Jenson Button Tuntaskan Rekor Honda Civic Type R di Hungaroring

Honda Civic Type R Challenge 2018 berakhir di sirkuit Hungaroring. Tahap pamungkas menjadi saksi keperkasaan Honda Civic Type R sebagai mobil penggerak roda depan (FWD) tercepat, setidaknya di 5 sirkuit ternama Eropa. Jenson Button, sang jawara Formula One yang sekarang jadi pembalap NSX Super GT, didaulat sebagai pembesut hot hatch terbaru Honda ini.



Catatan waktu 2 menit 10,19 detik sudah cukup bagi Honda Civic Type R untuk memegang rekor mobil FWD tercepat sirkuit Grand Prix di Hungaria. Trek sepanjang 4,38 km yang penuh tikungan, sudut 180 derajat dan chicane rumit, menjadikan Hungaroring sebagai sirkuit paling teknikal di Eropa.


Sekaligus juga tempat paling tepat mendemonstrasikan kemampuan Adaptive Damper System Civic Type R yang mampu beradaptasi dengan karakter berkendara. Ketajaman pengendalian yang ditopang konstruksi suspensi hebat, ditambah setelan kemudi unik dan paket aerodinamika di bodi, menunjang kemampuan Button dalam mengamankan rekor.


Pria Inggris itu mengekspresikan keberhasilannya, “Kami datang ke Hungaroring, tempat saya memenangkan balapan F1 pertama saya di 2006 dengan Honda, untuk mencetak rekor mobil produksi FWD dalam Type R terbaru, dan saya sangat senang kami berhasil melakukannya!”



Button pun sangat mengapresiasi performa Civic Type R yang luar biasa. “Pertama saya menyadari ketika keluar dari pit adalah betapa netral mobil ini. Saya datang dari latar belakang yang tidak fokus pada penggerak roda depan (FWD), sehingga sangat berbeda bagi saya tapi karena Type R sangat seimbang, jadi begitu menyenangkan dan lebih natural,” ungkapnya.


Dengan demikian, tuntas sudah kelima tantangan dalam Type Challenge 2018. Lima sirkuit sudah ditaklukkan, di luar Nurburgring yang menjadi catatan rekor penting bagi Civic Type R FK8. Pertama di Magny Cours, Prancis, dikendari Esteban Guerrieri. Kedua Spa-Franchorchamps, Belgia, dinahkodai Bertrand Baguette. Ketiga Silverstone di Inggris, dicetak oleh Matt Neal. Keempat Estoril di Portugal, melalui Tiago Monteiro, lalu terakhir di Hungaroring. Total keenam rekor membuktikan Civic Type R sebagai mobil tercepat di kelasnya.


Program Type R Challenge merupakan pengulangan tantangan yang sama pada 2016. Saat itu menggunakan Civic Type R generasi sebelumnya dengan kode sasis FK2. Semua rekor dipecahkah oleh Type R FK8 untuk membukukan patokan waktu terbaru yang semakin cepat. Sebuah pencapaian hebat dalam mempertontonkan kemahiran para insinyur Honda.


Unit Civic Type R digunakan dalam keadaan standar tanpa modifikasi. Mengusung mesin 4-silinder 2,0-liter turbo yang mampu meletupkan tenaga 316 hp dan torsi 400 Nm. Tersalur ke roda depan melalui transmisi manual 6-percepatan, dapat berakselerasi 0-100 km/jam dalam 5,7 detik dan kecepatan puncaknya 272 km/jam. (Odi/Van)


Baca Juga: GIIAS 2018, Ini Detail Spesifikasi Audi RS 5 Coupe

Jelajahi Honda Civic Type R

Bandingkan & Rekomendasi

    • Overview
    • Tentang Kami
    • Kontak Kami
    • Others
    • Kebijakan Privasi
    • S&K
    • Dapatkan di Google Play
    • Tersedia di App Store