jakarta-selatan

Yamaha R15 vs Vixion R, Beda Jubah, Beda Rasa

  • 23 Agt, 2017
  • 33075 Kali Dilihat

Strategi unik dilakukan Yamaha Indonesia. Mereka merilis All New R15 berbanderol Rp 34,5 juta. Berikutnya, Vixion R dengan harga Rp 28,8 juta. Keduanya, ternyata berbagi platform dengan penerapan berbeda, yang membuat produk ini memiliki karakter masing-masing yang kuat. Berikut 5 hal yang perlu Anda ketahui.


R15, motor keren


Rancang Bangun


Kedua motor ini dirakit dari rancang bangun yang sama. All New R15 yang meluncur duluan menjadi sumber inspirasi bagi Vixion R. Bahkan dalam video presentasi produknya, dipaparkan Vixion R merupakan versi R15 yang dilepas jubahnya, agar lebih asyik dikendarai di jalan raya. Alhasil, segala kecanggihan R15 turut tertular di versi mewah Vixion itu. Misalnya saja sasis deltabox yang lebih rigid sekaligus kuat, hingga berbagai fitur penunjang pengendaraan.


Desain


PEnampilan R15


 


vixion (1)


R15 didesain sebagai street legal sports bike. Tampilan berbalut fairing yang sporty dan aerodinamis, sekaligus nampak canggih. Aplikasi stang under yoke yang sporty, membuat pengendara harus memposisikan tubuhnya menunduk bak pembalap demi mendapatkan kendali yang terbaik. Pun dengan konfigurasi jok 2 pieces khas motor sport. Mengendarai motor ini di kemacetan untuk berkomuter bukanlah hal yang mengasyikkan, namun membesutnya di lintasan tertutup untuk mengolah performanya sungguh akomodatif.


Vixion R disajikan sebagai tunggangan sehari-hari. Penyesuaian dari R15 dilakukan, mengganti stang bermodel fatbar yang lebih nyaman bagi posisi tubuh. Konfigurasi ini, membuat tubuh tetap tegak saat berkendara sehingga badan lebih rileks. Imbasnya, saat berkendara lama atau jauh sekalipun, tubuh tak mudah lelah.


Mesin


Yamaha R15 vs GSX-R150 002


Tak ada pembeda sedikitpun dari mesin yang digunakan kedua motor ini. Keberhasilan Yamaha meracik sistem Variable Valve Actuation (VVA) atau katup intake variatif di R15, membuat mereka yakin aplikasi skema pengolahan tenaga dengan intervensi ini bisa meningkatkan efisiensi Vixion R. Sekaligus, membuatnya sigap saat membutuhkan tenaga di putaran tinggi.


Unit 155,1 cc 1-silinder berpendingin cairan, merupakan depot tenaganya. Dari sana, energi gerak hingga 19,3 daya kuda tercipta. Demikian pula torsi 14,7 Nm yang mengalir dengan grafik merata di rentang putaran rendah dan tinggi. Tenaga disalurkan lewat transmisi manual 6-percepatan dengan kopling canggih, slipper clutch. Imbasnya perpindahan gigi lebih halus dan lebih cepat.


Kaki-kaki


Salah satu pembeda utama adalah kaki-kakinya. Tapi sebelum membahas perbedaannya, perlu Anda ketahui kaki-kaki belakang R15 dan Vixion R sama. Menggunakan swing arm bermodel banana berbahan alloy yang lebih ringan, rigid, sekaligus estetis. Kaki-kaki All New Vixion beda lagi dengan dua motor ini, masih sama seperti generasi sebelumnya, dengan konstruksi swing arm konvensional.


mesin R15 2017


Yang berbeda dari Vixion R dan R15 justru kaki depannya. Suspensi memang teleskopik, tapi pada R15 demi meyajikan handling yang lebih stabil dan tampilan lebih mewah, model tabung Upside Down diaplikasikan. Sementara Vixion R hanya teleskopik berkonfigurasi biasa. Profil ban keduanya juga sedikit berbeda, di mana milik R15 lebih besar dan lebar.


Fitur


Fiturnya tak jauh berbeda. Hal ini perlu digarisbawahi lantaran diferensiasi harganya cukup jauh, mencapai lebih dari Rp 5 juta. Apalagi keduanya disajikan untuk karakter pengendara yang berbeda. Karenanya, pemahaman fitur keduanya sama saja, harus dikenali.


Yamaha R15 vs GSX-R150 003


Lampu LED di depan dan belakang, sudah diadopsi kedua motor ini. Aplikasi lampu berbasis dioda yang hemat daya dan pancarannya terang, membuat motor terlihat canggih dan aman dikendarai. Panel indikator di dashboard juga sama. Formatnya sama, dengan jenis informasi yang ditawarkan melebihi para kompetitor. Gear shift light yang bisa disetel momentum nyalanya, fuel consumption meter, welcome signature hingga penunjuk aktivasi VVA, tersedia. Oh ya, kedua motor sudah memiliki fitur lampu hazard yang mengaktifkan kedua sisi lampu sein bersamaan, berguna saat Anda dalam keadaan darurat.


Varian dan Harga


Yamaha Vixion R hanya dijual dalam satu varian dengan harga Rp 28,8 juta. Namun jika Anda menginginkan Vixion dengan tampilan sama tapi berbeda mesin, kaki-kaki, dan fitur, ada All New Vixion yang lebih murah Rp 2 juta.  Nah untuk varian ini, ada yang berlabur livery Movistar MotoGP berbanderol Rp 26,7 juta.


Yamaha All New R15 dijual dengan banderol Rp 34,5 juta. Tak ada varian lain yang berimbuh ABS ataupun berbeda fitur. Hanya saja ada pilihan R15 berlabur livery MotoGP yang lebih sporty. Tipe ini dijual dengan harga lebih mahal Rp 600 ribu, yaitu Rp 35,1 juta.


(Van)


Baca Juga : Lima Fakta Menarik Yamaha Vixion R

Komparasi R15 2019 vs Vixion R

Yamaha R15 2019
Rp35,76 - Rp36,36 Juta
  • Kapasitas
  • Tenaga Maksimal
  • Opsi start
VS
Yamaha Vixion R
Rp30,56 Juta
  • Kapasitas
  • Tenaga Maksimal
  • Opsi start
R15 2019 vs Vixion R
kali dibagikan

Promo Populer di Jakarta Selatan

Motor Populer

  • Populer
  • Komparasi