First Ride Yamaha R15M, Ringkas Tapi Siap Diajak Balapan di Sirkuit

First Ride Yamaha R15M, Ringkas Tapi Siap Diajak Balapan di Sirkuit

Yamaha telah menghadirkan pembaruan pada motor sport R15 beberapa waktu lalu. All New Yamaha R15 Connected dan All New Yamaha R15M hadir dengan pembaruan di sisi desain dan fitur.

Oto.com mendapat kesempatan untuk mencoba pertama kali langsung di Sirkuit Sentul. Ada di habitat aslinya, bagaimana kesan berada di atas motor sport terbaru Yamaha ini? Soal harga, model standar dengan nama R15 Connected dibanderol Rp 38,9 juta, varian teratas yakni R15M dibanderol Rp 43,5 juta. Ada satu model edisi khusus 60 tahun yang hadir dengan warna spesial kombinasi putih, merah dan kuning yang dibanderol lebih mahal yakni Rp 44,1 juta.

Yamaha R15M

Desain

Meski sudah pernah dibahas, ada baiknya kita sedikit menyentuh aspek desain di R15 terbaru ini. Segi tampilan, paling terlihat berbeda ada di bagian depan alias muka motor ini. Visual R15 terbaru hadir layaknya model motor besar YZR-M1 dan superbike YZF-R1 dan YZF-R7. DNA sporty ini terlihat dari desain M-Shape intake Duct yang dilengkapi LED proyektor. Terasa modern dengan kehadiran twin eyes DRL (Daytime Running Light) yang ditempatkan menyatu dengan cowling sebagai wajah baru R series.

Desain fairingnya juga diklaim berubah. Kini tampil lebih atraktif dan memiliki banyak bilah-bilah sirip udara. Yamaha mengungkapkan perubahan ini membuat nilai coefficient of aerodynamic analysis berkurang dari 0,307 menjadi 0,293 yang memberikan keuntungan untuk mencapai top speed dengan lebih cepat.

Ubahan lain hadir di area setang kemudi yakni panel meter bergaya sporty. LCD digital ini memberikan tampilan lebih menarik dengan beragam informasi mengenai sepeda motor di dalamnya. Khusus untuk R15M pengendara bisa mengatur untuk mengubah tampilan menjadi mode Street dan Track serta kehadiran penunjuk catatan waktu atau lap timer. Catatan tersendiri, fitur ini membutuhkan adaptasi untuk pengoperasiannya selama di lintasan sirkuit. Sebenarnya untuk memulai catatan waktu pengendara tinggal menekan tuas pass beam, namun hal tersebut kerap terlupa saat berada di atas motor dengan adrenalin yang cukup tinggi.

Baca juga: Selisih Harga Rp4,6 Juta, Simak Perbedaan R15 V4 Connected dan R15M Connected

Yamaha R15M

Bagian segitiga setang kemudi juga didesain mirip dengan produk supersport R1M. Varian teratas R15M terdapat tutup shock depan berkelir biru, emblem 3D, bangku bermotif karbon dan bordir khusus bertuliskan R15M di bangku belakang.

Soal warna pada suspensi, Yamaha memberikan tampilan warna kuning emas untuk suspensi depan KYB serta warna kuning pada shock belakang untuk varian R15M dan R15 standar akan menggunakan warna titanium. Selebihnya adalah perbedaan warna apda komponen swing arm, bottom fork upside down dan cover knalpot dimana R15M menggunakan warna silver yang menurut penilaian subyektif terlihat lebih sporty.

Ukuran R15 terbaru ini tidak berbeda dibanding pendahulu. Motor ini memiliki panjang 1.990 mm, lebar 725 mm dan tinggi 1.135 mm. Jarak sumbu rodanya adalah 1.325 mm, ground clearence 170 mm dan tinggi jok mencapai 815 mm. R15 terbaru memiliki bobot 140 kilogram untuk varian M.

Yamaha R15M

Impresi Berkendara

Berada di atas R15 terbaru, motor terasa cukup ringkas. Data dimensi di atas dibandingkan dengan tinggi redaksi OTO.com yakni 170 cm dengan berat 90 kilogram, tidak mengalami kesulitan untuk menapakkan kaki menyangga motor ini. Terlebih bobotnya terbilang cukup ringan yang membuatnya jadi modal penting untuk berlari di lintasan sirkuit.

Soal posisi duduk, OTO.com merasakan gaya berkendara pada R15 V3 atau model terdahulu namun kini lebih nyaman meski Yamaha mengklaim lebih sporty. Ini berkat posisi footstep yang terasa lebih mundur sedikit dibanding model lama. Imbasnya postur saat menunduk tetap memberikan pengendalian yang lebih baik.

Soal desain tangki yang kini lebih tinggi juga membuat paha mengapit lebih nyaman untuk gaya berkendara sporty. Ubahan pada tangki ini justru mensupport badan saat menunduk, tidak lupa windshield juga masih memberikan ruang penglihatan yang luas saat pengendara menunduk di lintasan sirkuit.

Baca juga: Yamaha All New R15M Usung Fitur dan Komponen Moge, Apa saja?

Yamaha R15M

Posisi berkendara ini berhubungan dengan desain sport yang ingin dihadirkan Yamaha. Pada R15 terbaru rasa berkendara sporty ini berhasil hadir berkat setang kemudi model clip on yang membuat rider secara default sedikit menunduk. Meski demikian, untuk area lengan tetap bisa relaks selama berkendara tanpa tekanan berlebih untuk mengendalikan motor sport ini.

Kemudahan ini juga yang dirasakan OTO.com saat melibas tikungan di sirkuit Sentul. Baik tikungan ke kiri dan ke kanan, tidak sulit untuk mengarahkan motor ini menuju titik berikutnya untuk melakukan manuver. Kemudahan manuver ini lebih detail juga berkat subframe yang diperkuat oleh Yamaha sehingga menghasilkan pengendalian yang lebih rigid.

Handling yang meningkat ini secara langsung juga hadir berkat suspensi depan inverted teleskopik dan monoshoch belakang. Yamaha tidak mengungkapkan ubahan pada suspensi ini namun dari rasa berkendara di lintasan, suspensi depan terasa lebih kaku dengan suspensi belakang yang terasa cukup nyaman saat berbelok di lintasan.

Yamaha R15M

Performa rem juga cukup baik. Yamaha menggunakan kaliper depan keluaran By Bre dan kaliper belakang keluaran Nissin. Dua merek berbeda ini mampu memberikan kepastian pengereman yang baik saat hendak memasuki tikungan. Dari jarak 150 meter, saat tuas rem di tekan memberikan perlambatan yang cukup untuk berbelok. Khusus untuk R15M, Yamaha memberikan keamanan pengereman dual ABS yang akan berfungsi memastikan pengereman bekerja baik saat di kondisi darurat.

Kini bicara mengenai tenaga. All New R15 terbaru hadir dengan mesin yang sama dengan model sebelumnya. Mesin 155,09 cc VVA SOHC satu silinder menghasilkan tenaga sekitar 19 tk pada putaran 10.000 rpm dan torsi 14,7 Nm. Dari impresi selama di sirkuit, secara umum tidak terasa perbedaan dengan mesin model sebelumnya. Tenaga sebenarnya sudah terasa sejak putaran bawah namun memang pada putaran atas karakternya lebih buas. Untuk top speed, OTO.com sempat merasakan motor melaju dengan kecepatan di 130 km per jam.

Bahasan sebenarnya ada pada fitur terbaru quick shifter untuk kemudahan penggantian gigi ke atas. Fitur ini membuat pengendaraan lebih sporty di lintasan sirkuit dengan kemampuan penggantian gigi sudah bisa dilakukan pada putaran 8.000 rpm. Menariknya, Yamaha memberikan penanda pada meter cluster berupa lampu berwarna putih untuk mengganti gigi di kondisi terbaik putaran mesin. Ini semakin memudahkan pengendara mendapatkan tenaga maksimal dari mesin 155 cc tersebut.

R15 terbaru masih dibekali fitur assist & slipper clutch. Di lintasan fitur ini terasa memudahkan saat hendak menurunkan gigi transmisi. Tanpa perlu banyak tekanan pada tuas kopling, transmisi dengan mudah memberikan posisi gigi yang diinginkan dalam melahap lintasan.

Baca juga: Paling Mahal di Kelasnya, Ini Poin Plus yang Ditawarkan YZF-R15M untuk Pasar Indonesia

Yamaha R15M

Kesimpulan

Di atas sirkuit, R15 terbaru sudah bisa dibilang sebagai motor yang siap untuk diajak berkompetisi alias track ready. Beberapa fiturnya membantu pengendara merasakan performa dan aura sporty moge Yamaha seperti R6 dan R1 serta YZF-M1 di MotoGP. Tidak berlebihan karena Yamaha memang berusaha memberikan DNA sport ke motor 150 cc ini.

Soal desain, kembali ini adalah penilaian subyektif, Yamaha terlihat lebih berhasil menghadirkan DNA sporty dibanding beberapa rival di segmen yang sama. Bagian yang paling menarik ada di buritan belakang yang menghadirkan lubang udara menyatu dengan stoplamp.

Ban bawaan ukuran 100/80-17 M/C 52P di depan dan 140/70-17 M/C 66S di belakang termasuk memberikan kepastian berkendara yang aman. Jika masih kurang percaya, pengendara dapat menggantinya dengan ban bertipe balap untuk daya cengkeram yang maksimal saat berkendara di lintasan sirkuit.

Yamaha R15M

Yamaha juga masih memberikan fitur Y Connect yang sayangnya belum dapat dicoba pada saat pengujian perdana kemarin. Pemilik motor dapat dengan mudah mengetahui beragam informasi motornya melalui aplikasi ini. Ini menjadi tugas untuk pengujian berikutnya termasuk bagaimana impresi motor ini jika digunakan untuk harian, termasuk konsumsi bahan bakar.

Untuk pilihan warna, R15 standar ditawarkan dalam warna biru dan hitam sedangkan R15M hadir dengan warna silver serta pilihan edisi khusus 60 tahun. Khusus varian terakhir ini, Yamaha sudah mengungkapkan hanya memproduksi secara terbatas untuk merayakan tahun kompetisi mereka di 2021. Kemungkinan warna ini tidak ditawarkan lagi pada tahun depan.

Soal banderol harga, dengan kisaran Rp 39 juta hingga Rp 43 jutaan, apa yang diberikan Yamaha menjadi standar baru untuk motor sport 150 cc di Indonesia. Ini paket yang terbilang lengkap dengan beragam fitur yang ditawarkan. Pastinya Yamaha menghadirkan benchmark baru untuk pasar 150 cc yang memiliki banyak penggemar di Tanah Air. (Sta/Raju)

Baca juga: Test Ride Honda All New CB150R Streetfire: Handling Asyik, Tampilan Moge Look

Jelajahi Yamaha R15 Connected

Model Motor Yamaha

  • Yamaha Fazzio
    Yamaha Fazzio
  • Yamaha YZF R15
    Yamaha YZF R15
  • Yamaha XSR 155
    Yamaha XSR 155
  • Yamaha MX King
    Yamaha MX King
  • Yamaha XMax
    Yamaha XMax
  • Yamaha Lexi
    Yamaha Lexi
  • Yamaha TMAX DX
    Yamaha TMAX DX
  • Yamaha Vixion
    Yamaha Vixion
  • Yamaha Nmax
    Yamaha Nmax
  • Yamaha Fino 125
    Yamaha Fino 125
  • Yamaha Jupiter MX
    Yamaha Jupiter MX
  • Yamaha YZF R25
    Yamaha YZF R25
  • Yamaha WR155 R
    Yamaha WR155 R
  • Yamaha Gear 125
    Yamaha Gear 125
  • Yamaha Mio M3 125
    Yamaha Mio M3 125
  • Yamaha FreeGo
    Yamaha FreeGo
  • Yamaha Aerox 155VVA
    Yamaha Aerox 155VVA
  • Yamaha Nmax Connected
    Yamaha Nmax Connected
  • Yamaha Soul GT AKS
    Yamaha Soul GT AKS
  • Yamaha Xabre
    Yamaha Xabre
  • Yamaha MIO Z
    Yamaha MIO Z
  • Yamaha XRide 125
    Yamaha XRide 125
  • Yamaha Aerox Connected
    Yamaha Aerox Connected
  • Yamaha Vixion R
    Yamaha Vixion R
  • Yamaha R15 Connected
    Yamaha R15 Connected
  • Yamaha Jupiter Z1
    Yamaha Jupiter Z1
  • Yamaha Vega Force
    Yamaha Vega Force
  • Yamaha Byson FI
    Yamaha Byson FI
  • Yamaha MT-25
    Yamaha MT-25
  • Yamaha WR250 R
    Yamaha WR250 R
  • Yamaha Mio S
    Yamaha Mio S
  • Yamaha MT07
    Yamaha MT07
  • Yamaha MT-09
    Yamaha MT-09
  • Yamaha Aerox Connected ABS
    Yamaha Aerox Connected ABS
  • Yamaha MT-15
    Yamaha MT-15
Motor Yamaha
  • Yang Akan Datang

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Sport

  • Yang Akan Datang