Honda City Resmi Meluncur di India Tanpa VTEC Turbo

Honda City Resmi Meluncur di India Tanpa VTEC Turbo
Gambar
Review Pengguna

Setelah tahun lalu City generasi kelima dirilis di Thailand. Kini giliran India kebagian. Sedan buatan Honda itu nyatanya memiliki spesifikasi berbeda. Walau dari segi wujud tetap sama. Nuansa lebih mewah dan sporty makin terasa. Terdapat tiga varian disuguhkan, yakni V, VX dan ZX. Masing-masing memiliki jantung mekanis dan pilihan transmisi beragam, guna memenuhi kebutuhan konsumen yang berbeda-beda.

City di India dibikin lebih lengkap dalam hal fitur, ketimbang di Thailand. Lantaran ada sistem LaneWatch, panel instrument digital dan sunroof. Walau begitu, versi Thailand memiliki tipe mesin turbo berkubikasi 1,0 liter tiga silinder, menghasilkan 122 PS di 5.500 rpm. Torsinya tak kalah mumpuni mencapai 173 Nm sejak 2.000 sampai 4.500 rpm. Perbedaan lainnya adalah dimensi. Ukuran City di India lebih pendek 4 mm (4.549 mm) dan lebih tinggi 22 mm (1.489 mm). Wheelbase juga lebih melar, yakni 2.600 dibanding versi negara Gajah Putih di 2.589 mm.

Hond City India launch

Adapun jantung mekanis City di India mengusung mesin 1,5 liter empat silinder yang terbagi menjadi dua opsi. Versi bensin berteknologi i-VTEC kini disetel dengan konfigurasi DOHC. Tanpa ada turbocharger. Hasilnya mampu menciptakan daya dorong tertinggi 121 PS di putaran 6.600 rpm, dengan torsi 145 Nm pada 4.300 rpm.

Baca juga: Honda Indonesia Recall Nyaris Semua Model Lantaran Pompa Bensin Bermasalah

Opsi lainnya adalah diesel. Turbocharger malah bercokol di sini. Berkonfigurasi i-DTEC turbodiesel mampu mengeluarkan output 100 PS di 3.600 rpm. Momen puntirnya 200 NM sejak 1.750 rpm. Kedua dapur pacu dihubungkan ke transmisi manual 6-speed. Ada pilihan CVT untuk i-VTEC. Sudah pasti standar emisinya disesuaikan regulasi berlaku di India. Bensin dengan transmisi manual diklaim punya efisiensi 17,8 km per liter. Sedangkan memakai CVT, 18,4 km per liter.

Soal fitur, masing-masing trim pastinya memiliki perbedaan kelengkapan. Pada V diperkuat headlamp proyektor halogen, daytime running light LED, fog lamp, lampu belakang LED, pelek alloy 15 inci. Di kabin terdapat head unit 8 inci yang memiliki kemampuan perintah suara Alexa, dan turut mendukung Android Auto dan Apple CarPlay. Keluaran suara infotainment disokong empat speaker. Tak hanya itu, nuansa ruangnya elegan berkat aksen piano black. Akses kabin pun mudah berkat kunci pintar. Sepaket dengan tombol start - stop untuk nyala mati mesin.

Kabin Honda City India

Kelengkapan fitur lain termasuk remote engine start, Multi Information Display (MID), single-zone AC otomatis. Dari sektor penjamin keselamatan ada empat kantung udara, kamera belakang multi-angle, sensor belakang, Vehicle Stability Assist (VSA), Electronic Stability Control (ESC), Agile Handling Assist (AHS), Anti-lock Braking System (ABS), Brake Assist (BA), Electronic Brake Distribution (EBD), monitor tekanan ban dan Hill Start Assist (HSA). Khusus untuk transmisi CVT dibekali paddle shift yang meningkatkan keseruan mengemudi.

VX lebih lengkap, ketambahan headlamp berfungsi otomatis, sunroof elektrik, pelek lebih besar 16 inci, delapan sepiker, kemudi dan tuas transmisi berbalut kulit, panel instrument digital 7 inci dan tambahan dua kantung udara. Sementara ZX, dijejali headlamp dan foglamp LED, kabin berlapis kulit serta soft touch dan empat kaca jendela bisa dinaik-turunkan dengan sekali sentuhan tombol. Lalu power window dan sunroof yang mampu dikontrol dari jauh menggunakan remote. Fitur keselamatan pun diperkuat LaneWatch. Teknologi yang memanfaatkan kamera di spion samping. Tujuannya memberikan pandangan lebih jelas terhadap sisi kendaraan saat berkendara. Teknologi sudah ditanamkan pada Civic dan Accord. Kali ini City kebagian akhirnya.

Terdapat lima pilihan kelir bodi : Radiant Red Metallic, Platinum White Pearl, Modern Steel Metallic, Lunar Silver Metallic dan Golden Brown Metallic. Konsumen pun bisa mempercantik City anyarnya dengan segudang aksesoris, seperti garnish kromium pada jendela, bumper depan-belakang, seluruh pintu dan bagasi, serta tail lamp. Lalu spoiler buritan dengan LED dan visor jendela. Di dalam ada perangkat tambahan berupa charger nirkabel smartphone, lampu bawah dasbor. Untuk keselamatan tersedia sensor parkir depan.

i-VTEC dan i-DTEC

Lantas berapa banderolnya? Pilihan mesin i-VTEC bertransmisi manual untuk varian V dipatok Rp 211 jutaan, VX Rp 237 jutaan dan ZX Rp 255 jutaan. Unit yang menggendong CVT dilego Rp 236 jutaan untuk V, Rp 263 jutaan pada VX dan Rp 280 jutaan bagi ZX. Terakhir versi diesel yang hanya memiliki opsi pemindah gigi manual dijual Rp 240 jutaan untuk V, VX Rp 267 jutaan dan ZX Rp 284 jutaan. Lantas bagaimana dengan Indonesia? Akankah mengikuti spesifikasi India atau Thailand? (Hfd/Tom)

Sumber: Paultan

Baca juga: Honda CR-V Facelift 2020 Meluncur di Thailand, Diprediksi Indonesia Sebentar Lagi

Jelajahi Honda City

Honda City Rp 337 - Rp 355,5 Juta Cicilan : Rp 7,69 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store