10 Mesin Terbaik 2018 Menurut WardsAuto

10 Mesin Terbaik 2018 Menurut WardsAuto

WardsAuto, media otomotif yang rutin menyelenggarakan penghargaan mesin mobil terbaik. Tahun ini memasuki yang ke-24 penghargaan Wards 10 Best Engines. Ya, mereka memilih 10 pemenang dari puluhan nominasi yang diuji langsung oleh para editor WardsAuto. Untuk 2018, total 32 mesin dan sistem elektrik dievaluasi serta diuji di berbagai kondisi jalan. Ada fakta menarik dari 10 mesin terpilih sebagai pemenang, tidak ada pabrikan Jerman di antaranya dan empat mesin listrik sekaligus berhasil terpilih menjadi 10 terbaik.

Chevrolet Bolt EV

Chevrolet Bolt EV

Menurut WardsAuto, Bolt memiliki perpaduan terbaik antara performa dan daya jelajah. Motor listriknya mampu menghasilkan tenaga 200 hp dan torsi 360 Nm. Transmisi menggunakan Electronic Precision Shift single-speed untuk menggerakkan roda depan (FWD). Dengan daya baterai 60 kWh, akselerasi 0-100 km/jam hanya perlu 7 detik dan kecepatan puncak 146 km/jam. Jarak yang ditempuh mencapai 368 km. Bahkan lebih jauh daripada Tesla Model 3 sebagai pesaingnya. Pantas saja mobil ini dianugerahi banyak penghargaan dari media ternama. Salah satunya Time Magazine yang memasukkan Bolt dalam Best 25 Inventions of 2016.

Chrysler Pacifica Hybrid

Chrysler Pacifica Hybrid

Mesin Pentastar V6 DOHC berkapasitas 3,6-liter milik Pacifica ada yang dipasangkan dengan motor listrik untuk tipe Hybrid dan ada yang tidak. Tentu saja versi Hybrid lebih menarik, karena menggunakan baterai lithium-ion 16 kWh sehingga memiliki daya jelajah mode listrik sejauh 53 km. Saat beroperasi di mode hybrid, Pacifica merupakan minivan paling irit di pasar Amerika Serikat dengan konsumsi BBM kombinasi 32 mpg (13,2 km/liter). WardsAuto memuji kehalusan mesin dan kinerja sistem stop-start yang bekerja mulus.

Ford F-150

Ford F-150

Jarang-jarang truk pikap bermesin bensin masuk dalam daftar pemenang dari Wards. Semua ini berkat peran teknologi Ecoboost di mesin V6 2,7-liter turbo. Tergolong kecil untuk sebuah pikap besar, tapi diklaim sama potensialnya dengan mesin naturally aspirated V8. Tenaga dihasilkan sebesar 325 hp dengan torsi 509 Nm. Bahkan, output mesin versi V6 lain yang kapasitas mesinnya 3,5-liter kalah. System injeksi langsung dan turbocharger menjadi faktor penting di mesin ini.

Ford Mustang GT

2018 Ford Mustang GT

Mustang juga mendapat beberapa pilihan mesin sama seperti Ford F-150. Tapi yang masuk dalam 10 besar mesin terbaik bukanlah versi Ecoboost, melainkan V8 DOHC 5,0-liter untuk varian GT. Tenaga 460 hp dan torsi 570 bukanlah yang terbesar dalam lini Mustang. Masih ada Mustang GT350 dengan mesin V8 5,2-liter 526 hp dan torsi 582 Nm.

Honda Clarity

Mobil fuel-cell Honda Clarity masuk dalam pemenang berkat perpaduan mesin listrik dan bahan bakar hidrogen untuk menghasilkan zero emission. Konsumsi bahan bakar standar Evironmental Protection Agency (EPA) kombinasi mencapai 67 mpg-e (28,5 km/liter). Sangat irit sehingga mampu menjelajah sejauh 589 km.

Honda Civic Type R

Civic Type R tetap setia dengan mesin 4-silinder 2,0-liter. Tapi sejak generasi keempat (FK2), sudah mengandalkan turbocharger agar lebih mendongkrak tenaganya. Masih memakai mesin berkode K20C1 yang sama, tenaga Type R FK8 tembus 316 hp. Menjadikannya salah satu mobil 4-silinder paling bertenaga di dunia dan menyandang gelar FWD tercepat di Nurburgring. Tak ayal mobil ini laku ketika dijual di Indonesia.

Infiniti Q50

Dari 3 pilihan mesin di Infiniti Q50, mesin V6 3,0-liter twin-turbo berhak menjadi pemenang di penghargaan mesin terbaik. Mesin VR30DDTT menciptakan tenaga 400 hp dan torsi 475 Nm. Wards menilai mesin ini sangat halus dan torsi berlimpah sejak putaran rendah.

Jaguar XF

JaguarXF0915(6)

Dari sekian banyak pilihan mesin di Jaguar XF, Wards memilih mesin terendah sebagai salah satu pemenang. Apalagi kalau bukan kehebatan mesin 4-silinder 2,0-liter turbo dalam kombinasi kecepatan dan efisiensi bahan bakar. Tenaganya cuma 238 hp dan torsi 340 Nm, namun akselerasi 0-100 km/jam secepat 7 detik sudah sangat cukup dinikmati selain kenyamanannya.

Kia Stinger

Pabrikan Korea ini menunjukkan jati dirinya dalam membuat sedan sport yang menyenangkan. Kia merancang Stinger di luar pakem sedan pada umumnya sekarang ini. Apalagi kalau bukan layout FR (front-rear) atau AWD yang membuat Stinger begitu nikmat dikemudikan. Versi GT mengadopsi mesin V6 3,3-liter twin-turbo dengan tenaga mencapai 365 hp.

Toyota Camry Hybrid

Versi Camry untuk pasar AS yang mengalami penyegaran model 2018. Efisiensi bahan bakar menjadi faktor terpenting dalam versi Hybrid. Mesin A25A-FXS 4-silinder 2,5-liter masih sama tapi sudah diupdate. Tenaga bertambah jadi 208 hp, begitu pula dengan konsumsi bahan bakarnya. Untuk rute kombinasi mencapai 52 mpg (22,1 km/liter), ternyata setara dengan Toyota Prius. (Odi/RS)

Baca juga: 10 Mobil 4-Silinder Paling Bertenaga Saat Ini

Sumber: WardsAuto

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store