Ini Tips Riding Aman Saat Berpuasa

Ini Tips Riding Aman Saat Berpuasa

Berkendara motor (riding) di saat berpuasa, memberi tantangan tersendiri. Khususnya konsentrasi yang berkurang, lantaran asupan makan dan minum dibatasi. Biarpun begitu bagi kebanyakan orang, menunggangi kuda besi sudah menjadi keharusan. Entah untuk bekerja atau beraktivitas. Sehingga mau tidak mau pilihannya tetap naik motor.

Kalau sudah begitu, apa yang bisa dilakukan agar tetap selamat saat berkendara di bulan puasa? Berikut tipsnya dari Instruktur Yamaha Riding Academy, Setyo Suyarko:

1. Beri Jeda 15 Menit Sebelum Berkendara

Banyak umat musim yang berpuasa cenderung memanfaatkan waktu istirahat di sela-sela pekerjaan untuk tidur. Tipsnya, setelah tidur sebisa mungkin jangan langsung berkendara. Berikan jeda sekitar 15 menit untuk memulihkan konsentrasi terlebih dulu, setelahnya baru boleh berkendara. Jangan lupa juga untuk lakukan peregangan tubuh sebelum menaiki motor, agar kondisi badan tetap fit di perjalanan.

tipslodra3

2. Sesuaikan Kecepatan

Saat jam pulang kantor dan mendekati waktu berbuka, banyak pengendara terburu-buru untuk sampai rumah. Tantangan di jalan pun semakin beragam. Mulai dari ramainya pedagang di pinggir jalan sehingga timbul kemacetan, sampai dengan konsentrasi pengendara lain yang juga berkurang karena puasa.

tipslodra

 

Sudah sepatutnya, sebagai pengendara yang paham safety riding harus lebih berhati-hati. Atur kecepatan motor sesuai kondisi jalan. Bila bertemu kemacetan berkendaralah perlahan, tidak disarankan menyalip secara sembarangan.

3. Istirahatlah

Menurut Setyo, kemampuan tubuh manusia untuk berkendara tidak lebih dari dua jam. Apalagi dalam kondisi puasa, tentunya kemampuan kita berkurang dibandingkan kondisi normal.

Sudah sepatutnya kenali kondisi tubuh kita sendiri. Jika merasa lelah dan konsentrasi berkurang, pastikan untuk segera beristirahat. Hentikan motor, buka helm dan lakukanlah peregangan tubuh. Bahkan bila benar-benar lelah, tidur akan lebih baik untuk mengembalikan kondisi tubuh Anda.

tipslodra2

4. Tidur dan Makan yang Cukup

Pola hidup yang sehat memang perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, apalagi saat berpuasa. Kita diharuskan untuk memenuhi kebutuhan tidur 6-8 jam setiap harinya. Kemudian di saat buka dan sahur, usahakan makan panganan empat sehat lima sempurna.

Kebutuhan minum pun juga harus terpenuhi yaitu satu liter saat buka dan satu liter saat sahur. Dengan melakukan itu semua, harapannya tubuh bisa terus dalam kondisi fit saat harus diajak berkendara sekaligus berpuasa. (Lodra/Van)

Baca Juga : R.I.P. Nicky Hayden Bocah Ramah dari Kentucky

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Motor Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor