Pilih Mana, Honda Civic RS Vs Toyota Corolla Altis?

Pilih Mana, Honda Civic RS Vs Toyota Corolla Altis?

Persaingan medium sedan di Indonesia tak kalah panas dibandingkan segmen lain. Apalagi kini Honda Civic RS sudah hadir. Unit anyar ini mengusung emblem RS dan menawarkan beragam fitur canggih. Kemunculannya tentu saja kembali bersaing ketat dengan rival abadinya, yaitu Toyota Corolla Altis. Kedua sedan ini diimpor langsung dari Thailand.

Jika Honda Civic hanya tersedia varian RS, maka Toyota Corolla Altis punya tiga pilihan dan salah satunya versi Hybrid. Tak melulu bicara harga jual tinggi di kelas ini, tapi konsumen yang memiliki kemampuan beli medium saloon lebih memikirkan aspek mobil yang sesuai dengan keinginannya. Meski begitu, perseteruan keduanya tetap seru untuk diungkapkan ke publik. Agar menjadi pertimbangan seimbang, kami memilih Civic RS dikomprasi dengan Corolla Altis varian V.

All New Honda Civic RS All New Honda Civic RS

Rancang Bangun

Honda Civic anyar mengusung nama RS yang merupakan akronim dari Road Sailling. Tidak seperti model sebelumnya yang mengusung identitas sporty dan agresif, ia kini tampil lebih kalem dan elegan. Pada bagian depannya, desain grille baru menyatu dengan full LED Headlight berdimensi ramping dan sudah dilengkapi dengan LED Daytime Running Light dan LED Turning Signal. Terdapat pula lampu kabut LED di bagian bawahnya yang membuat visual mobil ini terlihat lebih mewah.

Berbeda dengan generasi sebelumnya, bumper punya tampilan lebih sederhana. Sepintas terlihat mirip dengan Accord. Kendati demikian, kesan sportynya tetap dimunculkan lewat beberapa bagian yang dilabur dengan warna hitam. RS seperti Sporty Aero Trunk Spoiler, 17” Sporty Matte Black Alloy Wheels, Shark Fin Antenna, serta gagang pintu.

Bagian belakang lagi-lagi tampil elegan, tak banyak tarikan garis tegas seperti di generasi lawasnya. Namun, ciri khas dari mobil ini tetap dipertahankan, yakni Dual Exhaust Pipe Finisher serta Rear Combi Lamp with LED Light Bars.

Baca juga: Segini Harga Honda City dan Civic RS Terbaru dengan PPnBM Berbasis Emisi

Toyota Corolla Altis Toyota Corolla Altis

Secara keseluruhan, all new Civic RS punya dimensi yang cukup besar, panjangnya 4.678 mm, lebar 1.802 mm, tinggi 1.414 mm, dan jarak sumbu roda 2.733 mm. Bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya, di model terbaru ini lebih panjang sekitar 30 mm, lebih lebar 3 mm, dan lebih rendah 1 mm.

Toyota Corolla Altis punya fascia dengan kisi-kisi tunggal berukuran lebar. Desain lampu utama yang ramping diintegrasikan dengan Daytime running light yang semakin menyempurnakan nilai ekstetika nan elegan pada mobil ini. Dilengkapi dengan lampu kabut (fog lamp) di sisi kanan dan kiri yang dibuat agak masuk ke dalam dengan bingkai kromium membentuk huruf C.

Jendela dan pegangan pintu dibumbui elemen krom menjadi hiasan desain yang menarik pada bagian bodi. Lekukan halus di bagian samping Corolla Altis juga masih memberikan tampilan menawan. Dilengkapi dengan velg Striking Alloy Wheels berukuran 17 inci. Desain stop lamp berteknologi LED dan juga bumper bagian belakang terlihat lebih dinamis yang menimbulkan kesan elegan.

Altis ini punya dimensi yang ideal, yakni dengan panjang 4.630 mm, lebar 1.780 mm dan tinggi 1.435 mm. Selain itu, memiliki jarak sumbu roda atau wheelbase sekitar 2.700 mm. Sedikit lebih rendah dibanding model terdahulu, selebihnya membesar.

All New Honda Civic RS All New Honda Civic RS

Interior

Masuk ke bagian dalam kabin, Civic RS terbaru terlihat lebih mewah. Boleh dibilang tak ada lagi identitas sporty-nya yang melekat pada generasi-generasi sebelumnya. Di bagian dashboard, punya ciri khas unik tepatnya di ventilasi AC. Civic anyar menampilkan desain AC memanjang dengan aksen sarang lebah. Desain itu dipadu dengan head unit layar sentuh berukuran 9 inci yang sudah terkoneksi dengan Apple Carplay secara wireless dan memungkinkan mengatur segala fungsi kendaraan lewat smartphone.

Untuk cluster meter dari Honda Civic generasi ke-11 ini juga punya interface baru full digital TFT berukuran 10,2 inci. Secara umum, tampilan dalam dari mobil ini serba hitam, tapi terlihat elegan.

Kabin Altis tetap berikan nuansa elegan, lantaran semuanya serbahitam. Dilengkapi dengan pengaturan kursi yang sangat fleksibel sehingga menawarkan kenyamanan prima. Roda kemudi tiga palang yang stylish disematkan sejumlah kontrol yang sangat praktis diakses pengemudi.

Kluster mobil monokrom hadir dengan pencahayaan biru terang yang menyajikan parameter kendaraan yang dibutuhkan selama mengemudi. Sistem informasi dan hiburan pakai model layar sentuh model floating monitor 7 inci. Bisa menampilkan navigasi, radio, DVD, kamera parkir mundur dan konektivitas smartphone.

Baca juga: Toyota Camry Hybrid Dapat Penyegaran, Harganya Kini di Bawah Rp 800 Juta

Toyota Corolla Altis Toyota Corolla Altis

Performa Mesin

Di balik kap all new Honda Civic RS bersemayam mesin bensin VTEC berkapasitas 1.5 liter dengan turbocharger. Di mana, pada generasi terbaru ini tenaganya meningkat 5 PS atau kini menjadi 178 PS pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi puncak 240 Nm pada rentang 1.700 rpm sampai 4.500 rpm.

Untuk menambah sensasi berkendara, tersedia fitur SPORT Mode untuk pengaturan performa yang lebih agresif dan didukung fitur Paddle Shift. Selain itu, terdapat juga ECON Mode buat pengaturan karakter berkendara yang lebih hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.

Lawannya tertancap mesin berseri 2ZR-FE yang dilengkapi dengan 4 silinder in-line dan 16 valve bertipe DOHC dengan teknologi VVT-i dan memiliki kapasitas daya sampai 1.798 cc. Memiliki kapasitas tangki hingga 50 liter. Serta, menggunakan teknologi EFI sebagai sistem pemasukan bahan bakar bensin. Output daya maksimal mencapai 140 PS pada 6.400 rpm dan torsi 172 Nm pada 4.000 rpm, yang dikirim via transmisi CVT 7-speed Sport Sequential Shiftmatic. Tersisip paddle shift untuk ketangkasan perpindahan gigi.

All New Honda Civic RS All New Honda Civic RS interior

Fitur

Terdapat beberapa teknologi terbaru pada All New Honda Civic RS. Ada Walk-Away Auto Lock yang bisa mengunci pintu secara otomatis ketika pengendara berjalan sejauh minimal 1,5 meter dari kendaraan. Lalu Rear Seat Reminder, berikan informasi pada panel instrumen bahwa terdapat objek yang tertinggal di bagian belakang kabin apabila sebelumnya pengendara telah membuka pintu belakang.

Pertama kalinya pada jajaran mobil Honda dan di kelasnya, Honda Smart Key Card hadir sebagai alternatif pengganti remote control yang lebih ringkas dan seamless. Kuncinya berbentuk seperti kartu, memungkinkan pengendara untuk dapat mengakses fitur-fitur unggulan seperti One Push Ignition System, Smart Entry System serta Walk-Away Auto Lock, sehingga pengendara dapat dengan mudah mengoperasikan mobil hanya dengan Smart Key Card.

Fitur yang digarisbawahi oleh HPM adalah penyematan teknologi keamanan semi otonom, mereka menyebutnya sebagai Honda Sensing. Meliputi Collision Mitigation Brake System (CMBS), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation System (RDM), Adaptive Cruise Control (ACC) with Low Speed Follow, Auto-High Beam, serta Lead Car Departure Notification System (LCDN).

Baca juga: Komparasi All New Honda City Sedan Vs Toyota New Vios, Mana Layak Dipilih?

Toyota Corolla Altis Toyota Corolla Altis interior

Selain Honda Sensing, Honda Civic RS terbaru turut dibekali fitur keselamatan berstandar tinggi. Seperti Honda LaneWatchTM yang memberikan pengemudi pandangan yang lebih luas dari area blind spot, 6 Airbags, struktur rangka G-CON+ACETM with side impact beam, teknologi pengereman ABS, EBD+BA, Hill Start Assist, Vehicle Stability Assist, Electric Parking Brake, Auto Brake Hold, dan Emergency Stop Signal, Driver Attention Monitor dan Seatbelt Reminder untuk setiap baris tempat duduk.

Kompetitornya Toyota Corolla Altis juga memiliki fitur keamanan keselamatan yang sangat penting ketika berkendara. Seperti fitur Clearance Sonar System dengan teknologi 6 sensor ultrasonik yang terletak di bagian depan dan belakang untuk mengidentifikasi objek sekitar (termasuk kendaraan lain) untuk meminimalisir potensi tabrakan.

Terdapat pula fitur Blind Spot Monitor (BSM) yang dapat membantu dalam mengidentifikasi setiap objek yang berada di posisi blind spot menggunakan teknologi radar. Selain itu, Toyota Corolla Altis melekatkan fitur keselamatan andal pada bagian rem seperti Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Braking-Force Distribution (EBD), Brake Assist (BA), hingga Vehicle Stability Control (VSC).

Honda Civic Vs Toyota Altis

Simpulan

Harga kedua unit terpaut jauh. Honda Civic RS dijual Rp 567 juta, sedang Toyota Corolla Altis tipe V dibanderol Rp 457 juta atau selisih Rp 110 juta. Jika kita kalkulasi seluruh kapabilitas Altis, maka jawabannya jelas lebih unggul dari Civic generasi anyar. Dengan tampilan elegan dan fitur yang amat lengkap, rasanya Civic RS layak menjadi pilihan utama.

Visual luar dan dalam Civic RS lebih fresh. Namun bila Anda tak terlalu peduli soal tampilan, Altis bisa menjadi opsi menarik. Fiturnya lumayan lengkap, dan harganya jauh lebih murah ketimbang lawannya. Ditambah, Toyota memang paling jagoan untuk segi jaringan dan layanan aftersales. Di Indonesia belum ada yang mengalahkan itu. Semoga deret referensi fakta itu bisa membantu, sebelum memutuskan membeli. (Bgx/Raju)

Baca juga: Setelah City dan Civic RS, Honda Siapkan HR-V atau CR-V Terbaru di GIIAS 2021?

Jual mobil anda dengan harga terbaik

Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
Listing gratis Listing gratis
Daftarkan mobil Anda

Komparasi Honda Civic RS vs Toyota Corolla Altis

Honda Civic RS
  • Rp 586,9 Juta
Toyota Corolla Altis
  • Rp 493,6 - 545 Juta
Civic RS vs Corolla Altis

Model Mobil Honda

  • Honda Brio
    Honda Brio
  • Honda HRV
    Honda HRV
  • Honda BRV
    Honda BRV
  • Honda Civic Type R
    Honda Civic Type R
  • Honda CRV
    Honda CRV
  • Honda Mobilio
    Honda Mobilio
  • Honda Civic RS
    Honda Civic RS
  • Honda City
    Honda City
  • Honda Accord
    Honda Accord
  • Honda City Hatchback
    Honda City Hatchback
Mobil Honda

GIIAS 2022

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Honda Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Honda

Bandingkan & Rekomendasi

Artikel Mobil Honda dari Carvaganza

Artikel Mobil Honda dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Review
  • Artikel Feature