Kekurangan dan Kelebihan Mitsubishi Xpander Cross

Kekurangan dan Kelebihan Mitsubishi Xpander Cross
Gambar
Review Pengguna

Mitsubishi menabuh genderang perang di segmen Low SUV lewat Xpander Cross. Mobil dalam kategori Small SUV ini bersikutan dengan rival seperti Suzuki XL7, Toyota Rush, Daihatsu Terios dan Honda BR-V. Bicara paras, memang sang crossover MPV ditukangi kian apik. Lebih berotot nan macho dari versi reguler, namun juga tak bisa dibilang sempurna. Apa yang masih kurang dari dirinya?

Betul, tak ada gading yang tak retak. Xpander Cross memiliki kelebihan dari lawan sekelas. Tapi bukan berati terlengkap. Misal fitur keamanan pasif hanya dibekali dual airbag. Padahal Toyota Rush TRD (Rp 265 juta) sudah dipasang enam kantong udara. Faedah dari komponen ini untuk melindungi pengemudi dan penumpang. Sehingga memperkecil peluang terjadi luka parah atau kematian bila terjadi kecelakaan. Semakin banyak jumlahnya, kian baik guna meminimalisasi risiko cedera.

xpander cross interior

Kemudian, di bagian pendingin kabin. Xpander Cross cuma mengandalkan sistem AC model kenop putar. Sementara Rush, Terios dan BR-V sudah digital plus bermacam fungsi pengaturan. Paling dasar, sistem digital tersisip tombol auto. Fungsinya mengatur suhu serta aliran angin kabin sesuai dengan setingan dalam kontrol unit. Sehingga penghuni lebih nyaman. Seyogianya Mitsubishi membekali itu di varian termahal yang berbanderol Rp 286,7 juta on the road Jakarta.

Powertrain juga sama. Xpander Cross mengandalkan mesin MIVEC naturally aspirated 1,5-liter. Tenaga mencapai 105 PS pada 6.000 rpm. Lalu torsi puncak 141 Nm di 4.000 rpm, yang disalurkan melalui penggerak roda depan. Jelas masih kalah dari BR-V dengan suplai daya 120 PS dan torsi 145 Nm. Ada penyempurnaan dari MMKSI, tapi hanya sebatas cover engine baru. Si Cross diklaim lebih senyap mendekati 80 persen articulation index.

Sayang, transmisinya otomatis 4-speed konvensional, bukan CVT. Andai ada tune-up atau imbuhan tenaga di mesin, mungkin paduan peranti CVT yang halus lebih menyenangkan. Keuntungan penyaluran ini memiliki dua puli berpadu dengan belt atau sabuk. Umumnya terbuat dari material baja. Sehingga bisa menjaga putaran mesih lebih optimal dan menambah efisiensi bahan bakar.

Baca Juga: Setelah Suzuki XL7, Giliran Mitsubishi Xpander Terbaru Meluncur

Kelebihan

Namun beruntung, ia mengantongi kelengkapan peranti keselamatan. Sehingga bisa menjadi nilai jual dan penutup kekurangan. Crossover anyar Mitsubishi termahal punya fitur Antilock Braking System (ABS), Brake Assist (BA), Electronic Brake force Distribution (EBD). Ditambah Active Stability Control (ASC) serta Hill Start Assist (HSA). Sedang peranti pasif, beberapa di antaranya: Supplemental Restraint System (SRS) Airbag, sabuk keselamatan dengan Pretension, berikut Force Limiter.

Xpander Cross

Lalu ISOFIX atau pengait pada kursi baris kedua untuk mengunci bangku anak-anak. Active Stability Control juga tersedia, guna mencegah terjadinya over steer ataupun under steer saat manuver. Termasuk struktur rangka bodi RISE (Reinforced Impact Safety Evolution) pada Small MPV andalan Mitsubishi Indonesia.

Cruise control juga menjadi keunggulan yang tak dimiliki lawan. Tinggal tekan tombol itu di kanan setir selanjutnya atur set ke bawah sesuai dengan kebutuhan laju mobil. Anda pun bisa melesat tanpa injak pedal gas. Alhasil kaki lebih relaks dan cukup berjaga di pedal rem guna membatalkan kerja fitur serta menghela kecepatan mobil. (Alx/Tom)

Baca Juga: Road Test Mitsubishi Xpander Cross: Eskapisme Dua Dimensi (Part-1)

Jelajahi Mitsubishi Xpander Cross

Mitsubishi Xpander Cross Rp 272,7 - Rp 304,7 Juta Cicilan : Rp 6,22 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store