• Wishlist

Data Gaikindo: Civic Turbo Bawa Honda ke Posisi Dua Penjualan Nasional

Data Gaikindo: Civic Turbo Bawa Honda ke Posisi Dua Penjualan Nasional

Meski baru meluncur 4 bulan, namun Honda All New Civic Turbo sudah memimpin penjualan di segmen medium sedan. Data penjualan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) mencatat, sejak Mei 2016, Civic Turbo sudah terjual sebanyak 842 unit, lebih banyak dibanding Toyota All New Corolla Altis yang sudah jualan lebih dulu. Civic menjadi salah satu kontributor penjualan Honda yang membuat perusahaan ini berada di posisi kedua penjualan nasional.


Berdasarkan data wholesales* GAIKINDO yang dirilis bulan September ini, Civic Turbo yang tampil dengan paket model bodi dan mesin teranyar menyalip Altis yang sudah berjualan sejak Januari. Medium sedan Toyota itu selama 8 bulan dilepas ke pasaran, laku sebanyak 749 unit, lebih sedikit 93 unit dibanding Civic Turbo.


Penjualan Honda Civic generasi ke-10 ini didukung dengan varian baru yang lebih agresif dan dominan yaitu All New Honda Civic Prestige yang diluncurkan pada ajang GIIAS 2016 bulan Agustus lalu.


“Pada bulan Agustus 2016 beragam produk kami berhasil memimpin pasar otomotif di berbagai segmen, termasuk produk baru yang kami luncurkan tahun ini seperti All New Civic Turbo. Untuk mempertahankan tren penjualan positif ini, kami juga terus memberikan penyegaran terhadap produk-produk kami dengan memperkenalkan varian baru maupun model special edition untuk memenuhi berbagai kebutuhan konsumen,” ungkap Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor dalam rilisnya (13/9).


Honda bahkan tak hanya memimpin pasar di kelas medium sedan saja, namun pada segmen Low SUV, City Car, Hatchback, bahkan Sportscar, pabrikan yang bermarkas di Sunter, Jakarta Utara ini menjadi pemimpin penjuialan. Hingga akhir bulan Agustus 2016, BR-V telah mengumpulkan total penjualan 30.220 unit dengan market share 36%.


Di segmen lain yang lebih marak, New Brio RS memimpin di kelasnya dengan pangsa pasar 39%. All New Jazz masih menjadi market leader dengan pangsa pasar 49% dan meninggalkan Toyota All New Yaris dengan total penjualan 12.228 unit sepanjang tahun 2016.


Nasib baik sayangnya tak mengikuti Mobilio di segmen Low MPV. Meski sudah mengalami perubahan cukup signifikan di bagian interior, namun kiprahnya masih tertinggal jauh oleh Avanza teranyar yang mengupgrade mesinnya. Menurut HPM, Mobilio hanya berhasil terjual sebanyak 27.098 unit sepanjang 2016, sementara data GAIKINDO menyajikan Avanza berhasil terjual sebanyak 82.472 unit.


Jika direkap, sepanjang tahun 2016, Honda telah mencatat total penjualan sebesar 136.058 unit dengan pangsa pasar sebesar 19,7%. Hasil ini membuat Honda berada dalam posisi kedua setelah PT Toyota Astra Motor (Toyota) yang menjual kendaraannya sebanyak 238.795 unit dalam jangka waktu penjualan yang sama. Sementara posisi ketiga hingga kelima diisi oleh PT Astra Daihatsu Motor (Daihatsu), PT Kramayudha TIga Berlian Motors (Mitsubishi) dan PT Suzuki Indomobil Sales (Suzuki).


*Wholesales: Data penjualan wholesales mencerminkan angka penjualan dari pabrikan ke distributor (bukan konsumen) yang didokumentasikan dengan sertifikat Nomor Indentifikasi Kendaraan.


Baca Juga: Honda Civic Type R Sedang Disiapkan

Jelajahi Toyota Corolla Altis

Toyota Corolla Altis Rp 482,5 - Rp 582,2 Juta Cicilan : Rp 11,01 Juta

Bandingkan & Rekomendasi