Land Rover Ungkap Wujud Velar, Debut di Geneva

Land Rover Ungkap Wujud Velar, Debut di Geneva
Gambar
Review Pengguna

Land Rover baru saja merilis secara resmi tampilan Range Rover Velar yang akan menjadi SUV terbaru mereka. Velar akan masuk dalam jajaran keluarga Range Rover. Posisinya berada di antara Ranger Rover Sport dan Evoque dan diproyeksikan sebagai penantang serius Porsche Macan.

Awalnya, mobil ini mengundang spekulasi mengenai penamaan yang hendak diberikan. Mulai dari Range Rover Sport Coupe hingga Grand Evoque, yang akhirnya dimentahkan oleh Landy dan mengkonfirmasi nama Velar.

Nama Velar sendiri bukanlah nama baru. Kata yang diambil dari bahasa Latin “Velare” ini digunakan sebagai kode mobil prototip yang hanya diproduksi beberapa unit saja pada tahun 1969, sebelum nama Range Rover digunakan. Dapat dikatakan, inilah pionir SUV premium Land Rover yang merupakan cikal bakal lahirnya Range Rover.

Land Rover baru merilis satu gambar yang mengambil sudut dari atas belakang. Terlihat jelas, Landy ingin memamerkan atap panoramic yang luasnya hampir seluruh atap Velar. Belum tampak desain keseluruhan yang menunjukkan apa bedanya Velar dengan Evoque ataupun RR Sport. Kemiripan tetap ada dengan lineup Range Rover lainnya. Tapi lampu belakang menyatu dengan garnish bertuliskan Range Rover, adalah perbedaan utama Velar.

LR_New_RR_Family_Line_Drawing_Tease_Image_170217

Dari atapnya yang bening, terpampang sedikit desain interiornya. Layar monitor berukuran cukup besar, mendominasi center stack. Sementara tombol-tombol pengatur AC dan lainnya, terpisah di bawah meski tidak tergambar bagian konsol tengahnya. Desain interior tampak sederhana karena serba polos tanpa bermain banyak lekukan. Sepertinya akan memiliki pola yang sama dengan interior Evoque. Berbagai tombol pengaturan akan berpusat di konsol tengah, termasuk tuas transmisi model kenop.

Pihak Land Rover masih menutup rapat mengenai detil dan spesifikasi. Namun tidak demikian soal platform yang menjadi konstruksi SUV ini. Sasis saling berbagai dengan Jaguar F-Pace yang menggunakan IQ platform bermaterialkan aluminium. Platform ini memang dikembangkan dengan pendekatan performa di jalan mulus ketimbang kapabilitas off-road. Sehingga mudah untuk diambil kesimpulan, Velar dirancang dengan karakter mirip Evoque daripada Range Rover tulen.

Tidak ada bocoran soal mesin yang bakal menjadi jantung mekanis Velar. Besar kemungkinan memiliki beberapa pilihan mesin, mulai dari 4-silinder hingga V6, yang sama seperti Evoque dan RR Sport. Tak ketinggalan mesin V8 untuk varian performa tinggi, dan tentunya plug-in hybrid.

Rasa penasaran itu semua akan terbayar lunas saat Land Rover membuka selubung Velar di Geneva Motor Show 2017 tanggal 1 Maret.

Baca Juga: Puluhan Mesin Jaguar Land Rover Raib Dirampok

Sumber: Newspress, Carscoops, Motorauthority

Jelajahi Land Rover Range Rover Sport

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store