Toyota Malaysia Bakal Boyong Supra Versi Anyar Bertenaga Ekstra

Toyota Malaysia Bakal Boyong Supra Versi Anyar Bertenaga Ekstra
Gambar
Review Pengguna

UMW Toyota Motor, APM Toyota di Malaysia, baru-baru ini mengunggah video teaser GR Supra A90. Hal ini menunjukkan kedatangan sang legenda sports car dalam format potensi lebih hebat. Tajuk “Supra Improvement Teaser Video” setidaknya bisa menjelaskan. Ia mendapat revisi mesin sekaligus update kaki-kaki di versi termutakhir, konon itu yang akan dikenalkan.


Seperti kita ketahui, Supra teranyar menggendong pemacu 3,0 liter enam silinder turbo B58 dari BMW. Awal pengenalan di Malaysia, jantung mekanis itu sanggup membuncahkan tenaga sampai 335 hp pada putaran 5.000 - 6.500 rpm. Torsi pun melimpah dan asyiknya keluar dari putaran rendah. Dicatatkan puntiran sekuat 500 Nm hadir sejak 1.600 rpm hingga 4.500 rpm.



Kemampuan memacu tadi kemudian disalurkan ke roda belakang melalui girboks otomatis ZF delapan percepatan. Sudah cukup mumpuni dengan klaim akselerasi 0-100 kpj diraih dalam tempo 4,3 detik. Lalu datanglah versi anyar di AS dengan beragam revisi untuk Model Year 2021. Sasaran utama adalah mesin: diperas lebih kuat lagi.


Total 47 tenaga kuda ditambahkan untuk memutar crankshaft. Dengan demikian terhitung total 382 hp spesifik di model termutakhir – meningkat 14 persen. Juga rentang output maksimal ditingkatkan, memuncak di putaran 5.800 – 6.500 rpm. Semua terlaksana berkat dual-branch exhaust manifold meski rasio kompresi menurun dari 11:1 menjadi 10,2:1 (akibat ubahan desain piston).


Baca juga: Liberty Walk Rilis Paket Body Kit Toyota GR Supra, Sarat Nuansa Balap


Berkat lonjakan tenaga, sang sportscar Toyota sanggup memangkas catatan akselerasi sebanyak 0,2 detik. Capaian 0-60 mil per jam (0-96 kpj) menurun dari 4,1 detik jadi 3,9 detik saja. Sebagai informasi, angka 4,1 detik yang sekilas mejeng di awal video seharusnya menerjemahkan prestasi akselerasi baru dalam hitungan 0-100 kpj.


Lini Toyota GR Supra


Di samping jantung pacu, Toyota turut mengotak-atik sektor suspensi. Termasuk di dalamnya peningkatan kekakuan rangka lewat penguat sasis depan berbahan aluminium. Ditambah lagi mereka bermain-main dengan settingan damper lalu disudahi oleh penyesuaian program modul power steering, adaptive damper system, stability control, dan active rear differential. Semua ini diklaim membuat Supra lebih stabil saat melakukan transisi arah.


Konsumen GR Supra 2021 di AS disajikan opsi Safety and Technology Package. Komprehensif, di sisi teknologi keselamatan Supra A90 memiliki adaptive cruise control, blind spot monitoring, rear cross traffic alert, hingga parking sensor dengan emergency braking. Sementara di garda infotainment tersemat alat navigasi, sound system JBL berisi 12 speaker, wireless Apple CarPlay, dan disudahi layanan konektivitas beserta emergency services. Sebagai catatan, seluruh model sudah menganut layar infotainment standar 8,8 inci.


Toyota GR Supra Empat Silinder


Line-up Supra di pasar global dikembangkan dengan menambah varian empat silinder. Secara basis agak nyeleneh dari identitas nameplate, lantaran komposisi mesinnya. Meski begitu, diklaim tetap menyajikan performa menyenangkan.


GR Supra 2.0 L


Urusan data di atas kertas sudah tentu tercatat lebih lemah. Mesin 2.0 liter turbo sanggup mengail tenaga hingga 254 hp dengan torsi 400 Nm. Penyaluran daya ke roda belakang dihubungkan oleh transmisi otomatis ZF 8-percepatan. Kendati terpaut jauh dari varian enam silinder, jangan dulu dianggap remeh. Lari sprint menuju 100 kpj hanya membutuhkan 5.2 detik, dan kecepatan maksimum dibatasi di angka 250 kpj.


Menjebloskan mesin empat silinder pun memberikan keuntungan bagi Supra “banci” ini. Bobot sukses terpangkas 100 kg, mendukung kelincahan bermanuver. Karena mesin berukuran kompak, posisi fisik dimundurkan demi distribusi bobot sempurna 50:50. Hal ini mendukung handling optimal dari dimensi “Golden Ratio” – digadang sebagai perbandingan terbaik antara wheelbase dan lebar sumbu.(Krm/Tom)


Sumber: Paultan, Facebook Toyota Malaysia


Baca juga: Sah! Toyota Astra Motor Bakal Menjual Corolla Cross di Tanah Air

Jelajahi Toyota GR Supra

Toyota GR Supra Rp 2,15 Milyar Cicilan : Rp 48,99 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store