Ini Detail Lengkap Perbedaan All New Toyota Agya Tipe G dengan GR Sport

Ini Detail Lengkap Perbedaan All New Toyota Agya Tipe G dengan GR Sport


All New Toyota Agya terdiri dari 3 varian dengan total 5 tipe. Paling bawa ada tipe E, disusul G dengan dua versi transmisi manual dan CVT dan tipe GR Sport sebagai versi paling tinggi. Untuk GR Sport konsumen bisa memilih varian transmisi manual atau CVT dengan dua pilihan warna yaitu single tone dan two tone.

KEY TAKEAWAYS

  • Toyota Agya terbaru ada yang masuk segmen LCGC dan bukan LCGC

    Tentu diberikan banyak perbedaan dari keduanya. Terlebih harga juga terpaut banyak
  • Tipe G dan GR Sport memiliki pembeda yang cukup signifikan, terutama dalam hal performa. Agya GR Sport memang sengaja dijadikan sebagai ‘makhluk’ yang berlainan dibandingkan dengan tipe lainnya. Penyempurnaannya bukan hanya dari segi kosmetik belaka, tapi juga dari sisi karakter performance.

    Perbedaan Eksterior 

    Toyota Agya

    Tampang adalah cara yang paling mudah membedakan tipe GR Sport dengan G. Selaku tipe tertinggi yang tak lagi masuk kategori LCGC, penampilan GR Sport dibikin lebih stylish dan sporty dibanding G. Berkat penambahan sejumlah aksesori body kit plus pemasangan emblem GR di bagian fascia depan dan belakang kanan.

    PT TAM memang sengaja membedakan eksistensi kedua tipe itu, untuk menggarab segmen pasar yang berbeda. Tipe G ditujukan untuk konsumen yang menginginkan hatchback yang mengedepankan kenyamanan, sedangkan GR Sport untuk kalangan driving enthusiast dan suka memodifikasi kendaraan. Jadi selain mengedepankan kenyamanan, GR Sport dikompromikan juga untuk performance di kelasnya. Makanya tampang dan karakter GR Sport dibuat lebih ‘agresif’.

    Dari sisi dimensi, tipe G punya dimensi lebih pendek yaitu 3.760 mm, sedangkan GR Sport 3.830 mm. Untuk dimensi lebar, tinggi dan wheelbase keduanya sama yaitu 1.665 mm x 1.505 mm dan 2.525 mm. Kenapa tipe GR Sport lebih panjang? Karena faktor aksesoris bodi yang membuat dimensinya lebih melar, padahal ukuran aktualnya sama dengan tipe lain.

    Namun, jika dibandingkan dengan Agya sebelumnya (Generasi 1), Agya generasi kedua ini memanjang 100 mm. Wheelbase juga melar 70 mm menjadi 2.525 mm dari 2.455 mm. Membuat ruang kabin menjadi agak lapang sehingga legroom menjadi lebih lega.

    GR Sport sudah mendapat tempelan aksesoris dari mulai body kit bumper depan dan belakang sampai pemasangan side skirt. Headlamp LED dan rumah lampu kabutnya mendapat penambahan aksen hitam serta pemasangan fitur Follow Me Home. Perlu diketahui, seluruh tipe All New Agya sudah mendapatkan headlamp LED dan LED Illumination lamp.

    Desain bodi semua tipe Agya teranyar sama. Memiliki garis-garis yang lebih tegas dari yang sebelumnya. Berkat desain baru, Agya memiliki performa aerodinamika yang lebih baik dengan coefficient of drag 3% lebih rendah sehingga performa mobil menjadi lebih lincah dan stabil.

    Rombakan besar pun dilakukan pada bagian belakang dengan mengubah desain pintu bagasi, lampu belakang dan bumper belakang. Kemudian ditambahi dengan roof spoiler untuk membuat tampilan makin sporty. Kalau dilihat secara sekilas mirip, bagian belakangnya mirip dengan Toyota Raize.

    Ubahan Kaki-kaki

    Agya GR Sport

    Sektor suspensi mendapat perubahan signifikan. Komponen kaki-kaki mulai dari bushing sampai sokbreker mengadopsi komponen yang baru. Setingan kekenyalan suspensi pun berubah untuk mengejar kenyamanan dan kestabilan mobil.

    Menurut PT Toyota-Astra Motor (TAM), bagian suspensi All New Agya dibuat lebih stiff 15 persen dibandingkan sebelumnya. Tapi khusus untuk tipe GR Sport teranyar, komponen suspensi yang dipakai berbeda dengan tipe E dan G. Komponennya dibuat secara khusus untuk varian tersebut dengan setingan kekenyalan yang berbeda.

    Suspensi GR Sport dibuat lebih stiff lagi dari E dan G, tapi tetap mengedepankan kenyamanan. Mengadopsi shock absorber serta coil spring yang lebih rigid, diperkuat oleh penggunaan sport tires untuk steering agar handling lebih responsif. Untuk mengetahui bagaimana level kekenyalan kaki-kaki GR Sport, Anda bisa membacanya di sini All New Agya GR Sport Lebih Stabil, Suspensinya Dibikin Lebih Stiff.

    Pabrikan juga menerapkan pembeda ukuran ban untuk kedua tipe. Pada G memiliki dimensi R14, sedangkan GR Sport dibungkus karet R15.

    Baca Juga: Merasakan Perubahan Tampilan dan Performa All New Toyota Agya

    Diferensiasi Interior

    Agya GR Sport

    Desain layout kabin G dan GR Sport sangat identik. Lebih dinamis dibandingkan yang sebelumnya. Strukturnya dibangun agar driving oriented. Terlihat dari rekayasa dashboard yang lebih bulky bergaris desain tajam. Desain konsol tengah dibuat menjadi gemuk dengan dudukan tuas transmisi model stick shifter yang kekinian.

    Layout dashboard terkesan seperti tiga layer, di mana pada bagian tengah dashboard terpampang display layar sentuh model floating ukuran 7 inci untuk tipe G. Sedangkan pada tipe GR Sport mengadopsi layar sentuh 8 inci. Keduanya sudah dilengkapi fitur mirroring, ditambah koneksi via Bluetooth, AUX-IN, dan USB.

    Tipe G dan GR Sport sudah tilt steering dan head rest terpisah baik untuk jok belakang dan depan. Keduanya sudah mengaplikasi sistem Digital AC, Steering Switch, dan Push Start Button. Tersedia juga paddle shifter dan Power mode untuk memaksimalkan distribusi. Tapi untuk tipe G, fitur ini hanya ditemukan di varian G CVT.

    Electric Mirror juga menjadi fitur standar di G dan GR Sport, plus fitur Smart Entry System. Khusus untuk lingkar setir GR Sport sudah dilapisi dengan material kulit dengan aksen jahitan merah. Bagian interior lain yang membedakan adalah, jok pengemudi dan penumpang depan pada GR Sport memiliki desain semi bucket berbahan suede, untuk G berbahan fabric. Pada tipe tertinggi, terdapat pemasangan emblem GR di kursi depan, pijakan pintu depan dan belakang, di dashboard dan lingkar kemudi. Sedangkan jahitan aksen merah dapat ditemukan di rumah tuas transmisi, trim pintu dan jok depan.

    Sistem Infotainment

    All New Agya

    Sarana infotainment tipe G dan GR Sport terpusat pada layar sentuh model floating di bagian tengah dashboard. Untuk tipe G berdimensi 7 inci, sedangkan GR Sport lebih lebar yaitu 8 inci. Di dalam display terdapat fitur T intouch yang melingkupi ragam fitur seperti Find My Car, Geofencing, Road Assistance dan lain-lain.

    Khusus untuk tipe GR Sport, layar sentuh tersebut juga berfungsi sebagai kamera parkir. Untuk membaca segala informasi kendaraan, seperti jarak, rpm dan kecepatan dapat dilihat di layar MID TFT 7 inci yang berada di belakang kemudi. Segala informasi dapat dioperasikan melalui tombol-tombol yang berada di lingkar kemudi.

    Fitur Keselamatan

    Toyota Agya GR Sport

    Dual airbag, Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA) menjadi fitur standar pada tipe G dan GR Sport. Rear Parking Sensor juga menjadi peranti standar, namun untuk rear parking camera hanya tersedia pada tipe GR Sport saja.

    Semua tipe juga sudah dilengkapi dengan fitur pengereman Anti Locking Braking (ABS) dan Electronic Braking Distribution + System Brake Assist .

    Driving Performance

    Mesin WA-VE Agya

    Mesin yang dipakai sama yakni 3-silinder 1.2 liter dual VVT-i. Menghasilkan tenaga 86 hp (88 PS) dan torsi 113 Nm ke roda depan. Mesin Agya 2023 ini sama seperti dipakai oleh Toyota Raize dengan menyandang kode WA-VE.

    PT TAM selaku APM mengklaim bahwa GR Sport memiliki karakter pengendaraan yang lebih stabil, cepat dan dinamis. Tendangan tenaganya pun lebih kuat dibandingkan generasi sebelumnya. Karakter setir tilt power steeringnya pun lebih padat dan responsif dalam membaca feedback.

    OTO Group telah membuktikan sendiri karakter tersebut saat melakukan test drive All New Agya GR Sport di Pulau Dewata Bali selama tiga hari. Level fun-to-drive pada GR Sport memang lebih mengasyikkan dibandingkan tipe yang sama generasi sebelumnya. Untuk konsumsi bahan bakar, pabrikan mengklaim Agya generasi kedua lebih irit dibandingkan generasi pertama. Yakni pada 21 km/liter, sedangkan terdahulu 20 km/liter.

    Harga All New Toyota Agya:

    • Toyota Agya 1.2L E M/T - Rp167,9 juta
    • Toyota Agya 1.2L G M/T - Rp174,5 juta
    • Toyota Agya 1.2L G CVT - Rp191,4 juta
    • Toyota Agya 1.2L GR Sport M/T - Rp237,5 juta
    • Toyota Agya 1.2L GR Sport CVT - Rp253,5 juta

    (EKA/ODI)

     

    Baca Juga: Suspensi Toyota Agya GR Sport Semakin Stabil, Ini Rahasianya

    Eka Zulkarnain

    Eka Zulkarnain

    Memulai kariernya di bidang jurnalistik sejak tahun 1991. Karena passionnya di bidang otomotif, Ia beralih menjadi motoring journalist sejak tahun 1999. Berpengalaman mencoba beragam mobil baru dan meliput balapan F1, MotoGP serta balapan kelas dunia lainnya di berbagai belahan bumi.

    Baca Bio Penuh

    Jual mobil anda dengan harga terbaik

    Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
    Listing gratis Listing gratis
    Daftarkan mobil Anda

    Model Mobil Toyota

    • Toyota Calya
      Toyota Calya
    • Toyota Avanza
      Toyota Avanza
    • Toyota Rush
      Toyota Rush
    • Toyota Agya
      Toyota Agya
    • Toyota Kijang Innova
      Toyota Kijang Innova
    • Toyota Fortuner
      Toyota Fortuner
    • Toyota Raize
      Toyota Raize
    • Toyota Veloz
      Toyota Veloz
    • Toyota Hilux
      Toyota Hilux
    • Toyota Hiace
      Toyota Hiace
    Harga Mobil Toyota

    Jangan lewatkan

    Promo Toyota Agya, DP & Cicilan

    • Agya 1.2L G M/T DP Rp 11,31 Juta Angsuran Rp 4,21 Juta x 60 Bulan Rp 175,4 Juta OTR Lihat Promo
    • Agya 1.2L G CVT DP Rp 13,71 Juta Angsuran Rp 4,67 Juta x 60 Bulan Rp 191,4 Juta OTR Lihat Promo
    • Agya 1.2L GR Sport M/T DP Rp 20,62 Juta Angsuran Rp 5,71 Juta x 60 Bulan Rp 237,5 Juta OTR Lihat Promo
    • Agya 1.2L GR Sport CVT DP Rp 23,02 Juta Angsuran Rp 6,08 Juta x 60 Bulan Rp 253,5 Juta OTR Lihat Promo
    • Agya 1.2L E M/T DP Rp 25,18 Juta Angsuran Rp 3,5 Juta x 60 Bulan Rp 167,9 Juta OTR Lihat Promo

    IIMS 2024

    Anda mungkin juga tertarik

    • Berita
    • Artikel feature
    • Yang Akan Datang
    • Toyota Hilux Rangga
      Toyota Hilux Rangga
      Rp 785,8 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
      Perkiraan Diluncurkan Sep, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    • Toyota Avanza 2024
      Toyota Avanza 2024
      Harga menyusul
      Perkiraan Diluncurkan Agu, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan

    Video Mobil Toyota Agya Terbaru di Oto

    Oto
    • Ini Rasanya di Balik Kemudi All New Toyota Agya 1.2L G CVT yang dibandrol Cuma Rp191 Jutaan
      Ini Rasanya di Balik Kemudi All New Toyota Agya 1.2L G CVT yang dibandrol Cuma Rp191 Jutaan
      21 Mar, 2023 .
    • Ubahan Gokil All New Toyota Agya, Masih pantes LCGC?
      Ubahan Gokil All New Toyota Agya, Masih pantes LCGC?
      21 Mar, 2023 .
    • Debut Global Toyota All New Agya 2023 - First Impression | oto.com
      Debut Global Toyota All New Agya 2023 - First Impression | oto.com
      20 Feb, 2023 .
    • Cari Mobil Dibawah 200juta? Ini dia rekomendasinya di awal tahun 2022! | oto.com
      Cari Mobil Dibawah 200juta? Ini dia rekomendasinya di awal tahun 2022! | oto.com
      17 Jun, 2022 .
    • Toyota Agya 2020 | First Impression | Lebih Kaya Fitur | OTO.com
      Toyota Agya 2020 | First Impression | Lebih Kaya Fitur | OTO.com
      19 Mar, 2020 .
    • Toyota New Agya 1.2 TRD | Road Test | Pesaing Honda Brio Satya | OTO.com
      Toyota New Agya 1.2 TRD | Road Test | Pesaing Honda Brio Satya | OTO.com
      08 Jun, 2018 .
    • Peluncuran Toyota Agya Terbaru I OTO.com
      Peluncuran Toyota Agya Terbaru I OTO.com
      07 Apr, 2017 . 157 kali dilihat
    Tonton Video Mobil Toyota Agya

    Bandingkan & Rekomendasi

    Toyota Agya
    Toyota Agya
    Rp 167,9 Juta
    Harga Agya
    Renault KWID
    Renault KWID
    Rp 161 Juta
    4.75 (4 Ulasan)
    Harga KWID
    Daihatsu Ayla
    Daihatsu Ayla
    Rp 134 - 189,9 Juta
    Harga Ayla
    Honda Brio
    Honda Brio
    Rp 236,4 Juta
    Harga Brio
    Suzuki S-Presso
    Suzuki S-Presso
    Rp 178,3 Juta
    Harga S-Presso
    Jenis Bahan Bakar Bensin
    Bensin
    Bensin
    Bensin
    Bensin
    Mesin 1198
    999
    998
    1199
    998
    Tenaga 87
    67
    66
    89
    67
    Torsi 113 Nm
    91 Nm
    89 Nm
    110 Nm
    90 Nm
    Jenis Transmisi Manual
    Otomatis
    Manual
    Manual
    Manual
    Mesin 1.2L Petrol Engine, In-line 4 Cylinder 16 Valve DOHC
    1.0L Petrol Engine, 3 Cylinder 12 Valve
    1.0L Petrol Engine, In-line 3 Cylinder 12 Valve DOHC
    1.2L Petrol Engine, 4 Cylinder 16 Valve SOHC
    1.0L Petrol Engine, 3 Cylinder 12 Valve
    Ground Clearance -
    184 mm
    160 mm
    -
    -
    Bandingkan Sekarang

    Tren Hatchback

    • Yang Akan Datang
    • DFSK Mini EV
      DFSK Mini EV
      Rp 220 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
      Perkiraan Diluncurkan Agu, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    • Suzuki Swift 2024
      Suzuki Swift 2024
      Rp 195,69 - 295,69 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
      Perkiraan Diluncurkan Jul, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    • Hyundai i20 2024
      Hyundai i20 2024
      Rp 270 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
      Perkiraan Diluncurkan Jul, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    • Wuling E100
      Wuling E100
      Rp 345,6 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
      Perkiraan Diluncurkan Jul, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    • Wuling E200
      Wuling E200
      Rp 480 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
      Perkiraan Diluncurkan Jul, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    • Nissan Note e-Power
      Nissan Note e-Power
      Rp 2,908 Milyar Perkiraan Harga Jakarta Selatan
      Perkiraan Diluncurkan Jul, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    Mobil Hatchback Yang Akan Datang

    Artikel Mobil Toyota Agya dari Carvaganza

    • Mau Upgrade Gaya Toyota Agya? Ada Paket Menarik dari GR Garage Auto2000
      Mau Upgrade Gaya Toyota Agya? Ada Paket Menarik dari GR Garage Auto2000
      Muhammad Hafid, 15 Mar, 2024
    • Spesifikasi All New Toyota Agya Jadi Standar Baru Segmen City Car
      Spesifikasi All New Toyota Agya Jadi Standar Baru Segmen City Car
      Muhammad Hafid, 14 Feb, 2024
    • Punya Harga Terjangkau, Ini Sajian Lengkap Dari All New Agya Varian Teratas
      Punya Harga Terjangkau, Ini Sajian Lengkap Dari All New Agya Varian Teratas
      Alvando Noya, 12 Feb, 2024
    • Ragam Kelebihan All New Toyota Agya yang Bikin Layak Dimiliki
      Ragam Kelebihan All New Toyota Agya yang Bikin Layak Dimiliki
      Anjar Leksana, 06 Feb, 2024
    • Debut Menjanjikan Toyota Agya GR Sport di Kejurnas Slalom, Langsung Rebut Kemenangan
      Debut Menjanjikan Toyota Agya GR Sport di Kejurnas Slalom, Langsung Rebut Kemenangan
      Alvando Noya, 20 Jun, 2023

    Artikel Mobil Toyota Agya dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Artikel Feature
    • Cari Mobil Bekas di Bawah Rp200 Juta, Toyota Agya Keluaran 2023 Jadi Pilihan
      Cari Mobil Bekas di Bawah Rp200 Juta, Toyota Agya Keluaran 2023 Jadi Pilihan
      Anjar Leksana, 10 Nov, 2023
    • Kenali Perbedaan All New Toyota Agya G dan GR Sport
      Kenali Perbedaan All New Toyota Agya G dan GR Sport
      Eka Zulkarnain H, 15 Apr, 2023
    • Rahasia Suspensi Toyota Agya GR Sport Lebih Stabil dan Gesit
      Rahasia Suspensi Toyota Agya GR Sport Lebih Stabil dan Gesit
      Eka Zulkarnain H, 10 Apr, 2023
    • Mau Beli Toyota Agya 2023 Terbaru, Cek Dulu Sejumlah Kekurangannya
      Mau Beli Toyota Agya 2023 Terbaru, Cek Dulu Sejumlah Kekurangannya
      Anjar Leksana, 21 Mar, 2023
    • Perbedaan Rasa Berkendara Toyota Agya 1.2 G dengan GR Sport
      Perbedaan Rasa Berkendara Toyota Agya 1.2 G dengan GR Sport
      Anjar Leksana, 17 Mar, 2023
    • Punya Anggaran Rp 150 Jutaan, Pilih Toyota Agya atau Honda Brio Satya?
      Punya Anggaran Rp 150 Jutaan, Pilih Toyota Agya atau Honda Brio Satya?
      Anjar Leksana, 09 Okt, 2020

    Bandingkan

    You can add 3 variants maximum*