Toyota Land Cruiser Generasi Baru Bermesin Hybrid

Toyota Land Cruiser Generasi Baru Bermesin Hybrid
Gambar
Review Pengguna

Toyota bakal meregenerasi Land Cruiser. Namun, ia tak lagi seperti dulu, soalnya dikabarkan menggendong teknologi elektrifikasi. Waktu peluncurannya juga tak lama lagi, tepatnya Agustus mendatang.


Imajinasi Land Cruiser generasi baru


SUV bongsor itu memang telah lama tak diperbarui, sekitar 12 tahun. Model 200 yang meluncur pada 2007 dipertahankan Toyota, meski memang ditambahkan teknologinya seiring waktu. Kehadiran generasi anyar akan dinamakan Land Cruiser 300 menurut laporan Bestcarweb.


Platform TNGA (Toyota New Global Architecture) yang kini banyak digunakan pada lini Toyota bakal dimanfaatkan Land Cruiser 300. Struktur ladder frame yang sangat mendukung performa off-road nantinya ditingkatkan, agar semakin mumpuni.


Lantas bagaimana soal dapur pacu yang kabarnya bertransformasi ke hybrid? Benar adanya. Mesin mengecil dari V8 berkubikasi 4,6-liter, beralih ke V6 3,6-liter hybrid. Sistem transmisi juga diganti, dari otomatis konvensional (AT) 6-speed menjadi CVT. Sementara penggerak roda sudah pasti 4WD tulen.


Dapur pacu V6 dengan kubikasi lebih kecil tentunya bakal menghasilkan tenaga tak sebesar V8. Mesin lama mampu menyediakan 318 PS pada 5.600 rpm dan torsi 460 Nm pada 3.400 rpm. Sedangkan 3,6-liter hanya 299 PS dan momen puntir 356 Nm. Walau begitu, motor elektrik yang diselipkan bakal membantu meningkatkan daya. Strategi ini juga mampu mengurangi bobot kendaraan, lantaran mesinnya lebih ringan. Namun, tak sampai memengaruhi efisiensi secara signifikan.


Toyota Land Cruiser next gen bakal dipasangkan sistem hybrid


Berdimensi 4.950 x 1.980 x 1.870 mm (PxLxT), jarak sumbu roda diduga memanjang 50 mm dari 2.850 mm. Ini membuat kabin menjadi lebih lapang, sekaligus memberikan pengendalian lebih stabil. Eksterior didesain mengikuti gaya sebelumnya, tapi dengan sedikit modernisasi. Garis sederhana diubah menjadi lebih linier, untuk menekankan kesan lebih garang. Wajah depan terselip grille trapesium dengan susunan palang horizontal besar di dalamnya.


Ada dua pilihan tipe interior. Pertama tiga baris dengan kapasitas 8 bangku yang disajikan dalam tiga varian. Kemudian dua baris berkonfigurasi 5 jok dalam satu varian. Kemungkinan pembeda untuk varian bangku tiga baris terletak pada penggunaan material, seperti fabric atau kulit. Ukuran pelek juga bervariasi, yakni 20, 18 dan 17-inci.


Urusan keselamatan, diklaim meningkat signifikan. Toyota Safety Sense seperti bekal Crown, Alphard dan Vellfire, kemungkinan turut diaplikasikan. Ini adalah perangkat keamanan dan keselamatan berkendara aktif dan pasif yang dikembangkan Toyota. Terdiri dari pengantisipasi kecelakaan, cruise control, automatic high beam dan sebagainya.


Land Cruiser 200


Kombinasi selengkap itu tentunya akan membuat Land Cruiser 300 memiliki daya tarik kuat untuk konsumen. Namun, hal ini belum bisa dipastikan, karena belum keluar pernyataan resmi dari Toyota. Kita tunggu saja sampai Agustus. (Hfd/Tom)


Sumber: Bestcarweb.jp


Baca Juga: Toyota GR Supra Tambah Varian Baru Bermesin Empat Silinder

Jelajahi Toyota Land Cruiser

Toyota Land Cruiser Rp 2,18 - Rp 2,52 Milyar Cicilan : Rp 49,77 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store