Oto
jakarta-selatan

Pakai Honda Civic Type R, Jenson Button Kembali Pecahkan Rekor

  • 14 Mei, 2019
  • 700 Kali Dilihat

Mantan pembalap F1, Jenson Button, mencetak sejarah di sirkuit balap Mount Panorama, Bathrush. Bersama Civic Type-R, ia meraih rekor lap time baru. Dengan spesifikasi standar pabrikan, mereka berhasil mencetak waktu 2 menit 35,207 detik (2:35,207) di trek terbaik di Australia. Sirkuit ini sangat menantang bagi setiap pembalap.



Pasalnya, trek biasa digunakan sebagai jalan umum selama 350 hari setahun, saat tidak ada balapan. Mount Panorama memiliki panjang 6.213 km. Ada 23 tikungan dan selisih 174 meter dari titik terendah hingga tertinggi. Serta tingkat kecuraman 1:6 atau lebih dari 16%. Sebelumnya, Jenson sempat memegang rekor lap time dengan waktu 1:48,8 menit. Tapi menggunakan mobil F1 di ajang Australia Grand Prix 2011 lalu.


Ajang time attack di Bathrust terinspirasi dari kompetisi Type R Challenge 2018. Rekor teranyar memecahkan kecepatan yang sebelumnya dipegang Civic Type R generasi lawas. Acara ini juga bagian dari perayaan ulang tahun ke-50 Honda Australia. Ini kali pertama, Type R Challenge diadakan di luar wilayah Eropa.



Jenson Button dipilih sebagai salah satu dari lima pembalap. Sebelumnya, ia mengikuti Type R Challenge 2018 di Eropa. Button mencetak lap time 2:10,19 menit di Sirkuit Hungaroring Grand Prix Hungaria. “Sirkuit Mount Panorama memiliki keunikan sebagai salah satu trek balap Australia. Sehingga menjadi suatu keistimewaan bagi tim Honda Australia, untuk mengikuti tantangan time attack di sini bersama Civic Type R. Terutama bersama dengan Button di balik kemudi,” ujar Stephen Collins, Direktur Honda Australia.


Catatan waktu terbaik 2:35,207 menit, dicapai melalui uji coba sebanyak 14 kali. Dilakukan dalam sesi sepanjang satu jam di pagi hari, serta sesi 10 menit di sore hari. Dengan mengandalkan pengalaman balap selama 17 tahun di 306 ajang balap, Button dapat melibas trek sulit dengan enteng.



“Saat mencapai puncak, Type R melaju dengan sangat cepat. Sehingga rasanya sangat menyenangkan, ketika terbiasa dengan ritme dan pengendalian kecepatannya. Catatan waktu ini adalah pencapaian yang sangat baik untuk mobil berpenggerak roda depan. Bahkan dalam cuaca panas. Saya pikir, bila cuacanya dingin maka Type R dapat sedikit lebih kencang. Tetapi saat ini saya sudah mendapatkan semua yang saya butuhkan dalam sebuah mobil. Civic Type R adalah mobil standar produksi massal yang sangat fantastis,” ucap Button.


Generasi Honda Civic Type R anyar didesain untuk memberikan pengalaman berkendara yang mengesankan di segmen hot hatch. Pembuktian rekor catatan waktu menjadi cara Honda, dalam mengkampanyekan mobil berperforma. (Alx/Odi)


Baca Juga: Begini Paket Modifikasi Mugen Untuk Honda Civic Type R

kali dibagikan

Harga dan Promo Varian Civic Type R

  • 6-Speed MT | Rp1,05 Milyar (OTR)
    DP (mulai dari) Rp210,92 Juta
    Angsuran Rp23,69 Juta
    Tenor 60 Months
    Lihat Promo

Video Honda Civic Type R

Lihat video terbaru Honda Civic Type R untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Mobil Pilihan

  • Populer
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi