Ini Mobil-Mobil Keren Keluaran Pabrikan Asal Inggris

Ini Mobil-Mobil Keren Keluaran Pabrikan Asal Inggris

Di daratan Eropa banyak negara penghasil mobil. Di Jerman misalnya, ada nama Mercedes-Benz, Audi, BMW, Volkswagen, Opel, Porsche. Kemudian Italia terdapat nama Fiat, Alfa Romeo, Lamborghini, Maserati, Ferrari. Negara Prancis menjadi pusat pabrikan Citroen, Renault, Bugatti, Alpine, Peugeot.

Di luar ketiga negara itu, jangan lupakan Inggris. Negara Kerajaan ini juga memiliki kemampuan untuk membuat mobil yang terus dikenang berkat desain dan rekayasa engineering yang jempolan. Mulai dari mobil offroad dengan kemampuan berlebihan, hingga mobil jalan raya super mewah.

Setidanya Inggris punya McLaren, Aston Martin, Vauxhall, Bentley, Rolls-Royce, Land Rover, dan Mini. Nah, kami memuat daftar mobil-mobil asal Inggris yang sulit dilupakan. Satu hal yang bisa ditarik benang merahnya dari mobil-mobil di bawah ini adalah, mereka pernah atau masih ditangani oleh satu merek Jerman.

Rolls-Royce Defender

Land Rover Series/Defender

Land Rover muncul dengan mobil off road yang awalnya untuk kepentingan militer. Tapi Inggris yang punya banyak perkebunan, membuat minat terhadap SUV itu melebar ke rakyat biasa. Mobilnya sederhana dan tidak banyak basa-basi. Fokus memberikan kemampuan melahap jalanan tanpa aspal dengan mesin, transmisi dan gerak empat roda yang brilian.

Karena itu, maklum saja kalau mereka tidak terlalu fokus pada bentuk. Tapi itu juga yang disukai oleh pengguna Land Rover Series maupun Defender. Variannya cukup beragam mulai dari chassis pendek, panjang, pick up, pembopong rudal anti pesawat, mobil untuk pasukan khusus dan sebagainya. Mesinnya juga macam-macam. Empat silinder, enam silinder (Defender Afrika Selatan,dibekali mesin BMW M52) hingga V8.

Land Rover Defender, yang singkatnya dipanggil Land Rover Ninety atau One Ten, mulai diperkenalkan pada 1980 sapai 2016. Ia kemudian menghilang sebelum terlahir kembali pada 2019. Sekarang, Defender mendapatkan perubahan yang lebih kekinian. Bentuknya tidak lagi terlalu kotak dengan sistem penggerak canggih. Meski begitu, Defender bau kencur ini masih harus membuktikan kalau ia layak bersanding bersama moyangnya.

Baca juga: List SUV Premium di Indonesia Sepanjang 2020, Ini Urutannya Dari yang Termahal

Rolls-Royce Phantom 2013

Rolls-Royce Phantom

Rolls-Royce bukan baru ini saja menggunakan nama Phantom. Pertama kali digunakan pada 1925 menggantikan Ghost. Sejak itu nama Phantom sudah digunakan dan sekarang sudah mencapai generasi delapan. Takdirnya sama: Menjadi mobil sedan mewah ukuran besar untuk dinikmati kalangan selebriti, kerajaan, atlet dan kalangan mampu lainnya.

Kalau digunakan Jakarta, dengan ukurannya yang masif, Rolls-Royce Phantom sepertinya agak berlebihan. Edisi terkini adalah Phantom VIII. Full size luxury car itu memiliki dimensi 5.762 x 2.018 x 1.644 mm (pxlxt). Ingat ini baru edisi short wheelbase. Sedangkan beratnya mencapai 2.560 kg.

Tapi lupakan dulu ukuran itu, apa yang bisa diberikan mobil super mewah ini sulit ditandingi. Detail dan keunikan pengerjaannya akan bikin Anda terkagum-kagum. Kenyamanan berjalan juga sulit ditandingi.

Belum lagi, Phantom modern dibekali mesin BMW 6,75L V12 twin turbocharged yang bertengger di kap mesin. Meski tenaganya besar, tapi jangan harap mobil ini berisik atau bergetar. BMW yang sekarang pemilik merek Rolls-Royce, khusus mengembangkan mesin V12 dengan kode N73 dan terbaru N74, untuk Phantom modern (VII dan VIII). Penggerak ini tidak digunakan oleh merek lain di bawah naungannya. Termasuk BMW sendiri.

Baca juga: Deret Medium Sedan 2020 yang Bisa Jadi Pilihan Mobilitas Perkotaan

MINI

MINI

MINI selalu menghasilkan mobil yang punya handling dan hebat, sejak 1959. Pertama ia diproduksi oleh British Motor Corporation (BMC) dan juga penerus-penerusnya sampai tahun 2000. Ketenaran dan kemampuannya hebat sejak lahir. Dibuktikan dalam ajang motorsport dan dicintai masyarakat dunia.
Meski ukurannya kini tidak bisa dibilang kecil lagi, tapi karakter performa dan handling itu tetap bertahan. Satu lagi yang tidak bisa lepas dari sebuah MINI adalah kesannya sebagai ikon kebudayaan yang ‘Inggris banget’. Wajar, karena tidak ada lagi yang mampu bikin mobil kecil tapi bisa meludahi mobil performa tinggi.

Ia menghadirkan banyak varian Mark I sampai VII, Morris Mini, Mini Van, Mini Pick-Up, Mini Cooper, Mini Cooper S, dan Mini Clubman. Berbagai jenis dan kapasitas mesin digunakan Mini. Demikian juga transmisi yang mendampinginya. Edisi awal memiliki diensi 3.054 x 1.397 x 1.346 mm (pxlxt) dengan berat antara 580-686 kg.

Sejak diambil alih oleh BMW, pada 1994, keganasan MINI seperti makin jadi di berbagai bidang. Mulai dari duta fashion dunia, jadi simbol status, juara rally Dakar serta tetap jadi mobil harian yang praktis. Meski MINI kehilangan ciri khas sebagai mobil yang kecil.

Baca juga: Daftar Mobil Terbaik Mitsubishi di Lima Dekade Terakhir

Land Rover Range Rover 1970

Range Rover

Lahir sebagai mobil SUV yang lebih baik dari saudaranya, Land Rover. Edisi Ranger Rover ini fokus dalam hal kenyamanan. Kemampuan offroad-nya ditambah interior dan suspensi yang nyaman terutama saat sedang melahap medan berat. Seperti Land Rover, juga dicintai oleh berbagai kalangan di Inggris. Meski tidak digunakan oleh militer, tapi keluarga kerajaan suka mobil yang diproduksi di Soligull ini.

Kelahiran model ini diawali keinginan membangun mobil yang lebih besar dibandingkan Land Rover Series pada 1951. Gordon Bashford, desain besar Inggris saat itu, membuat eksperimen Rover P4. Ia kemudian bekerja sama dengan insinyur Spen King terkait mekanikal. Setelah membuat prototipe pertama pada 1967, maka kemudian lahir secara resmi 1969.

Model ini bertahan cukup lama, sebelum akhirnya generasi kedua diperkenalkan pada 1994-2002. Model P38A ini menggunakan mesin Rover V8 dan 2.5L enam silinder milik BMW. Generasi ketika hadir pada 2001-2012. Di bawah kepemilikin BMW, model ini lebih modern. Ia berbagi elektronik dan beberapa perangkat lainnya dengan BMW 7 Series (E38). Sedangkan generasi keempat hadir pada 2012. Mendapat kode L405, ia resmi diperkenalkan pada Paris Motor Show 2012. Tahun berikutnya hadir varian hybrid electric.

Varian bentuknya mungkin tidak sebanyak Land Rover, paling ada Range Rover Evoque, Range Rover Velar, dan Range Rover Sport. Tapi versi mesinnya dari tiap generasi cukup variatif. Baik versi bensin atau diesel. Yang terakhir itu, pernah dibuat oleh VM Motori (Range Rover generasi pertama) dan BMW yang mencemplungkan mesin M51 (6-silinder turbodiesel).

Sekarang, Range Rover tetap jadi kendaraan offroad hebat. Namun bergeser jadi mobil mewah berkat kualitasnya yang terus naik. Versi Autobiography bahkan jadi salah satu SUV termahal yang ada saat ini. Jadi sekarang bukan petani Inggris, SUV ini jadi kebanggaan kaum selebriti dan siapapun yang mampu beli.

Baca juga: Rekap 60 Tahun Perjalanan Si Mungil Daihatsu Hijet

McLaren F1 1993

McLaren F1

Sepertinya inilah mobil yang paling fenomenal. Saat pertama muncul pada 1992, gelar mobil tercepat di dunia langsung disabet. Rekayasa engineering dan desain yang hebat oleh Gordon Murray mengiringi kelahirannya. Ia sukses merayu Ron Dennis untuk mendukung proyeknya. Komposisi mobil ini memang menggiurkan. Murray menggandeng Peter Stevens untuk melakukan desain eksterior dan interior.

Mobil ini membuat heboh bahkan sejak masih berstatus prototipe. Pada 31 Maret 1998, XP5 prototype mencatat Guinness World Record untuk mobil produksi tercepat di dunia. Ia sanggup mencatat 386,4 km/jam mengalahkan rekor Jagua XJ220 yang dibuat pada 1992.

Rahasianya adalah mesin S70/2 V12 bikinan BMW (lagi) yang begitu disukai. Mesin berkubikasi 6.064 cc itu punya tenaga 618 hp dan torsi 650 Nm, mampu mengantarkan mobil ke kecepatan puncak 396 km/jam. Tidak bisa dihindari, McLaren F1 muncul jadi salah satu mobil paling berpengaruh sepanjang sejarah otomotif dunia.

Keunikan lainnya adalah posisi pengemudi yang berada di tengah kabin. Meski begitu, mobil ini juga didaulat sebagai mobil yang butuh perhatian ekstra saat dikendarai karena terbilang liar. Beberapa selebriti dan pengusaha kaya pernah membuktikan keliarannya itu. Selama produksinya, 1992-1998, mobil ini hanya dubuat sebanyak 106 unit saja. Saat ini, McLaren F1 dihargai spektakuler di pasar mobil bekas. Sekitar US$ 25 jutaan atau sekitar Rp 345 miliar. Pemiliknya antara lain Elon Musk, Rowan Atkinson, Jay Leno, George Harrison, dan Sultan Brunei. (Idr/Raju)

Sumber: Ragam sumber, Foto: wikipedia, topspeed.com

Baca juga: List Mobil Berpenggerak Listrik yang Masuk Indonesia di 2020, Siapa Termurah?