Adu Fitur Safety Wuling Cortez Lawan Toyota Rush Baru

Adu Fitur Safety Wuling Cortez Lawan Toyota Rush Baru
Gambar
Review Pengguna

Wuling Cortez akan segera diumumkan harganya. Meski digadang sebagai pesaing langsung Toyota Kijang Innova, perkiraan harga Cortez bisa menyerempet dengan estimasi harga All New Toyota Rush. Itu bisa jadi alasan membandingkan Cortez melawan Rush baru dari segi harga dan fitur yang dibawanya. Bagian dimensi pernah kami bandingkan sebelumnya. Sekarang kami bandingkan fitur keselamatannya.

Cortez dibekali fitur safety yang terbilang lengkap secara keseluruhan. Tapi dari segi kantung udara masih, lebih lengkap Rush baru. Ada enam kantung udara yang melindungi penumpang Rush, termasuk di kaca-kaca sampingnya. Sedang Cortez hanya dua di depan dan dua di samping penumpang.

Wuling Cortez

Keduanya punya kendali kestabilan, Wuling Cortez punya Electronic stability control (ESC) sedang Rush vehicle stability control (VSC). Tapi Cortez masih ditambah Traction control system (TCS) jadi lebih unggul soal pengendalian. Untuk pengereman atau deselerasi, Cortez didukung ABS+EBD+BA, sedang Rush cuma ABS+EBD. Cortez memakai cakram di semua rodanya sedang Rush cuma di roda depan saja. Baik Cortez dan Rush punya hill start assist, hanya pada Cortez namanya Hill Hold Control (HHC).

Untuk Cortez masih banyak lagi fitur safety yang disematkan. Seperti Tire Pressure Monitoring System (TPMS) untuk memantau tekanan angin. Ada juga rem parkir elektrik dan Automatic Vehicle Holding (AVC). Meski hanya tambahan atau fitur ekstra-safety, kedua fitur itu tak ada di Toyota Rush terbaru. Masih ada lagi, Cortez juga punya dua sensor di depan dan empat titik sensor parkir belakang.

fitur rush terbaru

 

Kalau melihat secara jumlah fitur yang dibawa masing-masing, Cortez tetap punya fitur safety yang lebih banyak ketimbang Rush baru. Tinggal menunggu harga resmi dari kedua manufaktur, kalau memang harga keduanya sesuai perkiraan dan ekspektasi, di rentang Rp 250 jutaan, berarti Cortez unggul dari fitur safety keseluruhan. Tapi jangan lupa enam kantung udara dari Rush juga tak boleh disepelekan. Semakin banyak kantung udara, semakin terjamin keselamatan penumpang di dalam kabin. (Tom/RS)

Baca juga: First Drive Wuling Cortez: Dua Jempol!

Jelajahi Wuling Cortez

Wuling Cortez Rp 219,8 - Rp 277 Juta Cicilan : Rp 5,02 Juta

Bandingkan & Rekomendasi