6 Mobil Legendaris Hasil Kreasi Pabrikan Mainstream

6 Mobil Legendaris Hasil Kreasi Pabrikan Mainstream
Contents

Masing-masing brand punya karakter yang dikenal pasar. Ketika membicarakan mobil mewah dengan performa dan kenyamanan yang sepadan harga maka muncul nama Mercedes-Benz, BMW atau Audi, trio pabrikan asal Jerman. Tidak ada yang akan membantah anggapan itu. Menyebut Ferrari atau Maserati, dua pabrikan asal Italia, makan yang terbayang adalah sportscar berkecepatan tinggi.

Nah, Toyota dan Honda dikenal sebagai pembuat mobil yang reliable, kemudian Daihatsu dan Suzuki dengan mobil ekonomis, atau Nissan yang entah apa yang sedang mereka bikin sekarang.

Tapi, bagaimana kalau pabrikan-pabrikan itu mengeluarkan model yang tidak biasa? Model yang membuat orang bertanya, “Kok bisa?” Ini menarik karena produsen mobil juga sesekali perlu membuat kejutan supaya pasar tidak bosan. Sekaligus membuktikan kemampuan. Masalahnya, yang mereka buat benar-benar bikin terkejut dan mampu tegak dengan gelar Mobil Legendaris. Apa saja? Tidak banyak, yang paling asyik bisa dilihat di bawah ini.

Lexus LFA

Lexus LFA

Saat Lexus sudah mulai dikenal sebagai pesaing Audi, BMW dan Mercedes-Benz di kelas mobil premium, mereka tiba-tiba ‘belok’. Tahun 2010 saat merek mewah Toyota ini sedang menikmati sukses, sebagai mobil yang disukai kaum pensiunan, muncul LFA. Supercar hebat yang membuat pengamat otomotif terbelalak.

Persiapan panjang memang dilakukan pabrikan menghasilkan Rekusasu LFA. Setidaknya ada 3 model konsep 2000, 2005, dan 2007 sebelum versi produksinya diperkenalkan pada Oktober di ajang Tokyo Motor Show 2009. Akio Toyoda, CEO Toyota menyebut LFS menjadi ikon global Lexus. Mobil ini dianggap bisa memiliki koneksi pribadi dengan sang pemilik.

Lexus LFA adalah mobil dengan mesin V10 racikan Yamaha. Teriakannya akan membuat penyuka mobil jatuh cinta dan para lansia jantungan. Teknologi di sektor chassis juga membuat pasar tidak percaya. Banyak yang menyamakan LFA dengan produk dari Ferrari. Meskipun kesuksesannya terbatas karena soal harga dan waktu peluncuran yang tidak tepat, tapi supercar ini tetap jadi incaran sebagai mobil yang layak dikoleksi. Sebagai catatan, 2-door coupe ini diproduksi 500 unit dari Desember 2010 sampai Desember 2012.

Ford GT40

Ford GT40

Di Amerika, Ford dikenal sebagai pembuat mobil dengan produk berkualitas oke. Mustang yang jadi penggebrak untuk meraih hati kawula muda di masa itu sukses besar dan imej Ford jadi meluas. Namun saat Ford sakit hati, mereka mengeluarkan sebuah monster yang beda yang tidak hanya kencang, tapi juga indah dilihat.

Diawali saat mereka mencoba mengambil alih Ferrari. Dan arogansi Enzo Ferrari yang menolak tawaran tersebut. Tolakan El Comandante itu bikin Ford meradang. Panas, Ford Advanced Vehicle Group di Inggris dan Carrol Shelby yang biasa jadi tuner Ford ditugaskan untuk bikin Ferrari-killer. Masalahnya, ini mobil mau seperti apa, bagaimana bikinnya adalah pertanyaan dasar. Mereka tidak punya pengalaman bikin mobil kencang. Tapi hasilnya luar biasa. Balapan 24 Hours Le Mans mereka menangkan di periode 1966-1969. Ferrari gigit jari.

Ford GT atau Grand Touring dimulai dari 1960 ketika Ford Advanced Vehicle membangun GT40 Mk I. Mengambil basis dari Lola Mk6. Namun baru pada 1966, ketika GT40 Mk II mampu mematahkan kemenangan beruntun Ferrari di Le Mans. Diproduksi 1964 sampai 1969, model ini hanya ada 105 unit di dunia.

Baca juga: Mobil-Mobil Jepang dengan Spesifikasi Jempolan Tapi Gagal Terkenal

Kia Stinger

Kia Stinger

Kami suka Kia. Bukan cuma Kia, kami suka mobil Korea atau yang dirakit di Korea. Tapi tidak pernah menyangka kalau Kia yang biasa bikin mobil keluarga, mengeluarkan sedan hebat. Stinger adalah kreasi Kia untuk menghadang kebrutalan BMW M3. Mid-size liftback ini dibuat sejak 2017 dan bertahan hingga saat ini.

Hyundai-Kia tidak asal bikin. Stinger dibekali dua opsi mesin. Yang pertama adalah empat silinder 256 ps atau V6 twin turbo dengan daya 361 ps. Sedan empat pintu ini berdiri di atas platform Genesis gerak roda belakang yang dipendekan (Genesis adalah merek mewah pesaing Lexus dari Hyundai).

Disebut ia merupakan gabungan antara GT Concept yang muncul di Frankfurt Auto Show 2011 dan Kia GT4 Stinger pada North American International Auto Show 2014. Didesain oleh Peter Schryer dan bos desain Kia, Gregory Giullaume. Sementara urusan mesin ditangani mantan Vice President of Engineering BMW M, Albert Biermann, yang ditarik oleh Hyundai Group.

Ferrari FF

Ferrari FF

Dari semua mobil ini, Ferrari FF adalah yang paling spesial. Kami mencobanya langsung di pegunungan Dolomites, Italia saat muncul pertama kali tahun 2010. Bentuknya lain dari biasa karena menganut desain ala shooting brake. Di dalamnya, empat orang bisa duduk dengan nyaman tanpa merasa kesempitan. Mesin 6.3 liter F140 EB V12 yang bertengger di moncongnya memberikan performa khas sebuah Ferrari.

Tapi yang berbeda adalah sistem penggeraknya. Untuk pertama kali ada Ferrari dengan gerak empat roda (AWD). Inilah yang membuat mobil terasa menyenangkan diajak meliuk melewati rute pegunungan bersalju.

Ferrari FF, atau Ferrari Four untuk four seat alias 4 tempat duduk. Kemampuannya memang luar biasa. Diklaim FF mampu mencatat kecepatan maksimal di angka 335 km/jam dan berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam hanya 3.7 detik saja. Mobil empat tempat duduk tercepat di dunia itu dibuat antara tahun 2011-2016 sebanyak 2.291 unit.

Baca juga: Mobil dengan Penggerak Roda Depan dan Belakang, Mana Lebih Baik?

BMW X5

BMW X5

Saat BMW menggelontorkan ide untuk bikin SUV, banyak orang yang berteriak menolak. Mereka adalah para die harder BMW yang terbiasa dengan model sedan yang ciamik dikendarai.

Ini jadi tantangan tersendiri bagi tim marketing BMW yang sebetulnya melihat, kalau mereka mau bertahan dan sukses tidak bisa hanya menggantungkan pada sedan semata. Frank Stephenson, desainer kawakan yang dipekerjakan oleh BMW menggambar sketsa SUV di pesawat. Frank harus presentasi modelnya saat ia mendarat. Terbukti, manajemen BMW suka dan mobilnya sukses. Bagi mereka yang baru awal-awal ‘main’ BMW. Seiring berjalannya waktu X5 makin diterima dan jadi pencetak uang untuk pabrikan Bavaria ini.

Ini merupakan SUV pertama yang dibuat BMW. Melakukan debut pada 1999, ia disebut pabrikan sebagai SAV alias Sports Activity Vehicel, bukan SUV. Ini merujuk pada kemampuannya bermian-main di jalanan mulus meski bertubuh besar. Hingga saat ini X5 sudah hadir sebanyak empat generasi.

Honda NSX

Honda NSX

Kali ini, Honda tidak main-main. Jika biasanya dikenal sebagai pembuat mobil keluarga yang dengan fitur dan reliabilitas yang jempolan, ini beda. Honda memiliki kemampuan untuk mengamati pasar di sekitar mereka dengan jitu. Ditambah manajemen yang tidak kaki. Saat mereka harus ganti haluan, dengan mudah mereka berbelok. Persis seperti mobilnya. Jadi tidak perlu heran saat mereka bikin mobil bermesin tengah, gerak roda belakang dengan pengendalian dan performa juara. Tidak lupa, harganya khas Honda. Namanya Honda NSX.

Bahkan Ferrari sekalipun sampai tercengang melihat bagaimana NSX meliuk menaklukan tikungan sirkuit dengan meyakinkan. Belum lagi kenyamanan yang sulit ditandingi di jalan raya. Salah satu faktor kunci adalah almarhum Ayrton Senna terlibat langsung dalam pengembangan mobil ini sejak awal. Makanya NSX sulit ditandingi dan jadi legenda sendiri.

Lahir dari HP-X (Honda Pininfarina eXperimental) COncept paad 1984, model ini lahir enam tahun kemudian tepatnya 1990. Ada dua generasi yang hadir yaotu 1990 sampai 2005. Sempat vakum sebelum generasi barunya dikenalkan pada 2014. Sayangnya, ia kembali dihentikan pada 2022 mendatang. (Ind/Raju)

Baca juga: Data dan Fakta Soal Hyundai Yang Jarang Diketahui

Indra Alfarisy

Indra Alfarisy

Indra adalah seorang 'petrol head' yang mengidamkan sebuah mobil super saloon 5-pintu di halaman rumahnya, bersanding bersama sebuah VW Combi klasik. Dalam kesehariannya, Indra menyukai bermain mobil RC (remote control). Ia paling benci menonton tayangan infotainment, meski doyan mencari gosip-gosip otomotif .

Baca Bio Penuh

Jual mobil anda dengan harga terbaik

Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
Listing gratis Listing gratis
Daftarkan mobil Anda

IIMS 2024

Anda mungkin juga tertarik

  • Berita
  • Artikel feature
  • Yang Akan Datang
  • VinFast VF 6
    VinFast VF 6
    Rp 344,98 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Jul, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • VinFast VF 7
    VinFast VF 7
    Rp 544,98 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Jul, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • BYD D9
    BYD D9
    Rp 1,056 Milyar Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Agu, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • MG 3
    MG 3
    Rp 203,04 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Agu, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • Toyota Hilux Rangga
    Toyota Hilux Rangga
    Rp 785,8 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Sep, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
  • Porsche The New-Electric Macan, Harganya Tembus 2 Miliar Lebih!
    Porsche The New-Electric Macan, Harganya Tembus 2 Miliar Lebih!
    13 Jun, 2024 .
  • NEW KIA CARNIVAL 2024, BUAT PARA SULTAN!
    NEW KIA CARNIVAL 2024, BUAT PARA SULTAN!
    13 Jun, 2024 .
  • Ini Modal Citroen C3 Aircross Lawan Toyota Rush, Daihatsu Terios dan Suzuki XL7
    Ini Modal Citroen C3 Aircross Lawan Toyota Rush, Daihatsu Terios dan Suzuki XL7
    13 Jun, 2024 .
  • Bedah GAC Aion Y Plus, Menarik di Rp400 Jutaan?
    Bedah GAC Aion Y Plus, Menarik di Rp400 Jutaan?
    13 Jun, 2024 .
  • Jajal Kehebatan Hyundai Ioniq N 5 dan Elantra N, di Event Pan-ASEAN N Day 2024
    Jajal Kehebatan Hyundai Ioniq N 5 dan Elantra N, di Event Pan-ASEAN N Day 2024
    13 Jun, 2024 .
  • Melihat Langsung Pabrik VinFast. Apa Hebatnya?
    Melihat Langsung Pabrik VinFast. Apa Hebatnya?
    13 Jun, 2024 .
  • Mewahnya Gak Tahan, Kia Carnival Facelift Berubah Signifikan
    Mewahnya Gak Tahan, Kia Carnival Facelift Berubah Signifikan
    04 Jun, 2024 .
  • Jajal Gokart didalam Mall, Cocok buat Latihan Balap
    Jajal Gokart didalam Mall, Cocok buat Latihan Balap
    28 May, 2024 .
  • Hyundai Tambah Varian Palisade, Jawaban Permintaan Konsumen
    Hyundai Tambah Varian Palisade, Jawaban Permintaan Konsumen
    28 May, 2024 .
  • 5 kelebihan dan kekurangan Wuling Cloud EV, Harganya Menarik!
    5 kelebihan dan kekurangan Wuling Cloud EV, Harganya Menarik!
    24 May, 2024 .
Tonton Video Mobil

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • Line Up Elektrifikasi Nissan Bakal Ramaikan GIIAS 2024, Sekalian Rilis Serena e-Power?
    Line Up Elektrifikasi Nissan Bakal Ramaikan GIIAS 2024, Sekalian Rilis Serena e-Power?
    Setyo Adi, 13 Jun, 2024
  • Naksir Porsche Macan EV? Simak Spesifikasi Lengkapnya
    Naksir Porsche Macan EV? Simak Spesifikasi Lengkapnya
    Alvando Noya, 13 Jun, 2024
  • Honda Borong Elektrifikasi ke GIIAS 2024, Ada Sustaina-C, Freed, & HR-V Hybrid
    Honda Borong Elektrifikasi ke GIIAS 2024, Ada Sustaina-C, Freed, & HR-V Hybrid
    Muhammad Hafid, 13 Jun, 2024
  • Chery Bawa Merek Jaecoo ke GIIAS 2024, Siapkan 2 SUV Andalan
    Chery Bawa Merek Jaecoo ke GIIAS 2024, Siapkan 2 SUV Andalan
    Muhammad Hafid, 13 Jun, 2024
  • Mercedes-Benz Siapkan 4 Model Baru di GIIAS 2024, Termasuk Comeback Merek Smart
    Mercedes-Benz Siapkan 4 Model Baru di GIIAS 2024, Termasuk Comeback Merek Smart
    Setyo Adi, 13 Jun, 2024

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature
  • advice
  • GIIAS 2024 Akan Dimeriahkan 40 Peluncuran Kendaraan Baru
    GIIAS 2024 Akan Dimeriahkan 40 Peluncuran Kendaraan Baru
    Muhammad Hafid, 13 Jun, 2024
  • Kinerja Penjualan Chery Global 2024 Naik Drastis
    Kinerja Penjualan Chery Global 2024 Naik Drastis
    Anjar Leksana, 13 Jun, 2024
  • Hyundai Rilis Teaser Inster, Versi Listrik Casper yang Akan Dijual Murah
    Hyundai Rilis Teaser Inster, Versi Listrik Casper yang Akan Dijual Murah
    Setyo Adi, 12 Jun, 2024
  • Intip Spesifikasi dan Fitur GAC Aion Y Plus yang Sebentar Lagi Dirilis
    Intip Spesifikasi dan Fitur GAC Aion Y Plus yang Sebentar Lagi Dirilis
    Bangkit Jaya Putra, 12 Jun, 2024
  • Program Perawatan dan Jaminan Suku Cadang Astra Peugeot
    Program Perawatan dan Jaminan Suku Cadang Astra Peugeot
    Anjar Leksana, 12 Jun, 2024
  • Efek Fatal Aquaplaning, Begini Cara Menghindarinya
    Efek Fatal Aquaplaning, Begini Cara Menghindarinya
    Anjar Leksana, 26 Jan, 2024
  • 8 Poin Penting Berkendara Mudik Aman, Termasuk Posisi Safety Loading
    8 Poin Penting Berkendara Mudik Aman, Termasuk Posisi Safety Loading
    Anjar Leksana, 03 Apr, 2023
  • Penyebab Ban Mobil Benjol dan Cara Mencegahnya
    Penyebab Ban Mobil Benjol dan Cara Mencegahnya
    Anjar Leksana, 28 Mar, 2023
  • Bahaya Fatal Microsleep, Lakukan Ini untuk Mencegahnya
    Bahaya Fatal Microsleep, Lakukan Ini untuk Mencegahnya
    Setyo Adi, 02 Jan, 2023
  • Begini Cara Mengatur Bukaan Pedal Gas dan Kopling Mobil Manual yang Benar
    Begini Cara Mengatur Bukaan Pedal Gas dan Kopling Mobil Manual yang Benar
    Anjar Leksana, 30 Des, 2022
  • Test Drive Chery Tiggo 5X: Mencari Kelebihan dan Kekurangannya dalam Perjalanan Jakarta-Surabaya
    Test Drive Chery Tiggo 5X: Mencari Kelebihan dan Kekurangannya dalam Perjalanan Jakarta-Surabaya
    Bangkit Jaya Putra, 07 Jun, 2024
  • First Drive Haval H6: Turbo Hybrid Menarik Perhatian
    First Drive Haval H6: Turbo Hybrid Menarik Perhatian
    Anjar Leksana, 30 Mei, 2024
  • Toyota Yaris Cross HEV: Pilihan Tepat Buat Pencari Efisiensi BBM
    Toyota Yaris Cross HEV: Pilihan Tepat Buat Pencari Efisiensi BBM
    Anjar Leksana, 29 Mei, 2024
  • Hyundai Stargazer X: Versatile Crossover dengan Kenyamanan MPV
    Hyundai Stargazer X: Versatile Crossover dengan Kenyamanan MPV
    Setyo Adi, 13 Mar, 2024
  • First Drive BYD Seal: Sensasi Supercar Tanpa Perlu Mahal
    First Drive BYD Seal: Sensasi Supercar Tanpa Perlu Mahal
    Setyo Adi, 29 Feb, 2024
  • Opsi Fitur Pintar nan Unik yang Ditawarkan Pabrikan Dunia
    Opsi Fitur Pintar nan Unik yang Ditawarkan Pabrikan Dunia
    Muhammad Hafid, 10 Jun, 2024
  • Kerap Dibandingkan, Pilih New Toyota Rush GR Sport atau Daihatsu Terios R?
    Kerap Dibandingkan, Pilih New Toyota Rush GR Sport atau Daihatsu Terios R?
    Setyo Adi, 27 Mei, 2024
  • Pendatang Baru Citroen C3 Aircross, Lawan Pemain Lawas Toyota Rush
    Pendatang Baru Citroen C3 Aircross, Lawan Pemain Lawas Toyota Rush
    Setyo Adi, 22 Mei, 2024
  • Ragam Jenis Konfigurasi Mesin dan Segala Kelebihannya
    Ragam Jenis Konfigurasi Mesin dan Segala Kelebihannya
    Muhammad Hafid, 18 Mar, 2024
  • Kisah Kesuksesan Isuzu Menjadi Produsen Kendaraan Niaga Kelas Dunia
    Kisah Kesuksesan Isuzu Menjadi Produsen Kendaraan Niaga Kelas Dunia
    Anjar Leksana, 26 Jan, 2024
  • Cara Menangani Kondisi Mobil Alami Aquaplaning di Jalan
    Cara Menangani Kondisi Mobil Alami Aquaplaning di Jalan
    Anjar Leksana, 15 Jan, 2024

Bandingkan

You can add 3 variants maximum*