• Wishlist

Beredar Gambar Daihatsu Sirion Cross, Gayanya Keren Juga

Beredar Gambar Daihatsu Sirion Cross, Gayanya Keren Juga

Tren mengubah model standar menjadi crossover sudah lama terjadi. Terbaru sebut saja Mitsubishi yang mentransformasi unit Xpander, menjadi Xpander Cross. Kemudian Suzuki XL7, yang pada dasarnya Ertiga dimodifikasi. Kali ini, Daihatsu kedapatan juga mengubah Sirion. Kabar itu muncul di Malaysia, lewat bocoran brosur.


Sirion sendiri memang dipasarkan di negeri jiran dalam label Perodua Myvi. Indonesia sendiri melakukan impor dari sana. Dalam brosur yang diterima Paultan, mobil tampil dengan banyak ubahan, terutama eksterior. Wajahnya tak menyerupai All New Sirion yang dipasarkan di Tanah Air. Tapi lebih membulat dengan grille berbeda dan air dam bumper membentuk siluet jarum pasir bercorak hitam. Ini berkat penyematan rumah foglamp segi lima di kedua sisi, lengkap dengan lampu yang sepertinya merupakan teknologi LED.


brosur daihatsu cross


Untuk menguatkan konsep crossover, sisi dipasangkan fender pelindung warna gelap, kontras dengan bodi. Suspensi terlihat ditinggikan. Kemudian dipadu pelek 15 inci yang motifnya menyerupai bingkai roda Toyota Raize ukuran 17 inci. Tak ketinggalan, di atap menempel roof rail untuk menyempurnakan gaya SUV.


Baca Juga: Suzuki Baleno Versi Crossover Meluncur, Lawan Yaris Heykers?


Perbedaan paling mencolok di buritan. Tempat menempelkan plat nomor tak diposisikan di bumper, melainkan di pintu. Pelindung bawahnya pun berubah bentuk dengan warna gelap. Dimensinya besar guna menyuguhkan kesan tangguh. Lampu kombinasi lama masih diterapkan, dengan ukuran agak besar. Sirion Cross memiliki lima opsi warna bodi: Lava Red, Glittering Silver, Icy White, Peppermint Green, dan Mystical Purple.


spek daihatsu sirion


Bicara fitur, terlihat mobil itu mengusung keyless. Sudah pasti ini ditemani start/stop button untuk menyalakan-mematikan mesin. Kenyamanan disokong head unit layar sentuh 2DIN. Tak ketinggalan AC yang dikontrol lewat panel digital berlayar dibenamkan.


Sementara sistem keamanan dan keselamatannya tak berubah. Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake Distribution (EBD) terpasang. Ada pula dual SRS airbag untuk baris depan. Pengendalian mobil mumpuni berkat Vehicle Stability Control (VSC) dan Traction Control (TC).


Jantung mekanis sama dengan Sirion. Konfigurasi 1,3 liter Dual VVT-i mampu menghasilkan tenaga puncak 95 PS, dan momen puntir 120 Nm. Seluruh daya disalurkan ke roda lewat dua opsi transmisi, manual 5-speed dan otomatis 4-speed.


data teknis daihatsu sirion


Paling menarik, bocoran brosur itu berbahasa Indonesia. Jelas tertera juga nama PT Astra Daihatsu Motor (ADM) beserta seluruh akun media sosialnya. Apakah disiapkan untuk pasar sini? jangan senang dulu.


Kami menemukan banyak kejanggalan. Pertama, tagline di halaman jelas typo. Terbaca "Sahabat Petuangan" seharusnya "Sahabat Petualang". Kedua, kata-kata itu juga bukan tagline Sirion, melainkan milik Terios.  Lalu diperkuat lagi komentar netizen bahwa berita ini palsu. Nah, jelas sekali bukan kalau ternyata kabar itu tidak benar. Apakah menjadi bahan lelucon untuk April Mop? Sangat mungkin. Yang pasti, editan gambar Sirion Cross sangat rapi itu berhasil menipu. Tak masalah, toh Sirion jadi terlihat makin keren. Cocok sekali diwujudkan ke dunia nyata. (Hfd/Odi)


Sumber: Paultan


Baca Juga: Daihatsu Melansir New Sirion 2020, Simak Harga dan Ubahannya

Jelajahi Daihatsu Sirion

Daihatsu Sirion Rp 200,1 - Rp 214,85 Juta Cicilan : Rp 4,57 Juta

Bandingkan & Rekomendasi