• Wishlist

Honda City Raih 5 Bintang dalam Uji Tabrak Asean NCAP

Honda City Raih 5 Bintang dalam Uji Tabrak Asean NCAP

Di kelas small sedan, Honda City generasi kelima dicap sebagai mobil paling aman. Ia mengantongi peringkat keselamatan tertinggi pada uji asean NCAP (New Car Assessment Program). Hasilnya pun dinyatakan sempurna dengan torehan 5 bintang untuk sedan kompak Honda itu. Kalau dielaborasi, skor keseluruhan 86,54 dari 100 uji tabrak depan, samping dan evaluasi fitur keselamatan.


"Kami sangat senang melihat mobil dengan rating 5 bintang dalam pengujian Asean NCAP. Meskipun City telah dinilai dua kali sebelum ini. Kita dapat melihat ada peningkatan signifikan dalam jumlah teknologi keselamatan dalam model anyar. Kami juga senang, selain teknologi bantuan keselamatan tertanam. Tim sedang menilai, pada unit yang akan segera diluncurkan. Honda tetap menambahkan teknologi Emergency Stop Signal. Sehingga konsumen mendapat manfaat dalam mengurangi risiko dari setiap tabrakan yang tidak diinginkan," ucap Siti Zaharah Ishak, Ketua Asean NCAP.


All New Honda City ASEAN NCAP 5 stars


City juga mendapatkan skor mengesankan. Yakni 44,83 untuk perlindungan terhadap penumpang dewasa atau Adult Occupant Protection (AOP). Dan 22,85 bagi perlindungan penumpang anak-anak atau Child Occupant Protection (COP). Serta 18,89 buat Safety Assist Technologies (SATs). Ia menjadi model pertama Honda yang diuji oleh instansi itu pada 2012. Pabrikan senantiasa mempertahankan fitur keselamatan 5 bintang sejak generasi kedua.


Setelah City generasi kelima diluncurkan secara global di Thailand pada November 2019. Unit mencatatkan pemesan lebih dari 16,000 unit per 15 Maret 2020. Model ini diklaim mendapatkan tanggapan apik dari konsumen. Kemudian mempertahankan posisi teratas di pasar Thailand selama dua tahun terakhir. Kendaraan yang dipasarkan di Indonesia jua diambil langsung dari Negeri Siam.


Lantas fitur apa saja yang dimiliki, hingga meraih penghargaan itu? Honda City dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan termasuk G-CON (G-Force Control) di struktur tubuh. Lalu enam kantong udara, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Vehicle Stability Assist (VSA). Plus imbuhan Hill Start Assist (HAS), Emergency Stop Signal (ESS) serta kamera spion berbagai sudut. Honda berjanju, bakal menyediakan kendaraan aman nan andal. Serta berupaya mewujudkan masyarakat bebas dari benturan dan keselamatan untuk semua orang.


Baca Juga: Penjualan Honda Bulan Kedua Positif, Brio Masih Mendominasi


"Honda City telah menunjukkan raihan 5 bintang paling konsisten sejak dinilai pada 2012. Ada prasyarat yang ditetapkan kami pada penilaian 2014-2016. Varian harus dilengkapi dengan ESC kemudian SBR. Lalu wajib memberikan dampak signifikan terhadap pengembangan model mendatang. Hal terpenting, sekarang pabrikan seperti Honda telah melengkapi teknologi keselamatan pasif dan aktif. Sehingga membuat mobil mereka lebih aman untuk kepentingan pengguna jalan," imbuh Sekretaris Jenderal Asean NCAP, Khairil Anwar Abu Kassim.


Airbags All New Honda City 2020


Untuk diketahui, Asean NCAP (New Car Assessment Program for Southeast Asia) merupakan tambahan dalam program NCAP. Lembaga ini bertujuan mengevaluasi standar keselamatan kendaraan. Termasuk meningkatkan kesadaran konsumen dan mendorong pasar demi kendaraan yang lebih aman di kawasan ini. Uji tabrak dilakukan sebagai kolaborasi antara lembaga ini dengan Japan Automobile Research Institute (JARI). (Alx/Tom)


Baca Juga: Pertimbangan Membeli Honda Mobilio, Baru atau Bekas?