jakarta-selatan
kali dibagikan

Puluhan Mesin Jaguar Land Rover Senilai Rp 70 Milliar Diangkut Perampok

  • 06 Feb, 2017
  • 2006 Kali Dilihat

Pabrik Jaguar Land Rover di Solihull, Inggris, disatroni perampok. Tak main-main, beberapa trailer penuh mesin mobil mewah asal dua merek ini, digasak tanpa menimbulkan kecurigaan dari pihak keamanan. Kerugian yang diderita perusahaan, diperkirakan mencapai Euro 5 juta atau sekitar Rp 70 milliar.


“Para perampok masuk dan keluar sangat cepat, tak lebih dari 6 menit,” ujar salah seorang sumber yang dikutip Birmingham Post (3/2). Kejadian ini terjadi Selasa malam, pekan lalu. Pihak Jaguar Land Rover belum merilis informasi apa-apa terkait perampokan ini, namun kerugian yang didera pasti lebih dari Rp 40 milliar, bahkan bisa mencapai 70 milliar jika trailer yang diangkut dalam kondisi penuh.


Trailer berdaya angkut 40 ton ini, dapat diisi penuh oleh mesin canggih Jaguar dan Land Rover sebanyak 40 unit. Semua mesin sudah dikondisikan dalam sebuah trailer di dekat bangunan pabrik. Biasanya, trailer seperti ini, sudah disiapkan untuk memindahkan mesin ke lokasi lain ataupun dikirim ke luar pabrik.


Land-Rover-logo-2


Para perampok ditengarai menggunakan sebuah kepala truk (tractor head) dan masuk melalui pintu dengan penjagaan. Setelah masuk, mereka kemudian menyambungkan truk dengan trailer, lalu membawa trailer yang sudah berisi mesin ke luar pabrik.


Dalam satu malam, perampok ini melakukan dua kali pengambilan dengan truk yang sama. Bahkan, polisi menduga, ada sebuah lokasi yang dijadikan lahan untuk menurunkan trailer dari pengangkutan pertama untuk melakukan pengambilan berikutnya. Pihak penjaga pun tak ada yang curiga. Pasalnya, para perampok menunjukkan surat berwarna kuning, yang biasanya digunakan mengirim barang antar-pabrik tanpa perlu diperiksa.


2017-Jaguar-XE-PLACEMENT-626x382


“Trailer curian yang sudah kosong ditemukan. Akan ada imbalan bagi yang memberikan informasi tentang keberadaan mesin-mesin ini pada pihak kepolisian,” ujar rilis Kepolisian West Midlands seperti dirilis Birmingham Post.


Pencurian serupa sempat terjadi beberapa tahun lalu. Metode dan strategi perampokannya pun sama persis. Ketika itu, truk masuk dengan santai ke dalam pabrik, lalu mengaitkan trailer dan memboyongnya ke luar pabrik untuk dikosongkan kemudian di daerah pedesaan.


Ketika itu, tak kurang 5 orang ditahan dan dijerat hukuman penjara serta denda. Sayangnya, hingga berita ini diturunkan, belum ada informasi resmi dari pihak Jaguar Land Rover Inggris selaku prinsipal mobil mewah asal Britania Raya itu.


Baca Juga:  Jaguar E-Pace Terkamuflase Tertangkap Kamera


Sumber: Birmingham Post, Carscoops

Promo Populer di Jakarta Selatan

Video Land Rover Discovery Sport

Lihat video terbaru Land Rover Discovery Sport untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Mobil Jaguar Pilihan

  • Populer
  • Komparasi