Deretan 10 SUV Dengan Top Speed Terkencang di Dunia Saat Ini

Deretan 10 SUV Dengan Top Speed Terkencang di Dunia Saat Ini

Sejatinya, mobil jenis SUV (Sport Utility Vehicle) diciptakan sebagai kendaraan dengan utilitas. Ia memiliki kemampuan yang memadai untuk beragam aktivitas. Padahal awalnya SUV kurang begitu populer karena dikenal punya dimensi yang besar, bobot yang berat dan performa yang pelan di lintasan aspal.

Ia dikenal karena kemampuan angkutnya yang besar, daya jelajah dan ground clearance tinggi yang bisa digunakan untuk melahap berbagai jenis jalan. Tetapi seiring berjalannya waktu, perkembangan teknologi dan trend industri otomotif mulai menggeser stigma ini. Belakangan ini banyak produsen mobil yang mencoba menciptakan SUV bermesin supercar.

Hampir semua produsen mobil di dunia saat ini punya SUV di jajaran lini produknya. Bahkan produsen mobil sport dan hypercar sekalipun. Walhasil, saat ini banyak lahir SUV ‘gila’ yang dibekali mesin supercar. Bahkan performanya di atas lintasan bisa menandingi kemampuan mobil sport sekalipun. Berikut ini kami ulas 10 SUV paling kencang lengkap dengan kecepatan maksimumnya yang kami rangkum dari beberapa sumber.

Mercedes-AMG G63

1. Mercedes-AMG G63 (240 km/jam)

Mercedes-Benz G-Class memang sudah terkenal sejak lama sebagai kendaraan serba bisa. Kemampuannya yang melegenda membuat dirinya digunakan di banyak negara sebagai kendaraan pengawalan presiden. Tak hanya punya kemampuan offroad yang sangat baik, citra mewah Mercedes-Benz dan performanya pun sangat dibutuhkan untuk kepentingan pengawalan VIP.

Tak aneh kalau divisi Motorsports Mercedes-Benz, AMG, sampai menciptakan versi yang lebih buasnya. Mercedes-AMG G63 dilengkapi lagi dengan fitur-fitur berteknologi tinggi. Sebut saja adaptive damping suspension dan adaptive cruise control yang membuatnya tak hanya jago melindas medan offroad ekstrim, tetapi juga tetap berhasil menjaga kenyamanan setiap penghuni kabinnya.

Seluruh penumpang dihibur sistem multimedia layar sentuh berukuran 12,3 inci, wireless smarthone charging pad, 64-color LED ambient lighting hingga jam analog dashboard buatan IWC. Tetapi yang paling menonjol dari mobil ini jelas mesin AMG performance biturbo 5.5 liter V8 yang bertenaga 577 hp. Akselerasi 0-100 km/jam dapat dicapai dalam 4,5 detik dan kecepatan maksimumnya tembus 240 km/jam.

Model ini turut dijual di Mercedes-Benz Indonesia. Bagi yang berminat harus siap-siap merogoh kocek sampai Rp 5,845 miliar. Top.

Audi SQ7 TFSI 2021

2. Audi SQ7 (250 km/jam)

Audi memang punya reputasi sebagai pembuat mobil berperforma tinggi. Kali ini portofolionya mereka perluas ke segmen SUV. Bukti terahirnya Audi SQ7 yang lebih agresif daripada Audi Q7 standar. Untuk mencapai standar high performance, Audi sekaligus mengubah keseluruhan Q7 menjadi berpenampilan jauh lebih sportif.

Mesin 4,0 liter twin-turbo V8 yang dipakai menghasilkan tenaga 500 hp. Akselerasi 0-100 km/jam dapat ditunaskan dalam 4,1 detik. Kecepatan maksimumnya bisa mencapai 250 km/jam.

Diperkenalkan pertama kali pada September 2005 bersamaan dengan Frankfurt Motor Show. SUV 7 penumpang ini berbagi platform dengan Volkswagen Group MLB, sasis yang juga digunakan oleh Bentley Bentayga, Lamborghini Urus, Porsche Cayenne dan Volkswagen Touareg.

Range Rover Sport SVR 2018

3. Range Rover Sport SVR (283 km/jam)

Penggemar SUV harusnya kenal Range Rover, sub-brand dari Land Rover yang memang dikenal sebagai produsen SUV overlanding paling tangguh sejagad raya. Range Rover memang diciptakan untuk menggapai pasar yang lebih luas. Makanya Range Rover punya lebih banyak produk yang di beberapa segmen kendaraan jenis SUV.

Salah satunya Range Rover Sport SVR. Titel Special Vehicle Racing menandakan kalau dirinya suda disentuh tangan dingin para insinyur divisi performa tinggi Jaguar Land Rover. Dikenalkan pertama kali pada 11 Agustus 2014 pada acara Pebble Bech. Performa mesin 5,0 liter supercharged V8 disulap hingga menggenerasikan 575 hp tenaga yang sanggup melesatkan Range Rover Sport SVR dari posisi diam sampai 100 km/jam dalam 4,3 detik. Kecepatan maksimumnya 283 km/jam.

Dikenalkan pada 4 Desember 2017, Urus baru diluncurkan ke pasaran setahun kemudian. Untuk memberikan perasaan kebanggaan bagi pemiliknya, Land Rover juga memberikan sentuhan detail eksterior untuk Range Rover Sport SVR. Liart saja kap mesin yang terbuat dari material carbon fiber. SUV ini juga dibekali SVR sport suspension untuk kemampuan manuver yang lebih stabil di kecepatan tinggi.

Baca juga: Ini Deretan Mobil dengan Nama yang Lucu dan Unik

Alfa Romeo Stelvio Quadrifoglio 2020

4. Alfa Romeo Stelvio Quadrifoglio (283 km/jam)

Usaha Alfa Romeo menggaet hati konsumen SUV berhasil. Produk pertamanya di segmen SUV, Alfa Romeo Stelvio Quadrifoglio merupakan mobil berperforma tinggi yang menakjubkan. Bayangkan saja, mobil dengan teknologi otonom (swakendali) tingkat dua ini dibekali karakter berkendara yang sportif.

Versi kencang Stelvio ini diperkenalkan pertama kali pada 15 November 2016 di ajang Los Angeles Auto Show. Awalnya menggunakan mesin 2.0 liter inlie-four turbocharged dan 2.2L diesel.

Edisi tertingginya Alfa Romeo Stelvio Quadrifoglio dibekali mesin 690T V6 bi-turbo yang berkapasitas 2,9 liter saja. Tapi mesin ang dikembangkan Ferrari itu punya tenaga 510 ps. Ia sanggup melesatkan mobil ini berakselerasi 0-100 km/jam dalam tempo 3,3 detik saja. Setelah itu, ia masih mampu lagi berlari hingga kecepatan maksimum 283 km/jam.

Porsche Cayenne Turbo 2018

5. Porsche Cayenne Turbo (286 km/jam)

Kalau Anda pernah naik mobil ini, Anda akan mengerti kalau saya bilang bahwa mobil ini bisa berlari lebih cepat dari beberapa mobil sport dua pintu yang ada saat ini. Belum lagi, kemampuan rekayasa para insinyur Porsche yang perfeksionis, sanggup menggabungkan performa lintasan balap dengan ketangguan manuver di medan offroad. Tak lupa juga, kenyamanan khas Porsche yang dikenal sebagai produsen mobil sport harian yang nyaman.

Saat ini Porsche Cayenne Turbo memakai mesin 4,0 liter twin-turbochraged V8 yang bertenaga 541 hp dengan torsi puncak 770 Nm. Akselerasi 0-100 km/jam tercatat 3,2 detik. Catatan ini lebih baik dari Ford Mustang Shelby GT350R. Kecepata maksimum 286 km/jam bisa dicapai dengan mudah dan Anda akan tetap merasa nyaman berkendara di dalamnya.

Karena mobil ini dibekali Porsche Active Suspension Management, layar multimedia raksasa berukuran 12,3 inci, heated and ventilated seats serta segudang fitur kemewahan lain. Jangan tanya soal fitur keselamatannya, sampai fitur automated emergency braing pun sudah disediakan untuk SUV gila berperforma tinggi yang nyaman ini.

Jeep Grand Cherokee Trackhawk 2018

6. Jeep Grand Cherokee Trackhawk (290 km/jam)

Tak lengkap rasanya membicarakan SUV tanpa mengulas produk dari brand Jeep. Ya, sama seperti Land Rover, Jeep dari dulu masih kukuh menjadikan dirinya sebagai produsen mobil yang hanya membuat kendaraan jenis SUV. Ia tak pernah dan sepertinya tak akan berpaling untuk membuat sedan ataupun mobil sport dua pintu.

Gatal ingin ikut terjun menciptakan mobil berperforma tinggi, Jeep menghadirkan Grand Cherokee Trackhawk. Mobil ini digadang memiliki performa yang dapat bersaing dengan mobil sport seperti Ferrari, Porsche hingga Lamborghini. Karena disetel untuk dipacu di lintasan balap, SUV ini dibekali fitur peningkatan performa seperti Launch Control hingga rem dari Brembo untuk deselarasi memadai.

Akselerasi 0-100 km/jam dapat dicapai dalam 3,5 detik. Catatan ini tak jauh berba dari mobil sport dua pintu Jaguar F-Type SVR. Mesin 6,2 liter HEMI V8 yang diambil dari Dodge Hellcat, memproduksi tenaga 707 hp yang cukup untuk melesatkan Jeep Grand Cherokee Trackhawk hingga kecepatan maksimum 290 km/jam.

Baca juga: Mengenal Seluk-Beluk Toyota Gazoo Racing, Beberapa Produknya Dijual di Indonesia

Dodge Durango SRT Hellcat 2021

7. Dodge Durango SRT Hellcat (290 km/jam)

Dodge memang kurang populer di Indonesia. Tetapi kalau Anda penggemar mobil sekaligus penggemar film Fast Furious pasti kenal Dodge Charger yang dipakai Vin Diesel bukan? Brand ini punya sederet muscle car penuh tenaga lain seperti Dodge Challenger misalnya. Nah Dodge juga punya SUV berperforma tinggi yang diberi nama Durango SRT Hellcat.

Performa mesin SRT sudah terlihat dari luar. Kap mesin berotot dilubangi untuk memberikan asupan udara segar ke mesin yang lebih besar. Kalau dipikir-pikir, pendekatan ini serupa dengan yang mereka lakukan pada Charger maupun Challenger.

Performanya pun tak salah kalau tak berbeda jauh. Dengan mesin 6.2 V8-S Hemi berkapasitas 6.166cc, berkekuatan 710 hp dan torsi 875 Nm. Akselerasi 0-100 km/jam dalam 3,5 detik saja dan kecepatan maksumumnya mencapai 290 km/jam. Wow.

Aston Martin DBX 2021

8. Aston Martin DBX (291 km/jam)

Aston Martin DBX adalah spesies baru hasil evolusi terbaik pabrikan mobil asal Inggris ini. Konsep elegan, mewah dan kedinamisan berkendara sukses diramu secara sempurna. SUV lima penumpang bergaya klasik modern ini adalah perpaduan sempurna dari estetika, tenaga dan teknologi. Bonus, kemampuan offorad yang dapat diandalkan.

Ia dikenalkan pada 2020 lalu. Produksinya dimulai di ST Athan, Wales, 9 Juli 2020 di tengah-tengah pandemi Covid-19. Dibangun di atas struktur rangka all-alumunium, Aston Martin DBX masih mengusung ciri khas pabrikan.

Soal performa diluncurkan oleh tenaga penggerak 4,0 liter bi-turbo V8 yang dipakai di mobil sport Aston Martin Vantage dan DB11. Konfigurasi ini memungkinkan Aston Martin DBX melesat melebihi kecepatan maksimum 292 km/jam. Akselerasi 0-100 km/jam dapat dicapai dalam 4,3 detik. Performa ini layak untuk menjadikan dirinya berada satu lintasan dengan mobil balap Formula 1. Tahun ini SUV mewah ini dipilih menjadi Formula One official medical car.

Maserati Levante Trofeo 2021

9. Maserati Levante Trofeo (300 km/jam)

Predikat Torfeo di belakang nama Levante berarti Piala. Maksudnya mobil ini siap turun balap dan bisa dipastikan dapat piala. Tak percaya? Suasana balap di dalam kabin diperlihatkan oleh paddle-shift dan pedal set dari material serat karbon. Kokpit yang elegan diimbuhi teknologi mutakhir sedan sport.

Eksteriornya tampil agresif dengan lampu depan LED matrix dan velg besar berukuran 22 inci. Ia langsung menarik minat para penggemar kecepatan ketika dipekenalkan pertama kali di New York International Auto Ahow 2018.

Tetapi yang paling membanggakan tentu saja mesin 3.8 liter twin turbo V8 bertenaga 580 hp yang dikembangkan oleh Ferrari. Mesin yang merupakan hasil pengembangan dari mesin Quattroporte GTS ini mampu lari sprint dari posisi diam sampai 100 km/jam dalam 3,8 detik. Sementara itu kecepatan maksumumnya tembus 300 km/jam. Performa ini menjadikan Maserati Levante Trofeo sebagai mobil kedua tercepat mereka saat ini setelah MC12 yang memakai mesin V12 bertenaga 630 hp.

Lamborghini Urus 2019

10. Lamborghini Urus (305 km/jam)

Tak sedikit mobil yang bisa menembus kecepatan maksimal 300 km/jam, apalagi jenis SUV. Tetapi setelah mendengar nama Lamborghini, rasanya kemampuan Urus ini menjadi terasa sebagai sesuatu yang biasa saja. Maklum, Lamborhini punya reputasi dan sederet supercar berperforma tinggi yang sangat luar biasa. Tetapi semua ini tak menutupi fakta kalau Lamborghini Urus adalah SUV terkencang di dunia saat ini.

Mesin V8 twin-turbocharged 4,0 liter menghasilkan tenaga 641 hp. Kecepatan maksimumnya melebihi 305 km/jam. Akselerasi 0-100 km/jam di bawah 3 detik! Hebatnya, bukan Cuma kencang di lintasan balap, tetapi mobil ini juga piawai menaklukan medan offroad ekstrim. Lamborghini menyediakan beberapa mode traksi mulai dari, race tracks, bebatuan, berpasir, berkerikil dan salju.

Bukan Cuma bisa menonjol dalam hal performa dan kemampuan offroad, desain fenomenal khas Lamborghini juga menjadi daya pikat tersendiri. Kalau logo banteng di kap mesin belum cukup mewah, di dalamnya Anda bisa temui sound sistem Bang & Olufsen dengan teknologi audio 3D. Kabinnya didesain bak kokpit mobil balap yang sedikit banyak mengambil inspirasi dari sang hypercar, Lamborghini Aventador. (Rzk/Raju)

Baca juga: 20 Tahun Evolusi Hyunda Santa Fe, dari Pionir Hingga Menjadi Ikonik SUV

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil