• Wishlist

Honda Civic Type R Sedang Disiapkan. Meluncur Awal 2017?

Honda Civic Type R Sedang Disiapkan. Meluncur Awal 2017?

Penggemar Civic Type R silahkan bersiap-siap. Honda diketahui sedang menguji Honda Civic kencang ini di Spanyol dan kemungkinan akan segera meluncurkannya, meski di benua Eropa, Type R hatchback baru diperkenalkan kurang dari setahun. Dari bentuk yang tertangkap kamera, Civic Type R akan menganut bentuk hatchback, yang prototype-nya kita saksikan di GIIAS 2016 lalu.


Hal ini sekaligus memupuskan harapan para penggemar Type R yang merindukan kembalinya mobil kencang ini dalam bentuk sedan. Kalau Anda ingat, Type R sedan terakhir dan satu-satunya hadir saat Civic generasi kedelapan (FD2). Tapi bagaimanapun, Type R berbasis Civic generasi 10 ini mengandung banyak perubahan dan terobosan.


Pertama, di balik kap mesin yang dilengkapi air scoop terdapat mesin dengan imbuhan turbocharged. Diperkirakan Type R akan menggunakan mesin empat silinder 2.0 liter. Seperti dikutip dari Autoevolution, karena mobil ini mengandalkan gerak depan, maka tenaganya kemungkinan akan terbatas hingga 300-an hp, tidak jauh berbeda dengan Type R sekarang.


Peranti aerodinamika Civic Type R terbaru


Kecuali jika Honda memiliki sebuah teknologi baru yang memungkinkan mobil berpenggerak depan untuk menyalurkan tenaga lebih besar lagi. Salah satu kelemahan penggerak depan adalah terbatasnya tenaga yang bisa disalurkan karena seperti kita ketahui, roda depan dan komponennya juga berfungsi mengarahkan mobil.


Meski demikian, jika berpatokan pada Type R yang ada sekarang, dimana mobil tersebut mampu mencetak rekor kecepatan untuk mobil gerak depan di Sirkuit Nurburgring (melahap satu lap dalam waktu 7 menit 50 detik. Jangan lupa Nurburgring panjangnya 28 km, full sirkuit), maka kita bisa yakin kalau mobil ini lebih cepat berkat bobotnya yang lebih ringan.


Dari sisi bentuk, sepintas jika dilihat dari foto-foto di halaman ini, Honda memberikan desain yang agresif dengan peranti aerodinamika yang terlihat jelas di sekeliling body. Apalagi saat melihat bagian buritan, dimana terpasang sayap besar yang akan mendukung performanya di kecepatan tinggi.


Sayap CIvic Type R


Jujur saja, kemunculan foto-foto yang diunggah Autoevolution ini sebetulnya tidak terlalu mengejutkan. Honda yang meluncurkan terobosan melalui Honda Civic standar bermesin turbo, memicu spekulasi bahwa Type R juga sedang digodok kemunculannya.


Beberapa sumber menyebutkan bahwa mobil fenomenal ini akan hadir paling cepat awal 2017 nanti, dengan pasar Eropa dan Jepang akan menerimanya lebih dulu, untuk kemudian pasar Amerika Serikat. Ya, untuk pertama kalinya dalam sejarah Civic, ada Type R dipasarkan resmi di negeri Paman Sam tersebut.


Baca Juga: Honda patenkan transmisi 11 gigi


Sumber: Autoevolution

Jelajahi Honda Civic

Honda Civic Rp 533 Juta Cicilan : Rp 12,16 Juta

Bandingkan & Rekomendasi