jakarta-selatan
kali dibagikan

Mazda2 Varian Termurah, Pantaskah Dibeli?

  • 03 Des, 2019
  • 5685 Kali Dilihat

Mazda2 facelift menawarkan dua varian. Opsi termurahnya, R yang berbanderol Rp 285,3 juta (OTR) Jakarta. Harga itu berbeda signifikan dengan generasi sebelumnya, atau lebih tepatnya mengalami penurunan. Dengan banderol segitu dan fitur yang dimiliki, pantaskah Mazda2 varian R dibeli?


Mazda2 2019


Bila melihat tampilannya, terdapat beberapa ubahan yang membuatnya makin atraktif. Desain Kodo yang dianut pada model terdahulu tetap diterapkan, tapi ada tambahan grille baru lebih tegas beraksen kromium membentuk sayap. Ia menghubungkan kedua sektor penerangan yang sudah berteknologi LED. Sektor rumah lampu kabut dibenahi. Jadi lebih bersih dan diganti lampu lebih kecil. Sisi bodi dilengkapi pelek alumunium 15 inci yang dipasangkan ban 185/55. Di atasnya terdapat spion streamline yang dapat dilipat dan diatur secara elektrik.


Kendati varian murah, teknologi Mazda2 R terbilang lengkap. Lampu utamanya dibekali pengatur arah pencahayaan otomatis. Setelannya mengikuti bobot yang diterima mobil, sehingga sorotan cahaya tetap ke depan dan tak menyilaukan pengendara lain. Fitur untuk mengakses mobil juga mumpuni, berkat teknologi keyless. Pengemudi bisa membuka dan mengunci mobil tanpa perlu mengoperasikan anak kunci. Cukup tekan tombol di gagang pintu, sambil mengantongi kunci pintar, mobil sudah bisa diakses. Tentunya perangkat itu juga didukung sistem menyalakan dan mematikan mesin lewat tombol.


Interior punya tatanan yang terkesan mewah dan elegan. Jok berbalut kain pada model facelift direvisi Mazda. Bentuknya dibuat lebih nyaman, dan tak bikin penggunanya cepat lelah. Material kulit diterapkan pada beberapa komponen, seperti kemudi dan tuas transmisi. Nuansa mewah diperkuat adanya Multi Information Display (MID) dan tachometer digital, memudahkan pengemudi mendapatkan informasi terkait kendaraan.



Peranti hiburan MZD Connect, berupa head unit layar sentuh 7 inci TFT yang bertengger di atas dasbor. Ia dihubungkan ke enam speaker yang tersebar di berbagai area. Tak hanya dapat memutar hiburan seperti radio atau sambungan AUX, tapi juga terkoneksi dengan smartphone untuk mengakses aplikasi di dalamnya. Perangkat itu tak hanya bisa diatur melewati tombol fungsi di kemudi, tapi juga pengontrol di konsol tengah. Kenyamanan seluruh penumpang turut ditopang pendingin kabin yang ventilasinya terletak di depan, juga sudah punya climate control.


Dapur pacu Skyactiv-G 1,5 liter, konfigurasinya mampu menyemburkan tenaga puncak 111 PS di putaran 6.000 rpm. Produksi momen puntirnya mencapai 144 Nm yang keluar di 4.000 rpm. Ini disalurkan ke roda depan melalui sistem transmisi otomatis 6-speed. Rentang gigi sebanyak itu, mampu memberikan fleksibilitas berkendara dalam berbagai kondisi. 


Suplai bahan bakarnya berasal dari tangki berkapasitas 44 liter. Mazda2 facelift mampu menjaga efisiensi konsumsi bensin berkat adanya idling stop system (i-Stop). Namun, keseruan berkendara tetap bisa didapatkan lewat kombinasi perpindahan gigi manual dan mengaktifkan mode berkendara Sport.


Performa pengendalian dipastikan optimal. Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA) diaplikasikan, sehingga proses pengereman dan manuver lebih aman, khususnya dalam kondisi darurat. Dynamic Stability Control (DSC) dan Traction Control (TCS) tersedia, guna mencegah terjadinya gejala oversteer atau understeer. Tak hanya itu, ada Hill Launch Assist (HLA) yang membantu pengemudi ketika terjebak di jalur menanjak. Ini memudahkan pengemudi saat mau berakselerasi kembali, proses pemindahan kaki dari pedal rem ke gas tak perlu terburu-buru.



Rasa aman juga didapat ketika parkir. Varian R dipasangkan kamera belakang dengan garis bantu statis. Tambah lagi sensor belakang, kian mengamankan kala parkir. Keselamatan penumpang di dalam terjaga, berkat kantung udara ganda untuk penumpang depan dan pengemudi. Sabuk pengaman tiga titik dengan load limiter dan pretensioner, sehingga entakan bisa direduksi agar tak melukai. Lalu ISOFIX dan pengaitnya terpasang di belakang untuk mengamankan kursi khusus anak.


Tentang harga, Mazda2 facelift memang masih lebih mahal ketimbang kompetitor. Namun melihat segudang fitur pada ke dalam Mazda2 facelift varian R, ia tentu pantas untuk dimiliki. Performa pun tak kalah dengan pesaingnya. Apalagi penampilan, Mazda2 terkesan begitu mewah, membuat siapa saja yang menggunakan lebih percaya diri dan eksklusif. (Hfd/Tom)


Baca Juga: Mazda2 Anyar Punya Dua Varian, Begini Detailnya

  • Tampak Depan Bawah Mazda 2
  • Tampak samping 2
  • Tampak Depan Mazda 2
  • Tampak belakang 2
  • Tampak Grille 2
  • Lampu depan 2
  • lampu belakang 2
  • Mazda 2 Drivers Side Mirror Front Angle
Mazda 2
Rp 290,6 - Rp 328,6 Juta
Lihat Promo

Harga dan Promo Varian Mazda 2

  • R AT | Rp 291 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp 40 Juta
    Angsuran Rp 6 Juta
    Tenor 60 Months
    Lihat Promo
  • GT AT | Rp 329 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp 49 Juta
    Angsuran Rp 7 Juta
    Tenor 60 Months
    Lihat Promo

Video Mazda 2

Lihat video terbaru Mazda 2 untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Mobil Mazda Pilihan

  • Populer
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi