• Wishlist

Deretan SUV 7-Seater Meluncur Pada 2019

Deretan SUV 7-Seater Meluncur Pada 2019

SUV dengan tujuh kursi cukup banyak ditawarkan produsen otomotif Indonesia sepanjang 2019. Segmen ini memang cukup seksi, lantaran peminatnya yang terus bertumbuh. Kuncinya pada 7-seater dan SUV. Keduanya sangat digemari. Selain punya kemampuan jelajah yang tangguh, mereka dapat mengakomodasi banyak orang untuk mengantar dari satu titik ke titik lain. Berikut daftarnya.



Toyota Fortuner TRD Sportivo


Fortuner TRD Sportivo sempat disegarkan Toyota saat GIIAS 2019. Perubahannya meliputi banyak bagian tubuh, seperti bumper, fog lamp, grille, kap mesin dan pelek. Nuansa serbahitam mengkover komponen-komponen itu.


Lalu fiturnya juga ditambahkan. Paling mencolok power tailgate dengan sensor kaki. Ini memungkinkan pengguna mengakses bagasi belakang tanpa repot. Cukup tekan tombol sekali atau goyangkan kaki di bawah sensor, pintu akan membuka. Untuk bisa merasakan mobil ini, Toyota melegonya dalam dua versi, diesel Rp 536,65 juta dan bensin RP 562,05 juta (OTR Jakarta).



Wuling Almaz


Ada tiga pilihan yang disuguhkan Almaz 7-seater. Paling murah Smart Enjoy 6MT dibanderol Rp 263,8 juta, versi CVT dihargai Rp 275,8 juta. Sementara varian tertinggi dan termahalnya, Exclusive seharga Rp 338,8 juta. Spesifikasi mesinnya 4 silinder berkapasitas 1,5 liter. Ini masih didukung teknologi turbo yang meningkatkan performa, sekaligus memastikan efisiensi bahan bakar lebih baik. Adapun semburan tenaganya mencapai 141,9 PS dan torsi 250 Nm.


Keunggulan yang dimiliki juga dari fitur canggih yang disebut WIND (Wuling Indonesian Command). Sistem perintah suara interaktif yang dioperasikan menggunakan Bahasa Indonesia. Ragamnya banyak, memungkinkan pengguna menyalakan, mematikan atau mengoperasikan fungsi-fungsi kendaraan.


review DFSK Glory 560


DFSK Glory 560


LSUV merek pabrikan Cina yang sempat bikin gempar tahun ini. Glory 560 lahir dengan banderol miring, desain atraktif, material kabin tak murahan, kaya fitur dan pilihan mesin 1,5 liter turbo. Sampai saat ini, varian paling murah dengan transmisi manual 6-speed masih di bawah Rp 200 juta, tepatnya Rp 192 juta. Banderol itu berada di ranah segmen LMPV. Ada lima varian Glory 560 yang bisa dipilih, dengan tipe termahal berbekal mesin 1,8 liter tanpa turbo. Transmisi otomatisnya memakai jenis CVT.



Mercedes-Benz GLE 450


Dikenalkan ke public saat GIIAS 2019, GLE 450 sebagai SUV berkapasitas 7 penumpang. Pada saat peluncuran, dijual dengan status CBU (Completely Build-Up). Selang beberapa bulan, Mercedes-Benz memutuskan untuk melokalisasi. Ini tentu mempengaruhi harganya. Pabrikan berlambang bintang itu menegaskan banderolnya turun 30 persen dari harga CBU yang berada di angka Rp 1,799 miliar (off the road).


Tentang performa GLE memang mumpuni. Mesin 6-silinder 3,0 liter dengan output daya 372 PS dan torsi maksimal 500 Nm. Ini masih disokong sistem mild hybrid EQ Boost dengan suplai tambahan daya 22 PS dan 250 Nm. Energi dorong disalurkan ke transmisi 9G-Tronic ke empat roda.



Volkswagen Tiguan Allspace


Mobil ini mengalami transformasi signifikan. Model yang dipasarkan sebelumnya mengusung konfigurasi 5 menjadi 7 penumpang. Tentunya ia mendapat perubahan spesifikasi, dimensinya yang melebar, untuk mengakomodasi jok belakang yang lapang. Ini turut berpengaruh pada bagasinya yang punya tiga opsi daya tampung. Bila jok belakang ditegakkan, volumenya 230 liter. Jika direbahkan menjadi 700 liter. Makin besar saat jok baris kedua didatarkan, ruangnya mencapai 1.775 liter.


Urusan jantung mekanis, Tiguan Allspace masih menggendong 1,4 liter TSI. Ini disandingkan dengan transmisi otomatis kopling ganda 6-speed (DSG) plus triptonic. Alhasil semburan tenaga puncaknya 152 PS dan momen puntir 250 Nm. Volkswagen meluncurkannya saat GIIAS 2019 dengan harga Rp 598 juta. Angka itu turun drastis, lantaran kini diproduksi secara lokal.


mazda cx-8 indonesia


Mazda CX-8


Menawarkan pilihan di antara CX-5 dan CX-9. Punya dua varian, paling bawah Touring dibanderol Rp 664,8 juta dan Elite yang tertinggi Rp 746,8 juta. Perbedaan mendasar antara keduanya, Touring tak dilengkapi i-Activsense, yang membantu meningkatkan keselamatan mengemudi.


Jantung mekanisnya mengandalkan Skyactiv-G 2.5 liter yang sama dipakai CX-5. Semburan tenaganya 190 PS dan torsi 252 Nm. Ini didistribusikan ke roda depan lewat transmisi otomatis Skyactiv-Drive 6-speed. Pengendalian yang menyenangkan ditunjang pula fitur keselamatan lengkap. Sebut saja : Dynamic Stability Control (DSC), Traction Control System (TSC), Hill Launch Assist, G-Vectoring Control Plus (GVC-Plus), sensor parkir depan belakang dan kamera 360 derajat. Tambah lagi : Blind Spot Monitoring Plus (BSM+), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Lane Departure Warning System (LDWS), Lane Keep Assist System (LAS), Smart City Brake Support depan belakang dan Driver Attention Alert (DAA).



 


Peugeot 5008


Peugeot melengkapi lini SUV di tahun ini dengan 5008. Posisinya berada di atas model 3008 yang duluan dipasarkan. Menariknya, di segmen SUV premium asal Eropa, justru menjadi yang termurah. Hanya ada satu varian, GT Line, dipatok Rp 820 juta (OTR Jakarta).


Rupanya tak jauh berbeda dengan 3008, tapi dimensinya lebih panjang. Fungsinya untuk mengakomodasi jok baris ketiga yang bisa disimpan di bawah lantai bagasi. Perangkat itu juga bisa dilepas, untuk memaksimalkan ruang bagasi. Di samping kelapangan kabin, fitur keselamatan 5008 tak kalah lengkap, mulai dari 6 kantong udara, Hill Assist Descent Control (HADC), Cruise Control Adaptif, kamera parkir 360 derajat dan Lane Departure Warning.


Peugeot membenamkan mesin 1,6 liter turbocharger. Tenaga maksimalnya 167,2 PS dan momen puntir 240 Nm. Penyalur daya memanfaatkan sistem transmisi otomatis 6-speed dengan dukungan paddle shift. Tersedia pula mode berkendara untuk permukaan buruk yang disokong fitur Advance Grip Control.


hyundai grand santa fe


Hyundai Grand Santa Fe


Hyundai Indonesia merilis varian baru Grand Santa Fe untuk menjawab permintaan konsumen. SUV itu dilengkapi fiturnya ketimbang Santa Fe lain. Cuma ada satu opsi kelir, dipasarkan dengan nilai Rp 629,5 juta (OTR Jakarta). Ini menjadikannya varian termahal. Walau begitu, penambahan fiturnya banyak. Pintu belakang kini bisa buka-tutup secara otomatis (Smart Power Tailgate). Anda juga disuguhi teknologi sensor untuk membuka pintu, tanpa perlu menyentuh gagang.


Interior dibuat makin mewah. Jok kulit menyapa seluruh penumpang. Pengaturan jok juga disempurnakan. Tak hanya pengemudi yang bisa memanfaatkan penyetel elektrik, tapi kini juga pada kursi penumpang depan. Pengemudi pun bisa merasakan kekuatan mesin diesel Grand Santa Fe. Memang disodorkan dalam satu tipe, pakai dapur pacu CRDi 2,2 liter EVGTurbo yang menciptakan 193 PS. Torsi? Jangan ditanya, berada di level 436 Nm.



Lexus LX570 Sport


LX570 Sport menjadi mobil termahal yang diluncurkan saat GIIAS 2019 lalu. Banderolnya Rp 3,345 milyar, itu sudah on the road DKI Jakarta. Tampilannya kekar, dengan grille honeycomb besar. Wajahnya tampil modern berkat tangan lihai para Takumi Lexus (Lexus craftsman). Kenyamanan penumpangnya ditunjang 12,3 inci Center Screen Display dan 11,6 inci Dual Rear Seat Entertainment. Ini masih disokong 19 speaker dari Mark Levinson Premium Audio System.


V8 dipercaya Lexus untuk memberikan tenaga mobil bongsornya. Volume silindernya 5,7 liter yang menyemburkan 367 PS dan torsi 530 Nm. Tenaga ini disalurkan ke empat roda alias 4WD, melalui transmisi otomatis 8-speed.



BMW X7


X7 menjadi model SUV terbesar yang pernah ditawarkan BMW Indonesia. Secara dimensi, panjangnya 5.151 mm, lebar 2.000 mm dan tinggi 1.805 mm. Jarak sumbu roda berada di angka 3.105 mm. Ini memberikan kelapangan kabin yang mumpuni. BMW tak melupakan kemewahan untuk penggunanya. Di dalam ada instrument cluster digital berukuran 12,3 plus Heads Up Display. Pengalaman mengemudinya tak kalah, karena ada Driving Assistant, Active Cruise Control, Parking Assistant dan Voice Command.


Varian yang disodorkan hanya satu, yakni xDrive40i Pure Excellence. Di bawah kapnya terdapat mesin enam silinder segaris yang ruangnya berukuran 3,0 liter. Tenaganya tentu juga besar mencapai 344 PS, dengan torsi puncak 450 Nm. (Hfd/Tom)


Baca Juga: Serbuan Mobil BMW yang Resmi Dirilis 2019