jakarta-selatan

Begini Paket Modifikasi Mugen Untuk Honda Civic Type R

  • 14 Jan, 2019
  • 4436 Kali Dilihat

Produsen komponen modifikasi khusus Honda, Mugen, pamer aksesori untuk Civic Type R. Melalui otomotif Tokyo Auto Salon 2019, sedan performa milik Honda, terlihat ditransformasi gila-gilaan, memakai material karbon fiber.



Dinamai RC20GT, paket modifikasi ini sebenarnya sudah pernah dikenalkan tahun lalu. Namun, yang diboyong kali ini, versi pra-produksinya. Penggemar tuning JDM harus menunggu sampai produk massalnya resmi dipasarkan. Walau begitu, besar kemungkinan wujud akhirnya nanti tak bakal jauh berbeda. 


Body kit Mugen, yang membungkus wajah Civic Type R, dipenuhi garis tegas dan dalam. Bumper besarnya dipasangkan dengan grille berukuran masif di tengah. Ukurannya bahkan mendominasi hingga bagian bawah bumper. Uniknya, kisi-kisinya seperti terinpirasi dari Audi. Bagaimana tidak? Bentuknya berupa oktagon atau segi delapan, yang sering dipakai pabrikan asal Eropa itu. Entah apa alasan tim desainer Mugen memilihnya.



Emblem Mugen ditempelkan, menggantikan logo H di depan. Kap mesinnya dibuat garang, lewat adanya aksen mirip insang ikan di kedua sisi. Spion ikut dimodif, dengan penambahan 3 gundukan kecil di atasnya. Tampaknya fitur itu ditujukan untuk mengarahkan aliran udara. Tampilan sampingnya, diperkuat pelek berukuran 20 inci berdesain palang tipis dengan bagian tengah berbentuk segi lima.


Ubahan pada bagian belakang tak kalah seru. Lagi-lagi bumper besar melingkupi, berpadu bersama diffuser yang memberikan aura sporty. Mugen juga mengganti lampu belakangnya menjadi semakin dinamis. Lalu di bagian pintu bagasi terdapat spoiler besar. Bagian interior tak dijabarkan secara jelas. Hanya terlihat jok bucket dengan sabuk pengaman empat titik menghiasi.



Jeroan juga diutak-atik. Knalpot dengan tiga lubang bawaan pabrik, digantikan single exhaust yang terbuat dari titanium. Begitu pula suspensi dan sistem pengeremannya, agar dapat menunjang performa berkendara menjadi lebih baik. Namun, tak diketahui komponen apa yang disematkan oleh Mugen ke dalamnya.


Sektor pendorong mekanisnya tak disentuh. Meski begitu, ubahan sistem pembuangan gas hasil pembakaran, harusnya mempengaruhi kemampuan mesin. Setidaknya keluaran tenaganya bertambah sedikit. Mugen hanya mengungkapkan, paket aksesori ini dapat meningkatkan kinerja pendinginan mesin dan aerodinamika kendaraan.


Tak tertarik dengan paket aksesori RC20GT? Mugen juga menghadirkan pilihan lain yang tak terlalu ekstrem. Desainnya lebih lembut dan tak mengubah rupa dramatis, tetapi tetap terkesan garang, khususnya di bagian belakang. Sayangnya, produk ini masih berupa purwarupa, Mugen tengah mengembangkannya agar segera diproduksi. (Hfd/Odi)


Baca Juga: Honda Siapkan Accord 1,5 Liter Turbo di Indonesia, Ini Bocoran Harganya

kali dibagikan

Harga dan Promo Varian Civic Type R

  • 6-Speed MT | Rp1,03 Milyar (OTR)
    DP (mulai dari) Rp158,06 Juta
    Angsuran Rp44,68 Juta
    Tenor 24 Months
    Lihat Promo

Video Honda Civic Type R

Lihat video terbaru Honda Civic Type R untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Mobil Pilihan

  • Populer
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi