• Wishlist

Pilih Suzuki Address Playful atau Honda Spacy?

Pilih Suzuki Address Playful atau Honda Spacy?

Suzuki Address dan Honda Spacy, keduanya skutik yang sempurna untuk mobilitas perkotaan. Bagaimana tidak? Keduanya bermesin 110 cc yang irit, punya bagasi luas dan harga terjangkau. Kombinasi idaman bukan?


Hanya saja, konsumen ternyata berpikiran lain. Penjualan keduanya belum terlalu baik di pasar otomotif Indonesia. Terbukti dari data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), mengakatan hanya laku di bawah 500 unit sebulan. Ini masih jauh dari Honda Beat yang penjualannya mencapai ratusan ribu unit sebulannya.


Terobosan kemudian dilakukan Suzuki. Mereka menyodorkan varian baru untuk skutiknya, Address Playful di Jakarta Fair Kemayoran 2017. Apakah kali ini mampu memikat konsumen?Lebih baik mana dibanding Honda Spacy?


Suzuki Address baru


 


Desain


Address Playful tentu lebih unggul untuk poin ini, lantaran tersedia dalam balutan warna-warni. Terhitung ada 10 pilihan warna yang bisa dipilih konsumen: aura yellow, stronger red, fresh green, macho bright blue, dark grey, brilliant white, luminous orange, ice silver, majestic gold dan hyper pink.


Hebatnya lagi, warna-warni bodinya bisa dibongkar pasang sesuai keinginan konsumen. Jadi bila Anda sudah beli Address Playful hyper pink, misalnya, bisa dengan mudah mengganti warna menjadi fresh green. Lantaran warna-warni bodinya hanya aksesori yang dipasangkan menggunakan double tape. Cukup beli aksesori di diler Suzuki sesuai warna yang diinginkan, kemudian pasangkan di bodi motor Anda. Hanya saja memang harga aksesori satu set playful cukup mahal, mencapai Rp 1,9 juta.


Sementara Spacy hanya tersedia tiga warna: imperial white, majestic red dan emperor black. Velgnya berkelir hitam 5-spoke mirip seperti yang dimiliki skutik Suzuki. Kelebihan Spacy memiliki ground clearance lebih tinggi yaitu 127 mm, sementara Address Playful 120 mm. Ketinggian ground clearance penting saat melewati jalanan bergelombang atau undakan agar bodi motor bagian bawah tidak bersinggungan dengan aspal.


Kapasitas bagasi Address


Fitur


Dalam hal fitur keduanya memang tidak memiliki banyak kelebihan. Sistem pencahayaan belum LED, panel instrumen masih analog, mesinnya pun tidak diintervensi oleh teknologi macam-macam. Fitur yang menjadi kelebihan keduanya, hanya bagasi luas sanggup memuat helm full face. Tapi bagasi mana yang terluas?


Address mengklaim bagasinya sanggup memuat kapasitas sampai 20,6 liter. Jadi selain helm full face, masih bisa disisipi berbagai peralatan seperti jas hujan, sarung tangan dan lain-lain di dalamnya. Sementara Spacy bila bagasinya sudah memuat helm, hampir tidak ada ruang lain di dalamnya.


Soal pengaman dari tangan jahil, keduanya sudah dibekali kunci pengaman bermagnet. Hanya saja, Spacy lebih unggul karena dibekali magnet otomatis, yang bila kunci dicabut dari lubangnya, maka pengaman aktif dengan sendirinya menutup lubang. Biarpun begitu Address Playful tetap punya kelebihan utuk fitur kunci ini. Bila ingin membuka bagasi tidak perlu mengeluarkan anak kunci dari lubang, cukup putar ke pojok kiri dan bagasi terbuka. Spacy punya lubang kunci sendiri untuk bagasi, di belakang dekat lampu rem.


Honda Spacy 02


Mesin


Skutik Suzuki dibekali mesin berkapasitas lebih besar, 113 cc SOHC 4-stroke satu silinder, harusnya performanya lebih baik namun tidak ada informasi resmi terkait torsi dan tenaganya. Begitu pula keiritannya. Sementara Spacy menggunakan kubikasi lebih kecil yaitu 108 cc. Sanggup mengeluarkan torsi puncak 8,92 Nm pada 6.500 rpm dan tenaga maksimal 8,67 PS pada 8.000 rpm. Catatan iritnya diklaim 48,5 kpl dengan metode ECE R40. Spacy juga dibekali kapasitas tangki bensin mencapai 5,5 liter. Lebih besar 0,3 liter dibandingkan milik Address Playful.


Honda Spacy 04


Harga


Dalam hal harga, Spacy lebih murah dengan Rp 14,475 juta (on the road Jakarta). Tapi dari tampilannya, motor ini lebih pas untuk konsumen yang lebih menginginkan kendaraan pekerja yang tak terlalu memikirkan soal gaya. Di sisi lain Suzuki Address Playful ditawarkan dengan banderol lebih mahal yaitu Rp 15,2 juta (on the road Jakarta), tapi dengan tampilan yang lebih fresh dan warna-warni. Sehingga cocok untuk digunakan anak muda dalam mengekspresikan jati dirinya. (Lod/Van)


Baca Juga : Tips Riding Aman Saat Puasa

Bandingkan & Rekomendasi