• Wishlist

Honda Spacy Tidak Laku, Suzuki Address Bertahan

Honda Spacy Tidak Laku, Suzuki Address Bertahan

Tak banyak pabrikan yang bermain di kelas skutik entry level berbagasi besar. Sejauh ini, cuma ada dua : Honda Spacy dan Suzuki Address. Dari keduanya, Spacy memperoleh penjualan paling buruk.


Honda Spacy tidak laku


Berdasar data penjualan dari Asosisi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Spacy tidak terdistribusi satu unit pun sepanjang Februari 2018. Tanda-tandanya memang sudah terendus sejak Januari dengan penjualan hanya 28 unit.


Fakta yang aneh, mengingat Spacy skutik termurah Honda saat ini. Harganya cuma Rp 14,475 juta (OTR Jakarta). Jantung mekanis juga tidak ada masalah, kapasitasnya 110 cc layaknya Beat, Scoopy dan Vario 110.


Walau memang dari teknologi, Spacy banyak ketinggalan. Mesinnya belum dilengkapi enhanced smart power (eSP) dan ACG Starter, sehingga soal performa kurang dibanding skutik entry level Honda lain. Dalam hal desain, Spacy juga ketingalan. Dialah satu-satunya sktuik pabrikan berlambang sayap yang lampu depannya masih ada di kepala. Sementara para saudaranya sudah mengintegrasikan lampu depan dengan tameng tengah, agar tampilan lebih sportif.


Apa tidak lakunya Spacy jadi tanda Honda bakal berhenti melakukan penjualan? Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM), Thomas Wijaya diam seribu bahasa saat kami minta konfirmasi via pesan singkat. Meski begitu, skutik ini masih dipajang di laman resmi AHM.


Bila tidak disuntik mati, biasanya penghentian distribusi bisa jadi tanda keluarnya generasi baru. Mana yang benar? Mari kita tunggu saja sama-sama jawaban resmi dari AHM.


Suzuki Address Bertahan


Kisah kontras disajikan Suzuki Address. Motor yang lahir 2014 silam itu tetap bertahan. Bahkan mengalami peningkatan penjualan 117 unit dibanding bulan lalu. Secara domestik, Address terdistribusi 736 unit pada Februari 2018.



Catatan ini sekaligus membuat posisi Address sebagai salah satu tulang punggung PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). Angka penjualannya menempati peringkat tiga terbaik dibanding seluruh produk pabrikan berlambang S. Peringkat pertama diduduki Satria FU dengan 983 unit dan kedua GSX-R150 melalui 848 unit.


Padahal dibanding Spacy, harga Address lebih mahal dari Spacy. Skutik Suzuki itu dijual mulai Rp 15,35 juta (OTR jakarta). Meski demikian, keunggulannya ada di fitur bagasi yang lebih luas mencapai 20,6 liter. Sementara Spacy cuma 18 liter.


Address juga memiliki berbagai varian dengan harga bervariasi. Mulai dari black predator dengan warna hitam matte nan elegan, dijual Rp 15,7 juta (OTR Jakarta). Ada pula varian Address Playfull yang punya 10 opsi warna, harganya Rp 15,7 juta (OTR Jakarta). (Lod/Van)


Baca Juga: Pilih Honda Spacy atau Suzuki Adress Playful?

Jelajahi Honda Spacy FI