dengan ukuran yang membesar, bak lubang intake pesawat tempur. Perangkat ini juga diberi aksen kromium, sehingga membuatnya semakin menonjol. Lanjut ke palang tempat logo berada, dibuat tidak terlalu tajam seperti model lama, justru lebih tegas dan berbentuk agak kotak. Komponen penerangannya juga lebih tajam dengan teknologi LED, yang dihiasi J-shape DRL (daytime running light).


Lanjut ke bodi samping, varian ini punya bentuk spion yang juga baru dan lebih banyak dihiasi sudut-sudut. Area kaca jendela juga mewah dengan tepian kromium yang mencakup hingga ke belakang. Khusus varian G, peleknya berbeda dengan yang lain, berukuran lebih kecil, 16 inci. Kemudian desainnya pakai gaya lama dengan sepuhan perak. Ban tebal 205/55 pun dipasangkan ke seluruh bagian. Ini dipadukan suspensi MacPherson Strut di depan dan double wishbone di belakang, yang dikatakan Toyota punya setelan baru. Ini berdampak pada kenyamanan berkendara yang lebih baik, memberikan pengendalian yang lebih responsif.


interior corolla altis G


Bergeser ke buritan. Kini lebih dinamis, lantaran lampu belakang LED L-shape bergaya dimensi dipasang, lengkap dengan garnish yang menghubungkan keduanya. Pelanggan yang tertarik bisa memilih Corolla Altis 1.8 G dalam beberapa pilihan kelir: Silver Metallic, Attitude Black Metallic, White Pearl, Phantom Brown Metallic, Red Metallic, Super White 2 dan Celestite Gray Metallic.


Masuk ke jantung mekanis, ia mengusung 2ZR-FE berkubikasi 1,8 liter. Spesifikasinya 4 silinder segaris DOHC dengan Dual VVT-i. Semburan tenaga puncaknya mencapai 140 PS putaran 6.400 rpm dan torsi maksimum 171,6 Nm di 4.000 rpm. Suplai bensin berasal dari tangki dengan kapasitas 50 liter. Seluruh daya dorong disalurkan ke roda melalui sistem transmisi otomatis CVT (Continuously Variable Transmission) 7-speed. Tak ada pilihan manual untuk Corolla Altis.


Keseruan berkendara ditunjang adanya drive mode. Walau memang hanya ada pilihan Sport dan Normal. Tapi itu sudah bisa mengubah kinerja mesin menjadi lebih menarik. Selain itu, pengemudi bisa mengetahui beragam informasi terkait mobil melalui multi information display (MID) 4,2 inci yang diselipkan di panel instrumen.


Untuk memudahkan penggunanya, akses ke kabin sudah disokong push start and smart entry. Begitu pula untuk menyalakan dan mematikan mesin, tak perlu lagi anak kunci. Cukup tekan tombol menggunakan satu jari. Kepraktisan ini juga didukung rasa nyaman yang dihadirkan desain interiornya. Aura sporty dan mewah dihadirkan Corolla Altis, bahkan untuk varian paling bawah. Pengemudi dapat dengan mudah mendapatkan posisi terbaik karena kemudinya punya pengaturan tilt dan teleskopik.


Penumpang juga dapat menikmati hiburan dari head unit berupa layar sentuh. Berukuran 7 inci, ia tampak mencuat ke atas dan melayang, sehingga mempercantik tampilan dasbor. Komponen itu dapat memutar radio, DVD dan dilengkapi konektor USB, AUX, SD card, serta punya koneksi internet, miracast, voice command dan hand gesture.


Fitur keselamatan dan keamanan juga lengkap. Meski tak mengaplikasikan Toyota Safety Sense, tapi sudah cukup. Pengendalian dibantu Anti-lock Braking System, Electronic Brake Distribution dan Brake Assist. Kemudian stabilitas dipastikan terjaga berkat Vehicle Stability Control (VSC). Begitu juga saat beranjak jalan di tanjakan, terdapat Hill Start Assist (HSA) yang membuat tetap aman. Kemudian enam sensor ultrasonic dibenamkan di sisi depan dan belakang untuk mengidentifikasi keberadaan objek yang mendekati mobil. Sangat bermanfaat bagi pengemudi saat parkir. (Hfd/Odi)


Baca Juga: Toyota Corolla Altis Bekas Makin Murah, Pilihan Menarik?

Jelajahi Toyota Corolla Altis

Toyota Corolla Altis Rp 482,5 - Rp 582,2 Juta Cicilan : Rp 11,01 Juta

Bandingkan & Rekomendasi