• Wishlist

Kerennya Polisi Abu Dhabi Pakai Ducati Panigale V4R

Polisi Abu Dhabi kembali memiliki armada operasional terbaik di dunia. Dibuktikan dengan Ducati Panigale V4R sebagai motor dinas kepolisian setempat. Total ada delapan unit motor terkencang untuk mendukung pekerjaan mereka.


Abu Dhabi Ducati


Kepolisian sebagai aparat hukum, pastinya menyiapkan beragam langkah untuk mengantisipasi kejahatan. Mereka harus mendapat dukungan berupa fasilitas terbaik. Beruntungnya, lembaga penegak hukum paling bergengsi di dunia itu memiliki alat mobilitas yang tidak umum. Sebelumnya, kepolisian di wilayah semenanjung Arab sudah memiliki jajaran kendaraan patroli super. Termasuk supercar premium Lykan HyperSport, Audi R8 dan Lamborghini Huracan.


Armada mereka kini bertambah, dengan lini unit salah satu varian motor asal Italia. Selain punya tenaga yang dahsyat, Ducati Panigale V4R juga terkenal dengan harganya yang selangit. Dilansir dari Zigwheels, motor yang mereka gunakan sudah tidak lagi berwarna merah khas Ducati, melainkan berkelir biru dan putih. Dua kombinasi warna formal itu, ditambah dengan emblem ‘Abu Dhabi Police’ di bagian sayapnya.


Ducati Panigale V4R merupakan motor yang dipakai untuk balapan World Superbike (WSBK). Teknologi yang diusung hampir serupa dengan Desmosedici yang digunakan Andrea Dovizioso di pentas MotoGP. Stabilitas motor dan aerodinamikanya tak perlu diragukan, karena terpasang winglet di fairing depan.


Motor asal negeri Pizza ini tak hanya kencang, namun juga memiliki performa tinggi dari berbagai sisi. Mesin Desmosedici Stradale R 998 cc menjadi andalannya. Beda dengan Panigale V4 reguler, jantung pacunya 1.103 cc liquid-cooled, L-twin silinder yang menghasilkan 214 hp dan torsi 124 Nm. Meski mesinnya lebih kecil, tapi tenaganya lebih besar. Tercatat, V4R bisa mencapai 221 hp dan torsi 112 Nm. Motor ini punya limiter di 16.000 rpm dan 16.500 rpm di gigi 6. Semua komponen mesinnya diklaim sanggup untuk berkitir setinggi itu.


Abu Dhabi Ducati


Kelebihan dari segi performa, didukung dengan bobot bersihnya sekitar 172 Kg. Pengendalian mumpuni berkat pemakaian suspensi Ohlins, dikawal rem cakram dari Brembo. Paling penting dari semua itu, mudahnya mengendalikan motor ini. Faktor itulah yang membuat kepolisian Abu Dhabi mempercayakan Panigale V4R, untuk mendukung kegiatan mereka.


Untuk menjamin keamanan, dibekali fitur yang mumpuni. Ducati telah menyematkan Bosch Cornering ABS EVO, Ducati Traction Control (DTC) EVO, Ducati Wheelie Control (DWC) EVO, Ducati Slide Control (DCS), Engine Brake Control (EBC) EVO, juga Riding Modes, Power Modes, dan Auto Tyre Calibration.


Sebenarnya pihak pabrikan menyediakan part Racing Kit untuk V4R. Membuat tenaganya meningkat, dan diklaim mampu tembus hingga 234 hp. Bobotnya juga terpangkas menjadi 165,5 kg. Tapi pihak penegak hukum di sana tidak memerlukan peranti itu. Menurut mereka, spesifikasi superbike ini sudah lebih dari cukup untuk menciutkan nyali pelaku kriminal di Abu Dhabi.


Sumber: Zigwheels, Bikesrepublic


Baca Juga: Yamaha Yard Built, Modifikasi XSR 155 Jadi Makin Keren

Jelajahi Ducati Panigale

Ducati Panigale Rp 530 Juta - Rp 1,98 Milyar Cicilan : Rp 12,09 Juta

Bandingkan & Rekomendasi