jakarta-selatan
kali dibagikan

Range Rover Sport Menerima Tantangan Downhill di Pegunungan Alpen

  • 09 Nov, 2016
  • 2471 Kali Dilihat

Land Rover mempertunjukkan kemampuan Range Rover Sport dengan cara yang ekstrem dan memukau. Bayangkan, SUV ini digeber menuruni Inferno downhill ski course di pegunungan Alpen, Murren, Swiss, yang biasa menjadi trek ski. Ketinggian tercatat 2.970 meter, total panjang trek 14,9 km dan kemiringan hingga 75 persen dengan kecepatan mencapai 100 km/jam. Hanya ‘orang gila’ yang berani menerima tantangan tersebut dan orang itu adalah Ben Collins, pembalap asal Inggris yang juga terkenal sebagai pemeran ‘The Stig’ di serial televisi Top Gear.


Ranger Rover Sport merupakan kendaraan pertama yang berusaha menaklukkan jalur ski Inferno. Ben Collins bernyali sangat besar menggeber SUV mewah ini menuruni bukit dengan kecepatan tinggi. Skill-nya sebagai seorang pembalap diuji, begitu pula dengan Range Rover Sport yang sarat akan sistem canggih. Keduanya pun berhasil mencapai garis finish dalam waktu 21 menit 36 detik tanpa terjadi insiden apapun.


Sepanjang jalur dengan ketinggian 2.169 meter, Ben Collins mengikuti trek Inferno Murren yang merupakan salah satu trek downhill ski tertua dan paling menantang. Karena belum memasuki musim dingin, tidak semua permukaan jalan tertutup oleh salju. Tapi tetap kondisi trek sangat beragam mulai dari salju, es, bebatuan, lumpur, aspal rusak, rerumputan dan gravel. Berkat teknologi Land Rover Terrain Response yang dimiliki Range Rover Sport, membuat seolah tidak ada halangan sama sekali dalam melewati beragam permukaan jalan tersebut.


Ranger Rover Sport menuruni bukit


Kemampuan Ben Collins benar-benar diuji ketika harus memaksakan Range Rover Sport hingga batasnya, melewati tikungan-tikungan tajam yang terjal dan langsung berhadapan dengan jurang. “Ini adalah salah satu tes terberat yang pernah saya hadapi sepanjang karir saya. Rute ini gila dan jelas yang terberat yang pernah saya lewati. Sangat menantang dengan beragam obstacle terutama lava cair yang semakin memburuk, cuaca ekstrem dengan tebing-tebing, pepohonan, dan rintangan lainnya yang tentu tidak ingin untuk ditabrak.” Ujar Ben.


Ada dua yang dapat keluar sebagai pemenang, gunung atau mobil. Ben menuturkan kunci utama agar tetap bertahan di jalurnya yaitu dengan selalu menjaga kecepatan tetap konsisten dan menikung sebersih mungkin. Teknologi yang terkandung dalam Range Rover Sport pun sangat membantu. Terutama saat melewati permukaan licin di rerumputan yang sama bahayanya dengan permukaan es.


Teknologi Terrain Response memiliki enam mode akan beradaptasi sesuai permukaan jalan yang akan dilewati. Contohnya dalam mode Dynamics, Anti-Roll Bar dibuat lebih kaku untuk mengurangi body roll, mode Grass/Gravel/Snow mencegah under atau over steer dengan menerapkan engine brake, dan mode Mud dan Rut, differential belakang dikunci untuk menjadi traksi roda. Range Rover Sport yang digunakan bertenaga bensin V8 5,0-liter supercahrged bertenaga 510 hp. Untuk menjaga keamanan pengemudinya, dipasang roll cage di interior dan sabuk pengaman empat titik.


Baca Juga: Land Rover Discovery Terbaru Segera Diperkenalkan


Sumber: Newspress US


Promo Populer di Jakarta Selatan

Mobil Land Rover Pilihan

  • Populer
  • Komparasi