Daihatsu Siap Konversi Mesin ke Euro IV

Daihatsu Siap Konversi Mesin ke Euro IV
Gambar
Review Pengguna

Knalpot Ayla

Jakarta - Pemerintah lewat Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, mengeluarkan aturan standar emisi baru. Aturan ini mengharuskan seluruh kegiatan yang menggunakan bahan bakar, beralih ke Euro IV.

Saat ini, Indonesia masih menerapkan standar emisi Euro II. Pemerintah pun memberikan tenggat bagi semua stake holder, agar menyesuaikan hingga September 2018. Menanggapi hal itu, pihak PT Astra Daihatsu Motor selaku pabrikan menyatakan pendapatnya.

“Bagi kami, jika sudah diluncukran oleh pemerintah kami harus percaya. Kami harus bersiap-siap untuk ke sana,” jelas Sudirman M.R., Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor saat peluncuran New Astra Daihatsu Ayla, hari ini di Sunter, Jakarta Utara (7/4).

Mobil terbaru Daihatsu itu, masih menggunakan standar Euro II. Meski demikian, pihak ADM menyatakan bisa dengan mudah mengikuti perubahan spesifikasi. “Kami harus berpacu pada peraturan pemerintah,” imbuh orang nomor satu di ADM itu.

Pihaknya sebenarnya menyayangkan, regulasi ini diterapkan secara komprehensif pada semua kendaraan. “Sebetulnya, waktu itu kami sempat membicarakan bahwa sejak ditetapkan diberikan waktu 2 tahun. Draftnya juga sebelumnya disebutkan, untuk kendaraan baru waktu yang diberikan adalah 18 bulan dan untuk kendaraan lama 2 tahun,” papar Sudirman.

Kini dengan dipukul ratanya peraturan emisi baru, maka mau tak mau seluruh pabrikan harus segera merancang kendaraannya dengan standar Euro IV. Untuk diketahui, India baru saja menetapkan regulasi ini.

Di sana, Euro 4 dikenal dengan nama Bharat Stage (BS) 4. Level emisinya sama, hanya penggunaan diksi saja yang disesuaikan untuk negaranya. Mahkamah Agung India menetapkan pelarangan penjualan kendaraan dengan mesin BS 3 mulai 1 April. Seketika pabrikan yang masih menjual produk inipun berusaha melepas barangnya ke masyarakat sebelum nantinya tak lagi bisa dijual. Alhasil, diskon besar-besaran hingga penawaran unik pun diberikan agar produk mereka habis.

Daihatsu Ayla, seperti disebutkan Sudirman, saat ini masih menggunakan mesin dengan standar emisi Euro II. Ada dua pilihan mesin yang disajikan pada mobil baru ini, yakni 1.0 liter 65 dk dan 1.2 liter 88 dk. Mesin kedua merupakan unit 4-silinder terbaru yang diluncurkan hari ini.

Baca Juga: Resmi Meluncur, Ini Harga Daihatsu Ayla Baru

Jelajahi Daihatsu Ayla

Daihatsu Ayla Rp 103,3 - Rp 161,05 Juta Cicilan : Rp 2,36 Juta

Bandingkan & Rekomendasi