jakarta-selatan

Pertarungan Sedarah 150 cc, Yamaha Xabre vs R15

  • 29 Mei, 2017
  • 10986 Kali Dilihat

Bila Anda punya uang Rp 30 jutaan, Anda membeli Yamaha R15 atau Xabre? Boleh jadi bingung, lantaran keduanya berada di kelas motor sport 150 cc. Agar Anda tidak salah pilih, kami sajikan paparan terkait kelebihan dan kekurangan masing-masing.


1. Desain


Rancangan awal R15 memang mengedepankan unsur super sport dari Yamaha R-Series. Terlihat dari desain bodi full fairing yang meruncing dan ramping. Penggunaan setang jepit, juga memaksa tubuh harus membungkuk saat mengendarainya. Aura balap lebih kental terasa.



[caption id="attachment_6591" align="alignnone" width="650"]Xabre 02 Tampang Yamaha Xabre[/caption]

Sementara Xabre berbeda. Mengusung gaya street sport, posisi berkendaranya tidak seperti R15. Penggunaan setang tinggi dan lebar, membuat posisi duduknya tegak dan lebih nyaman untuk perjalanan jauh. Bodinya juga lebih berotot, terutama dukungan suspensi depan upside down berdiameter 37 mm. Motor ini memiliki desain yang fashionable untuk diajak bergaya saat berkendara di perkotaan.


2. Performa Mesin


Sebagai motor bergenre sport, mesin R15 mempunyai performa sangat baik, bahkan untuk digunakan melibas lintasan sirkuit sekalipun. Di dalamnya tersemat teknologi variable valve actuation (VVA). Jantung mekanis berkubikasi 155,1 cc ini, dapat memuntahkan torsi puncak 14,7 Nm pada 8.500 rpm dan tenaga maksimal 19,3 PS pada 10.000 rpm. Sistem transmisinya menggunakan enam percepatan, dilengkapi assist & slipper clutch untuk memudahkan perpindahan gigi transmisi.



[caption id="attachment_7460" align="alignnone" width="650"]Maverick Vinales (tengah) saat menjajal All New R15 bersama pembalap Yamaha Indonesia di Sentul Performa Yamaha R15 yang sporty[/caption]

Xabre memiliki mesin yang sama dengan R15 generasi lama. Berkapasitas 150 cc, hanya mampu mengeluarkan torsi puncak 14,3 Nm pada 7.500 rpm dan tenaga maksimal 16,3 PS pada 8.500 rpm. Performa itu tidak sebaik saudaranya yang memiliki fairing. Biarpun begitu, cukup untuk dipakai berkendara sehari-hari. Sistem transmisinya menggunakan enam percepatan, namun belum dibekali assist & slipper clutch.


3. Fitur



[caption id="attachment_6590" align="alignnone" width="650"]Xabre 01 Spidometer digital Xabre[/caption]

Kelebihan lain dari R15, fitur-fiturnya yang melimpah. Mulai dari sistem pencahayaan LED (lampu depan dan belakang), hazard untuk keadaan darurat dan full digital speedometer. Fitur terakhir ini ditambah lagi dengan kemampuan shift timing light, untuk memberikan hitungan tepat untuk perpindahan gigi saat berkendara. Sementara fitur Xabre tidak sebanyak R15. Hanya ada dua yaitu lampu depan LED dan speedometer full LCD.


4. Harga


Biarpun dalam hal performa dan fitur kalah, kelebihan Yamaha Xabre adalah banderolnya terjangkau, Rp 30,3 juta (on the road Jakarta). Motor berpenampilan telanjang ini tersedia dalam tiga pilihan warna: green army, mate red dan silver white. Cocok untuk Anda yang menginginkan rasa berkendara lebih rileks dan jarak jauh.


Yamaha R15 harganya lebih mahal Rp 4,2 juta, namun dengan berbagai kelebihan. Motor berbanderol Rp 34,5 juta (on the road Jakarta) ini tersedia dalam pilihan warna: racing blue, matte black dan matte red. Kuda besi ini sesuai untuk Anda yang ingin berkendara lebih sportif, bahkan untuk balapan di sirkuit. [Lodra/RS]


Baca juga: Tujuh Nilai Lebih Suzuki GSX-R150

Komparasi R15 2019 vs Xabre

Yamaha R15 2019
Rp35,76 - Rp36,36 Juta
  • Kapasitas
  • Tenaga Maksimal
  • Opsi start
VS
Yamaha Xabre
Rp30,7 Juta
  • Kapasitas
  • Tenaga Maksimal
  • Opsi start
R15 2019 vs Xabre
kali dibagikan

Promo Populer di Jakarta Selatan

Motor Populer

  • Populer
  • Komparasi