Kenali Motor Elektrik Tanpa Mesin, Viar Q1

Kenali Motor Elektrik Tanpa Mesin, Viar Q1

Viar, yang selama ini dikenal sebagai produsen motor trail dan kendaraan roda tiga, sekarang melahirkan skuter listrik. Viar Q1 namanya dan mesin bakar konvensionalnya tak ada. Ya, motor ini menggunakan teknologi motor elektrik Bosch sebagai tenaga penggeraknya.

Motor ini sudah dijual di pasar dengan banderol Rp 16,2 juta (OTR Jakarta). Pembelian di Jakarta Fair 2017, diganjar cashback Rp 700 ribu. Tertarik? Sebelum Anda benar-benar memutuskan membelinya, simak fakta berikut:

1. Pengisian Baterai 5-7 Jam

Viar menggunakan baterai Lithium-ion 60v20AH dari Bosch. Dalam kondisi penuh, baterai ini mampu memberikan daya untuk melajukan skuter sejauh 60 km. Kecepatan maksimal yang bisa diraih Q1 mencapai 60 kpj. Saat baterai habis, tentu harus diisi kembali dayanya. Butuh waktu yang tidak sedikit, sekitar 5-7 jam agar kondisinya penuh.

Viar Q1 (3)

Kabarnya tahun ini, Bosch menawarkan charger terbaru yang mampu memangkas waktu pengisian daya menjadi lebih cepat menjadi 1-2 jam saja. Akankah terlaksana? Kita nantikan saja.

2. Usia Baterai 3 Tahun

Baterai skuter listrik ternyata memiliki usia pakai, termasuk milik Viar Q1. Usianya mencapai 600-800 kali pengisian ulang daya. Dengan kata lain jika Anda mengisi ulang dayanya setiap hari, maka usia pakainya sekitar 3 tahun. Setelah itu, harus menggantinya dengan baterai baru dengan harga sekitar Rp 5 jutaan.

Viar Q1 (5)

3. Tidak Bebas Perawatan

Memang ini motor tanpa mesin, artinya tidak ada oli yang menjadi pelumas ruang bakar. Meski demikian skuter elektrik tetap harus dirawat. Menurut Corporate Manager PT Triangle Motorindo, Deden Gunawan selaku pemegang merek Viar kepada oto.com, setidaknya ada dua komponen yang harus dicek secara berkala yaitu hub sebagai penggeraknya dan kampas rem.

4. Aman Menerjang Banjir

Viar sudah memperagakan, ketika Q1 dimasukkan ke dalam wadah yang berisi air setinggi setengah ban. Kemudian motor dinyalakan dan diputar pedal akselerasinya, air pun menciprat sampai ke bodi. Biarpun begitu, skuter ini masih tetap bisa beroperasi. Hal ini tentu sangat menguntungkan jika Anda beraktivitas di daerah yang berpotensi banjir.

Viar Q1 (1)

Kampanye ini sengaja dibuat Viar untuk menunjukkan Q1 aman digunakan saat hujan dan banjir sekalipun. "Intinya seperti motor biasa, kalau di motor biasa jangan sampai melewati banjir dengan ketinggian air mencapai karburator maka bisa mati. Kalau Viar Q1 jangan sampai setinggi baterainya," papar Deden.

5. Hanya Ada Satu Diler

Jaringan Viar memang sudah sampai 500an lebih, tapi itu untuk motor trail dan roda tiga. Sementara untuk Q1 yang bisa melayani motor elektrik, baru ada satu diler saja. Lokasinya di Jl. Danau Agung Selatan Blok O III No.38 Sunter, Jakarta Utara. Di situlah penjualan, servis serta pendistribusian sparepart dilakukan.

"Nantinya di Jakarta dipilih tiga atau beberapa titik jaringan tambahan, kami belum memutuskan. Jaringan ini jadi diler eksklusif untuk penjualan Viar Q1," ujar Deden. Biarpun begitu, tetap saja fokus penjualan Viar Q1 baru sebatas Jakarta. Sehingga untuk konsumen di luar kota, rada repot jika ingin memilikinya. (Lodra/van)

Baca Juga : Motor Listrik Sport dari Kawasaki

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Motor Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor