• Wishlist

Honda CR-V Rayakan Eksistensi 20 Tahun di Indonesia

Honda CR-V Rayakan Eksistensi 20 Tahun di Indonesia

Tak terasa, Honda CR-V sudah 20 tahun mengisi pasar mobil Indonesia. Diklaim sebagai salah satu pionir yang membawa trend SUV, CR-V dinilai punya periode penjualan paling panjang. Konsistensi itu menorehkan penjualan yang membanggakan bagi Honda Prospect Motor (HPM). Sampai akhir 2019 lalu, total sudah 213.241 unit CR-V dibeli oleh masyarakat Indonesia. Angka itu dihitung dari generasi pertama sampai terkini (gen 5).


Honda CR-V generasi ke-5


Sebagai bentuk selebrasi 20 tahun, HPM mengundang komunitas Honda CR-V Club Indonesia (CCI) untuk touring bersama ke kawasan Bandung, Jawa Barat. Sekaligus sebagai bentuk apresiasi konsumen, khususnya loyalis yang memakai CR-V sejak generasi pertama sampai yang terbaru. "Kami sudah 20 tahun produksi CR-V dan kira-kira sudah 213 ribu unit kami jual. Hari ini memperingati 20 tahun CR-V di Indonesia sekaligus apresiasi kepada media dan komunitas CR-V Club Indonesia," ujar Yusak Billy, Business Innovation & Sales Marketing Director PT HPM dalam sambutannya (22/01).


Rangkaian peserta touring diikuti anggota komunitas dengan beragam generasi dan tahun. Sedang rekan wartawan menggunakan CR-V Prestige yang saat ini masih dipasarkan. Kombinasi jalan bebas hambatan menuju Bandung dan jalan berliku khas pegunungan di Ciwidey, jadi arena pas merasakan performa dan kenyamanan yang dipunya CR-V. Selebrasi ditutup dengan donasi bibit ikan untuk reservasi ekosistem Situ Patenggang, Ciwidey, Jawa Barat. "Kami percaya konsep Premium Urban Crossover yang ditawarkan CR-V hingga generasi ke-5 saat ini sesuai dengan kebutuhan konsumen yang menginginkan kenyamanan dalam setiap perjalanan dengan kondisi jalan beragam di Indonesia," ucap Billy.


Baca Juga: Prestasi Gemilang, Brio Jadi Mobil Terlaris Honda 2019


Kilas balik singkat, CR-V perdana diperkenalkan di Indonesia 20 tahun silam. Diklaim pionir menjadikan SUV sebagai trend kendaraan penumpang. Poin ketangguhan kendaraan utilitas dikombinasi dengan kenyamanan mobil untuk jalan aspal jadi nilai jual utama kala itu. Sedang bekal dapur pacu 2,0 liter dipadankan pilihan transmisi manual atau otomatis. Ada juga pilihan penggerak empat roda.


Honda CR-V melewati jalan tanah


Substitusi generasi ke-2 terjadi pada 2002. Dengan dimensi yang lebih besar dan desain lebih modern. Kendati masih menganut bentuk 'kotak' nan kaku. Sedang generasi 3 muncul pada 2007. Membawa paras yang jauh lebih modern, serta desain dan kenyamanan yang lebih urban. Sementara generasi berikutnya, membawa penyempurnaan fitur dan kemewahan pada 2012. Oh ya, sejak generasi 2 sampai 4, ada opsi mesin 2,4 liter dan cuma punya lima kursi.


Layout 7-seater kembali pada generasi 5. Tepatnya pada 2017. Poin menarik lain, pilihan mesin 1,5 liter VTEC turbo jadi senjata utama CR-V. Daftar kemewahan dan kelengkapan fitur bertambah dari generasi pendahulu. Kian memantapkan titel kelas premium. Di luar negeri, generasi ini sudah mengalami facelift dengan ubahan minor. Namun HPM belum kasih indikasi unit itu bakal muncul di sini.


Kumpulan Honda CR-V tiap generasi


Perjalanan 20 tahun dengan 5 generasi, tidaklah singkat. Suatu kebanggaan bagi HPM bisa mempertahankan eksistensi CR-V. Terlebih, ia sering menduduki peringkat penjualan di segmennya. "CR-V kan SUV pertama di Indonesia, sudah 213 ribu kami jual. Jadi kami yakin ia bakal eksis banget di Indonesia. Karena kami pionir. Kami juga jaga loyalis, banyak komunikasi dengan komunitas. Itu salah satu faktor kami bisa tetap eksis. Sekarang kami nomor tiga (segmen SUV), market share 18 persen. Step by step paling tidak kami pertahankan itu, paling tidak untuk tahun ini juga," pungkas Billy. (Tom)


Baca Juga: Menghadapi Musim Hujan, Honda CR-V Bekas Bisa Dilirik

Jelajahi Honda CRV

Honda CRV Rp 467,9 - Rp 543,7 Juta Cicilan : Rp 10,68 Juta

Bandingkan & Rekomendasi